Selasa, 18 September 2012

Tako Nangka


Kue tako adalah salah satu kue tradisional Malaysia. Aslinya tidak menggunakan nangka, ini adalah kreatifitas Kak Ita "Masam Manis" yang justru bikin aku tertarik juga tuk membuatnya.Terima kasih tuk Kak Ita yang sudah berbagi resep ini.  Izin share ya kak... . 

Kalau aslinya  Kak Ita menggunakan hunkwe kuning tuk lapisan bawah, aku menggunakan hunkwe putih dengan tambahan air pandan jadi warnanya hijau. Di sini belum pernah lihat hunkwe kuning sih, lagian kalo dikasih pandan tentunya lebih wangi kan. Rasanya mirip mirip dengan kue cantik manis. Hmmm...aku jadi dapat inspirasi, gimana kalo kue cantik manis ditaruh dalam wadak kotak pandan ini ya. Pasti lebih cantik. InsyaAllah lain kali dicoba...










 
Bahan lapisan bawah :
- 25 gr tepung hunkwe putih
- 25 gr tepung beras
- 1 1/2 cup air (aku : 1 cup air + 1/2 cup air blenderan pandan)
- 1/2 cup gula pasir
- 6 buah mata nangka, buang biji lalu potong kotak kecil

Bahan lapisan atas :
- 25 gr tepung hunkwe putih
- 2 cup santan
- 1/2 sdt garam
Cara membuat :  
  1. Buat terlebih dahulu takir dari daun pandan (sekitar 10 buah dengan masing masing sisi 6 cm).
  2. Campurkan semua bahan lapisan bawah kecuali nangka ke dalam panci. Aduk rata. Masak di atas api sedang sambil terus diaduk sampai mengental dan meletup letup. Angkat. Masukkan nangka, aduk rata.
  3. Tuangkan adonan ke dalam takir pandan sampai setinggi setengah tinggi takir. Biarkan dingin (jangan dimasukkan kulkas).
  4. Dalam panci yang lain, masak bahan lapisan atas. Aduk terus sampai meletup letup. Angkat.
  5. Tuangkan ke atas lapisan bawah. Biarkan hilang uap panasnya dan masukkan ke dalam kulkas. Siap disajikan dingin.

12 komentar:

Haya Najma mengatakan...

sedapnyeee

Anonim mengatakan...

Assalamu alaikum. Hes, Klo dikonversi ke cc atau ml, 1 cup brp cc ato ml? Makasih. Fajar

Marsita yahya mengatakan...

salam, manis nyer Tako tu..

rahel mengatakan...

Selamat pagi Kak Hesty...
waa..uda bikin tako nangka ya..gue juga pingin...kelihatannya enak banget..

Hesti HH. mengatakan...

Terima kasih Haya Najma, Marsita Yahya dan Rahel...maaf baru balas soalnya jaringannya lagi lambat.

Kak Fajar, kalo dikonversi 1 cup + 250 cc air

Rina Audie mengatakan...

eh tumben backgroundnya (baca mejanya) putih-putih. Biasanya kan gelap-gelapan, hehe...Keliatan cantik pake putih gini. keliatan beda...

yuyun wahyuni mengatakan...

Mba Hesty... Ini mirip kue pelita ya?
Mba', postingin resep kue pelita donk... Skalian sm cara bikin wadah pandan kaya gini..hehe
Pernah beli di toko "Jaya" di Makassar, penasaran bgt sm resepx... Pls ya Mba'...

Hesti HH. mengatakan...

hihihi...makasiiih mbak. Baru dapat cat jadi keisengan niy...

Hesti HH. mengatakan...

Saya belum pernah makan kue pelita malah...hehe. Iya insyaAllah kapan kapan ya, kayaknya gak terlalu susah. Kalo wadahnya sudah pernah saya posting cara bikinnya. Bisa lihat di kue apang coe.

novarina mengatakan...

Assalamualaikum... mbak saya copy resepnya ya,pengen belajar bikin kue tako.terima kasih....

novarina mengatakan...

1 resep jadi brp biji mbak dg ukuran takir 6cm?

Hesti HH. mengatakan...

Silahkan mba. Maaf saya sudah lupa dah lama banget. Kayaknya sekitar 20an biji

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails