Sabtu, 22 September 2012

Remis Saus Padang




Beberapa waktu yang lalu sempat ngiler pas Mbak pepy Indo Eats posting resep kerang di IDFB. Pengen bikin juga, tapi di sini nggak ada kerang macam itu. Adanya remis/lokan yang udah nggak ada cangkangnya.
Eh...tau tau kok kemarin pas ke pasar tiba tiba ada penjual yang menawarkan lokan ini. Kalo di sini namanya 'joi...masih ada cangkangnya lagi segera aku beli .




Sampai di rumah karena belum sempat kumasak aku simpan dulu dalam baskom berisi air. Sekalian mau tau apa joi' ini masih hidup. Karena paling enak emang yang masih segar ya. Kalau udah menutup cangkangnya dan ngga mau terbuka-buka lagi bisa aja udah lama mati kita juga ngga tau kan. Eehh...pas aku mau cek keadaan joi'nya lho kok berkurang. Selidik punya selidik ternyata Hanif ambil beberapa biji dan ditaruh dalam toples. Hwaaaaaa....kok bisa sih. Katanya mau dipelihara. Soalnya pas pulang sekolah dia lihat di baskom banyak yang terbuka dan kelihatan isinya kayak hidup gitu... . Aku kasih tau kalau kerang/joi itu bukan peliharaan. Kita nggak tau juga makanannya apa jadi nggak akan bisa hidup lama. Akhirnya dia ikhlaskan deh tuk aku masak. Hahhhh legaaa ^^


Resepnya aku nyontek di Mbak Pepy dengan sedikit modifikasi, nenasnya aku ganti tomat karena nenas kemaren dah keburu habis dimakan dan dibikin gulai lempah kuning. Berikut ya resepnya :

Bahan :
- 500 gr kerang/remis/lokan, sikat bersih rebus dengan air sampai terbuka
- 2 sdm kecap
- 2 sdm saus lombok
- 1 sdm air jeruk nipis
- air secukupnya
- gula dan garam secukupnya
- 2 sdm minyak

Bumbu halus:
- 3 buah cabe merah
- 3 buah cabe rawit
- 6 buah bawang merah
- 2 siung bawang putih
- 1 cm jahe
- 1/2 sdt terasi
- 1 buah tomat

Cara membuat :
  1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus sampai wangi. Tambahkan garam, gula, kecap dan saus lombok. Aduk rata lalu masukkan kerang/lokannya.
  2. Tambahkan air secukupnya dan  air jeruknipis, lalu masak sampai kuah menyusut dan saus menjadi kental. Cicipi apabila kurang bumbu.
  3. Angkat, siap disajikan dengan nasi hangat.

Hasilnya hmmmm yummy...makasih ya mbak Pepy resepnya...

2 komentar:

Haya Najma mengatakan...

ahhhh enaknyaa... selama ini kalau masak remis cuma dibikin sayur bening atau dibakar

Nisa's Mom mengatakan...

disini banyak yg frozen mba, compare sama penjelasan mba Hesty..kira2 se enak buatan mba Hesty ga ya rasanya klo pake yang frozen gitu.

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails