Thursday 13 September 2012

Cake Labu



Sudah 2 hari ini bikin cake dengan tambahan buah. Kemarin pisang, hari ini labu. Hmmm besok apa lagi yaaa?? tapi memang enak sih...karena selain menyumbang aroma yang khas, teksturnya juga jadi lembut. Sebagai bekal sekolah juga lumayan mengenyangkan. Secara anak anak sekarang udah pulang jam setengah tiga sore kecuali hari Jumat. Istirahatnya tiga kali. Mereka maunya bekalnya juga tiga macam. Snack tuk istirahat pertama dan ketiga dan nasi untuk istirahat kedua. Huaaaaahhh...harus kreatif niy ibunya biar anaknya gak bosan.

Nah biasanya kalau untuk bekal istirahat pertama dan ketiga aku kasih cake, kukis atau snack ringan lainnya. Nah untuk bekal hari ini aku bikin cake labu. Kebetulan di freezer masih ada stok labu kukus halus. Cuman karena dari freezer dan labunya emang lembek jadi agak berair. Aku saring airnya...yang dipakai labunya saja. Mungkin lain kali pake labu yang dipanggang aja biar kandungan airnya gak banyak. Aslinya resep ini dari cake tape, tapi kalo tapenya diganti labu mestinya sama enaknya dong.





Ternyata enaaak juga saudara saudara. Teksturnya seperti buttercake tapi lebih lembut. Hihi resep iseng tapi enak. Berikut resepnya...

Bahan :
- 6 kuning telur
- 4 putih telur
- 200 gr gula pasir
- 1 sdt emulsifier
- 175 gr terigu protein rendah
- 1/2 sdt baking powder
- 25 gr susu bubuk
- 300 gr labu kukus halus (bisa juga labu panggang)
- 75 gr margarin + 75 gr butter

Cara membuat : 
  1. Panaskan oven 350 F. Olesi loyang dengan mentega dan beri ayakan tepung terigu.
  2. Kocok telur, gula, emulsifier hingga mengembang. Masukkan campuran tepung terigu, susu dan baking powder yang sudah diayak. Kocok asal rata.
  3. Masukkan labu halus, kocok rata. Terakhir masukkan campuran butter dan margarin leleh. Kocok rata.
  4. Panggang selama 35 menit atau sampai matang dan atasnya kecokelatan ketika ditusuk keluar dalam keadaan bersih. Karena saya menggunaka 1 loyang brownies, sisanya saya taruh di cup cup kertas kecil.



34 comments:

farida purnami said...

salam kenal mba hesti,

lihat blog nya asli langsung ngillleeerr.. ijin nyontek ya mba. thanks for sharing.

Unknown said...

salam kenal mb hesti,,,kalo labu nya ga di frezzer,,begitu mateng,,agak dingin,,terus di haluskan,,apa perlu lg diperas??? tp emang kalo cake panggang kn harus bebas air yaaa,,biar ga bantet,,hheheeheh

Hesti HH. said...

salam kenal juga mbak,

Dihaluskannya panas panas mbak biar nggak bergerindil. Kalau kelihatan banyak airnya nggak apa apa diperas. Aku sih kadang kalau kelihatan ada yang menggenang airnya baru aku buang tapi biasanya langsung aku pakai saja. Jangan khawatir bantat kue ini menggunakan baking powder. Syaratnya jangan terlalu lama mengaduk bahan. Asal rata saja. Proses mengaduk yg terlalau lama mengeluarkan udara yang sudah terbentuk dalam adonan akibat pemakaian baking, ketika masuk di oven pengarug baking powdernya sudah hilang karena terlalu lama diaduk di luar tadi...

Anonymous said...

Hai mbak hesti, salam kenal iyah, inspirasi sekali bloknya mbak hesti inilah, sudah beberapa resep dari bloknya mbak yang sudah aku coba, & semuanya sukses, puding jagung sm puding kentang, muffin coklat, cake labunya, uenak tenan.....
Trimakasih mbak hesti
Lilis

Anonymous said...

assalamualaikum mba hesti..
mba kalo terigunya pake segitiga biru bisa ga?
terima kasih

Hesti HH. said...

Waalaikumsalam,

Boleh mbak, beda dikit. Biasanya kue dengan terigu kunci lebih halus teksturnya. Dan dia tahan pengadukan yg agak lama (nggak cepat turun. Tapi untuk kue ini bisa menggantikan.

Hesti HH. said...

Salam kenal mbak Lilis,

Alhamdulillah kalau sukses mbak, ikutan senang. Makasih ya dah info ke aku.

Anonymous said...

mbak.. barusan aku bikin cake ini.. aku kocoknya sampe bener2 kentel pas labu kukusnya aku masukin adonannya jadi cair gitu.jd agak hopeless nih... skrg lagi h2c harap harap cemas.. hehehehe...

Anonymous said...

mbak..kuenya udh mateng..dan ga bantet.
uenaaaaak... suamiku sampe nambah2.hehehe pokoke maknyus
makasih ya mba udh sharing resepnya..
oiya mbak aku dulu juga tinggal di turen lho.. hehehe

Hesti HH. said...

Alhamdulillah mbak kalau suka, makasih ya dah feedback ke aku.

Untuk labu, setelah dikukus dan dihaluskan apabila terlihat ada air labu yang menggenang dibuang mbak. Atau bisa juga kalau tdk mau terlalu berair labunya dipanggang di loyang yang ditutup alumunium foil. Pemanggangan akan mematangkan & menguapkan kandungan airnya ^^

Wah toss dong mbak, jangan jangan deketan rumah lagi ama hubby hehe

dyananda said...

Mbak bedanya cake labu ini sama yg ini hesti-myworkofart.blogspot.com/2011/05/pumpkin-butter-cake-cake-labu.html?m=1 apa ya? Sepertinya cake labu ini lbh dense ya, ga terlalu ngembang gitu dr fotonya. Enakan mana ya mbak? Saya pengen nyoba:) makasih mbak

Hesti HH. said...

Beda tekstur mbak, yg pumpkin bread agak padet tapi nggak keras...kalo ini tekstur cake umumnya. Dua duanya enak tapi wangi kayumanis yg satu...

Unknown said...

Assalamualaikum mb hesti.... slm knl dr fansmu di magelang
Hehe..... sdh bnyk resepmu yg aku coba mb, dan jos gandosh kotos2 smw, :D
Skrg aku br coba cake labu ini buat menu buka puasa.....

Met berpuasa ya mb hestiii ....

Unknown said...

Assalamualaikum mb hesti..... slm kenal
Resep mb hesti emg ciamikk
Smw yg aku coba cukcessss
Skrg aku br mw baking cake ini buat menu buka puasa...

Slmt brpuasa yaa mb hesti n all
*hughugkisskiss

Hesti HH. said...

Waalaikumsalam warahmatullah,

Salam kenal juga mbak Rannia, alhamdulillah kalau resepnya cocok ^^
Semoga cake labunya jg memuaskan ya. Selamat puasa juga *big hug*

Anonymous said...

Mbak aku lg bikin utk buka, kukis lebaran kpn mulai bikin? Secepat nya ya mbak biar aku ϐίșά contek jugaa resep nya...

Anonymous said...

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهِ
Kue ku sukses mbak.. Kukis nya ya mbak... Mengharap+maksa "̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ "̮."̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ "̮. Mama jijib

Unknown said...

assalamulaykum wr.wb,
hai mbak hesti salam kenal...
ini pertama kalinya aku bikin kue pake labu...
soalnya takut nggak enak ...
eeh ga taunya ueeenaakkk buangeett rasanya ...
mamaku yg dari awal liat aku bikin katanya enak di jadiin kolak ajaa itu labunya.. langsung bilang kalo abis bikin lagi yaa
hihihi
makasih mbak.. ntar aku coba resep labu lainnya :-)
sukses terus

Alia said...

Salam kenal mba.
Mba mau tanya dong, cake labu yang pakai topping kenari & kismis pakai loyang persegi ukuran berapa ya? makasih.

sofiya said...

Mba hesti saya coba resep cake labu kuningnya hari ini dan hasilnya ennnnaaakkkk banget! Teksturnya moist dan spongy, pokonya top markotop deh hehehehe.., makasih ya mbaaa! Seisi rumah suka sama cakenya

Hesti HH. said...

@mama Jijib : maaf mbak gak kesampaian bikin kukisnya ^^

@Samya: waalaikumsalam, alhamdulillah mbak, seneng dengernya, makasih yaaa

@Alia : loyang 20-22 cm mbak

@Sofiya : alhamdulillah mbak, seneng dengernya ^^

Unknown said...

Hari ini saya baru coba. Hasilnya luaaar biasa rasanya. Trm ksh sdh berbagi resep ya mb Hesti

Hesti HH. said...

MAkasih juga mbak, seneng kalo mbak suka ^^

Anonymous said...

Mbak Hesti, kemarin saya coba resep ini. Enak, lembut dan terasa labunya. Gulanya saya kurangi menjadi 170g soalnya nggak begitu suka manis, dan jadinya pas buat kami. Hmm.. hanya sedikiiit bantat, sekitar lebar 0.5mm bagian tengah bawah (saya pakai loyang segi empat 18x18cm). Wkt kue di dlm oven, kue naik setinggi loyang, namun turun sekitar 1½ cm ketika keluar dari loyang. Apa memang begitu? Terima kasih.

Hesti HH. said...

HArusnya sih gak turun lagi mbak...bisa saja karena ngocoknya kelamaan mbak. Yang penting dah kental berjejak...kalau terlalu lama sampai cenderung kaku ketika di oven naik sekali begitu keluar mengempis kembali...

KAdang juga margarin+butternya mengendap di bawah...ketika diaduk kurang nyampur mbak...

Anonymous said...

Terima kasih, mbak Hesti. Lain kali saya lebih perhatikan wkt mengocok dan mencampur margarin dan butter-nya. Oh ya, maaf sebelumnya saya salah tulis. Kue saya bantat sekitar 0,5 cm bukan 0,5 mm.
Sisca - Surabaya

Hesti HH. said...

Iya mbak, semoga lain kali lebih sukses yaaaaa

Unknown said...

Wah mantap tuh nitip ya wap Download lengkap www.wapindo.net

ika said...

Kak hesti makasih sdh mauki berbagi ilmu n resep2nya yg TOP pake bangett, sy sdh coba bbrp resep ta termasuk yg ini dan hasilnya memuaskannn..ijin coba resep2 ta yg lain kak di' :)

Hesti HH. said...

Sama sama adeeee....maaf baru balas ya. Saya habis sakit dan habis berobat di Makassar.

Nisa qodriyanti said...

Salam kenal mbak hesti...hmmm nyamin bgt kynya cakenya ya mbak..jdi pengen nyoba.kebetulan ada labu di kulkas yg udah bersemedi 4 hri...mbak izin shre resepnya untuk blog aku yg bru lahiran ya...heheeh

Unknown said...

mb, ijin nyontek resepnya ya. pengen bikin juga nih, ngiler.

Hesti HH. said...

salam kenal juga mba Nisa, silahkan mbaaa

@ Sasa : silahkan mbaaa

nikita said...

terimakasih

Post a Comment

Coconut Custard Buns & Plaited Coconut Bread

Assalamualaikum. Selamat Hari Raya Qurban teman teman, semoga amal ibadah dan qurban kita diterima oleh Allah Subhanahu Wata'ala. ...