Rabu, 26 September 2012

Sus Tiger



Sus tiger. Atau sus dengan topping sable...topping yang cruchy seperti pasir. Dulu udah pernah bikin yang mirip mirip ini. Sus Jepang resep Pak Sahak. Kalau dibandingkan rasanya aku lebih suka punya Pak Sahak karena lebih ringan rasanya. Tapi kalo tekstur crunchynya lebih renyah yang ini karena lebih tebal. Adonannya memang beda. Kalau yang ini seperti adonan kukis aja.Walaupun dingin tetap kokoh.



Kali ini yang aku tiru cuman toppingnya karena penasaran. Resep susnya biasa aja. Fillingnya pun vla biasa aja. Resep susnya bisa dilihat di sini. Resep topping aku lihat dari Majalah Sedap. Yuk disimak :

Bahan topping :
- 100 gr gula palem (aku blender sampai halus)
- 100 gr mentega tawar
- 110 gr tepung protein sedang
- sedikit pewarna merah

Cara membuat :
  1. Campur mentega tawar dan gula palem. Kocok sampai lembut. Tambahkan tepung terigu dan pewarna merah. Aduk rata. 
  2. Giling hingga ketebalan 0,3 cm. Dinginkan di kulkas.
  3. Keluarkan lalu potong dengan cutter bulat sesuai dengan diameter kue susnya. Dinginkan kembali.
  4. Letakkan di permukaan kue sus. Panggang kue sus seperti biasa.



14 komentar:

rahel mengatakan...

Salam Hesti....
Cantik skali kue susnya...fillingnya enak....jadi ngences...

opphink mengatakan...

k' hesty bisa dikasi foto step by step utk topping yg ini tdk? ataw penjelasan sj soalnya msh agak bingung krn beda dgn resep toping sus jepang yg seblmnya , makasii ^__^ (yosephine)

Anonim mengatakan...

mbak, resep asli kue sus-nya bisa diliat dimana yah?

Anonim mengatakan...

Maaf mbak,mungkin pertanyaannya kurang jelas. Maksudku resep kulit sus yang seperti kukis tanpa telur itu, klo bisa ditampilkan juga. Atau dipost-kan link-nya.Terima Kasih.

Hesti HH. mengatakan...

Haiiii Mbak Rahel...

Makasih ya, yuk dicobain resepnya ^^

Hesti HH. mengatakan...

Iya. kalau resep terdahulu, adonannya kental dispuit ke atas kue sus. Kalau yang ini seperti adonan kue kering. Digiling pipih dulu(dialasi 2 buah plastik) habis itu taruh di nampan lebar biar gampang baru ditaruh di kulkas dulu. Habis itu dikeluarkan dan dipotong bulat pake cutter bulat dan didinginkan kembali di kulkas. Habis itu bikin deh kue susnya. Kalau sudah siap panggang, adonan topping tadi letakkan di atas kue susnya baru dipanggang.

Semoga paham ya...

Hesti HH. mengatakan...

Di Majalah Sedap baru edisi 9.

Nisa's Mom mengatakan...

Aww..mba Hesti , paling bisa klo jadi 'kompor' :D bentar lagi di FB pasti banyak yang ikut bikin nih..secara menggiurkan sekali loh

Hesti HH. mengatakan...

Linknya gak ada karena dari majalah sedap, Kukis tanpa telur masksudnya seperti resep kukis biasa cuman gak pake telur. Bikinnya ya kayak bikin kukis cuman digiling dan dipotong bulat lalu ditaruh di atas adonan sus...bukan kayak adonan kental yang dispuit di atas permukaan kue sus...

Hesti HH. mengatakan...

Hoho...itu memang tujuanku mbak Fitri *kedip kedip kerlingan maut*

Kartika Riyandari mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Kartika Riyandari mengatakan...

hai mbak...boleh nyontek resepnya ya...oya mbak aku ada pertanyaan. itu takaran bahan toppingnya sesuai dgn takaran bahan kulit sus d resep sus jepang pak Sahak? sama satu lagi, waktu pendinginan d kulkasnya berapa lama ya? terimakasih banyak :)

Kartika Riyandari mengatakan...

satu lagi mbak, topping versi cookies sama versi semprot (yg paste) lebih crunchy yg mana ya? kalo mbak lebih suka yg mana? hehe...makasih mbak

Hesti HH. mengatakan...

Kalau resep Pak Sahak satu resep itu biasanya kurang banyak mbak. Masih sisa sus tanpa topping. Kalau rasa aku suka punya Pak Sahak tapi kalau tekstur yang lebih renyah resep kukis ini karena adonannya lebih tebal. Waktu pendinginan mungkin sekitar setengah jam an. Karena adonan topping dibikin duluan sebelum bikin kue susnya atau bisa juga setelah dimasak tepung, air margarinnya sambil nunggu dingin sblm masukin telurnya.

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails