Minggu, 30 September 2012

KBB # 31 : Who Ate The Pies...




Semakin ke sini semakin seru nih tantangan Klub Berani Baking. Apalagi kali ini ultahnya KBB yang ke 6 tahun. Alhamdulillah sampai hari ini aku belum pernah alpa mengerjakan tantangan. Tuk KBB, Happy 6th anniversary ya...semoga tetep semangat !! hostnya semangat cari resep yang canggih dan anggotanya tambah rajin ngerjain tantangan ^^

Tantangan Klub Berani Baking bulan ini adalah...."Beef and Guinness Mushroom Pie". . Berhubung tidak mengkonsumsi alkohol aku skip aja guinnessnya. Ternyata rasanya tetap mantap. Diluar ekspektasiku sih. Aku membayangkan masakan daging yang kayak semur kental diisikan ke dalam pie. Hmmm, meragukan kayaknya. Tapi setelah kuah berkurang dan mengental udah mulai dapat rasanya dan teksturnya. Dimasukkan ke dalam lapisan pie dan pastry tambah ajib ternyata. Hasil akhir...tidak mengecewakan! malah lekkeeerrr...






Bahan filling dagingnya




Proses pembuatan kulit rough pastry. Masih kelihatan potongan kasar menteganya. Hasil akhir teksturnya perpaduan antara puff pastry dengan pie.



 
Proses pembuatan hot water pastry. Walaupun prosesnya kayak bikin kue sus tapi hasil akhirnya seperti kulit pie biasa. Cuman katanya ini lebih cocok dan kokoh tuk isian yang liquid. 

 


Berikut resep asli yang dibagikan oleh host bulan ini. Aku cuman bikin setengah resep. 
Resep Rough Puff Pastry
By Gordon Ramsay

Bahan :
- 250 gr tepung protein tinggi
- 1 sdt garam
- 250 gr mentega, di suhu ruangan namun tidak lembek
- 150 ml air dingin

Cara membuat :
  1. Ayak tepung dan garam ke dalam mangkuk lebar. Robek-robek atau iris mentega hingga potongannya kecil-kecil (dadu juga boleh tapi jangan terlalu fine), masukkan ke dalam campuran tepung dan garam dan remas sekedarnya. Kita masih harus bisa lihat bentuk mentega di dalam adonan. 
  2. Buatlah lubang di tengah-tengah adonan dan tuangkan 2/3 air dingin, aduk hingga membentuk adonan padat tambahkan lagi air dingin jika perlu. Bungkus dengan plastik bening dan biarkan istirahatdi kulkas selama 20 menit.
  3. Keluarkan dan letakkan di atas papan kerja yang sudah ditaburkan sedikit tepung, uleni seringan-ringannya dan bentuklah adonan menjadi empat persegi panjang. Gilas adonan hanya ke satu arah hingga 3 kali lebar asal, sekitar 20 x 50cm. Jaga sisi-sisi pastry tetap lurus dan rata. Jangan terlalu lama menguleni mentega yang terlihat nyata di dalam adonan, karena adonan yang seharusnya baik (untuk rough puff pastry) adalah adonan anda memiliki efek marble (dengan mentega--don't think about chocolate, girls!)
  4. Lipat pertiga atas adonan ke tengah-tengahnya, lalu lipat sepertiga adonan bawah ke atas dan di atas lipatan tadi. Putar adonan 1/4 turn (ke kiri atau ke kanan) dan gilas lagi hingga 3 kali lipas panjangnya. Lipat seperti sebelumnya (like you would puff pastry, girls), bungkus dengan plastik bening dan biarkan dingin kurleb 20 menit sebelum digilas untuk dipakai.

Hot Water Pastry
by Donna Hay

Bahan :
- 150 gr butter, potong potong kecil
- 160 ml air
- 375 gr terigu serbaguna/protein sedang
- 1/2 tsp garam halus

Cara membuat :
  1. Masukkan butter dan air dalam panci. Panaskan kompor dengan api tinggi. Biarkan mendidih. Angkat. 
  2. Masukkan terigu dan garam dan aduk sampai terbentuk adonan yang kalis. Tuang adonan ke atas meja kerja yang telah ditaburi sedikit tepung. Uleni sampai halus dan elastis.

Beef, Guinness and Mushroom Pies
by Donna Hay
Guinness bisa ditiadakan bagi kita yang mengkonsumsi minuman non-alkohol.

Bahan :
- 1 sdm minyak zaitun
- 1.5 kg daging, potong kotak kotak
- 1 buah bawang bombay, cincang
- 2 siung bawang putih, geprek, cincang
- 1 sdm pasta tomat
- 2 sdt kecap inggris
- 1 sdm brown sugar (aku pake gula palem)
- 500 ml kaldu sapi
- 430 ml Guinness beer (I skip this)
- 2 sdm tepung serbaguna
- 300 gr jamur,potong dua
- 2 bagian hot water pastry
- olesan kuning telur

Cara membuat :
  1. Dalam panci, panaskan minyak dengan api tinggi. Tambahkan daging dan masak selitar 4 menit sampai kulitnya kecoklatan. Sisihkan. Dalam panci yang tadi masukkan bawang bombay dan bawang putih. Tumis selama 3 menit sampai layu. tambahkan pasta tomat dan kecap inggris. Masak lagi selama 1 menit. Masukkan daging tadi. Tambahkan gula dan kaldu. Kecilkan api dan masak selama satu jam dengan panci tertutup sampai daging benar benar empuk. Tambahkan tepung, aduk aduk sampai mengental. Tambahkan jamur, aduk rata. Simpan di kulkas.
  2. Panaskan oven 200 C. Ratakan adonan hot water pastry di bagian dasar dan pinggiran  Masukkan adonan filling. Tutup dengan rough pastry. Olesi kuning telur lalu panggang selama 40-45 menit atau sampai kuning kecoklatan.  


Kulit pastry masih sisa aku isi aja dengan bolognese sisa pizza

 
Huhuiiiii dapat logo lulusss !!


7 komentar:

Anonim mengatakan...

bismillah..
salam kenal mba hesti...saya suka dg blog nya yang inspiratif dan bermanfaat bagi saya yang suka takut klo nyobain resep baru..sebelumnya saya mnta izin krn ada bbrp resep yang saya contek..:-)..baru donat ubi ungu & kentang yg udah sy coba..alhamdulillah berhasil..tapi bentuknya kalah mulus dengan donat nya mba..minta tips nya dnk mba..he.he..btw,saya tertarik work mat nya mba..beli nya dimana & harganya berapa ya mba?

Maaf komen nya terlalu panjang mb..semoga Allah membalas semua kebaikan mba yang mau berbagi ilmu..Baarakallahu fiik..

Hesti HH. mengatakan...

Salam kenal juga mbak,

Makasih banyak komen manis dan doanya mbak. Syukurlah kalo berhasil dan suka. Kalau tipsnya buat mulus itu, pada saat dibulat bulatkan untuk fermentasi...adonan ditarik tarik permukaannya dan dilipat ke bawah sebanyak mungkin. Entar lama lama mulus sendiri. Emang susah membayangkannya kalau gak ada gambar, tp semoga mbak paham maksudku^^

Hesti HH. mengatakan...

Workmatnya beli di toko alat baking online mbak. Temenan di facebook...harganya beda beda. Aku pernah beli 100rb, eh belakangan aku beli di toko yg lain cuma 80rb.

me chan mengatakan...

mba hesti, serbet kita samaan hehe aku juga punya serbet motif ini :D
aku tadi coba resep muesli muffin mba, tapi mueslinya aku ganti oatmeal aja, kebetulan masih ada oatmeal dirumah, dan karena aku ga suka kismis, aku ganti coklat, enaaaak, manisnya pas ga terlalu kemanisan :)

lagi intip resep brownies cappucino mba hesti, menggiurkan sekali penampakannya

Ojha mengatakan...

senangnya cepat dibalas..:-) :-) :-)..smga mb hesti slalu diberikan Allah kesehatan spy tetap semangat u/ cobain resep2 baru nya..yang terpenting selalu diupload biar qt2 bs nyontek..hi.hi.hi..semoga ilmu nya diberkahi Allah mba...

Hesti HH. mengatakan...

Heheheeee...toss dulu mbak, iya kalo nggak salah aku dulu belinya di Ace ^^
Wah, makasih udah nyobain resepnya ya. Yang brownies cappucinonya recomended deh mbak!

Hesti HH. mengatakan...

Amin...amin mbak. Makasih banyak doanya mbak. Semoga mbak juga sehat selalu ya...

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails