Saturday 22 June 2013

Pencuri...oh pencuri...


Teman teman aku mau minta maaf sebelumnya. Setelah postingan ini aku akan  menon-aktifkan RSS feed di blogku. Jadi nanti teman teman yang ngelink ke blogku nggak bisa terupdate lagi kecuali memang niat buka sendiri blognya. Ini berhubung aku sudah muak dengan pencurian content blogku oleh beberapa oknum. Dulu sudah pernah aku laporkan beberapa blog tersebut tapi setelah dihapus oleh google mereka bikin yang baru lagi dengan mengganti namanya. Hfffffft capek jadinya. Kerjaan melapor itu butuh tenaga dan pikiran karena nggak bisa dilaporkan sekaligus. Laporannya harus satu persatu tiap postingan. Padahal effort untuk ngisi blog ini luar biasa. Mulai dari cari resep, cari waktu dan praktek, ditata sedemikian rupa, difoto kadang sampai puluhan hanya untuk mendapatkan 1 buah foto yang layak pajang. Setelah itu ngedit satu persatu, menulis cerita dibalik pembuatan cake dan seterusnyaa. Jadi kalau postinganku 700an bayangkan saja effortnya teman teman. 

Tapi orang macam begini gak habis akal. Walaupun blog sudah disetting no copy paste, no highlighting tetap aja bisa nyuri karena ngelink RSS feedku. Mereka mengambil postinganku hampir seluruhnya malah ada yang betul betul satu blog plek diambil semua. Kebetulan kemarin aku dapat info dari Mbak Ricke Ordinary Kitchen yang bilang kalau content blogku dicuri. Makasih banyak ya mbak, sudah nolongin info ke aku. Setelah aku cek ternyata banyak pencuri lainnya. Beberapa nama blog tersebut bisa dilihat di sini :

- warung resep makanan
- dunia online
- blog dunia dalam berita
- aditya

Mungkin juga masih ada yang lain diluar sepengetahuanku. Tapi untuk saat ini baru 4 oknum ini yang aku tahu. Aku ngga tau apa yang ada di pikiran mereka. Beberapa diantara mereka cuek bebek walaupun aku tegur. Mungkin menurutnya ini bukan pencurian karena tidak langsung mengambil barang yang berbentuk nyata/kongkret. Tapi tulisan dan gambar adalah buah pikiranku dan menurutku itu adalah hak milikku, dan karena itu mengambil content blogku tanpa izin adalah juga pencurian. Sebagian lagi pasti sudah tau...tapi demi mendapatkan uang dengan cepat melalui iklan dan statistiknya mereka menghalalkan segala cara.

Sebagian orang mungkin menganggap aku pelit. Begitu aja kok heboh. Kan bisa berbagi ilmu, dapat pahala, dan lain lain.Terserahlah. Kalau aku pelit tentunya aku nggak akan share resep resepku selama ini...aku simpan saja sendiri. Iya kan?? tapi karena menurutku ilmu tidak ada gunanya kalau disimpan sendiri. Membaginya adalah lebih bermanfaat. Bukan berarti bisa disalah gunakan dengan mengambil semena mena loh ya...tanpa izin. Aku sama sekali nggak masalah kalau dicopy untuk koleksi pribadi atau untuk dipraktekkan. Begitu juga kalau dicopy dengan menyertakan linknya. No problemo...

Ya...begitulah curhatku teman teman. Semoga kejadian ini tidak menimpa teman teman blogger yang lain. Semoga juga para pencuri itu sadar dan tau bahwa tindakan mereka salah dan apa yang mereka ambil itu tidak halal. 

30 comments:

dapur said...

wah bener2 gak bertanggung jawab ya mbak. barusan aku liat blog2nya. parah... sak tulisan2nya di copy..
sabar ya mbak hes...

Dewi Martha Indria said...

Semoga jera deh yg suka nyuri2 gini. Gak ada habis2nya ya mbak kasus2 pencurian isi blog gini. Kalau saya pribadi sih kalau cuma copas resep ga masalah asal nyantumin backlink aja. Tapi klo sampe foto2nya juga dibajak tanpa say hello ke pemiliknya, tanpa izin dan tanpa sebut sumbernya apalagi kalo watermarknya diapus juga itu sudah keterlaluan banget sih. Btw klo sdh diprotect ga bisa copy foto dgn klik kanan apa juga tetep bisa dibajak lewat rss feed mbak?

bunda shofi said...

turut prihatin mb ya, mg2 mereka cepet nyadar akan kesalahannya, itupun klo mrk mash pny hati nurani

Lina IbunyaAzRaf said...

masya Allaah... ada2 aja tho mbak.....
sabar yaa...

ya itu juga membuktikan blog mba memang woke mba...
*biarlah mereka mendapat balasan yang lebih buruk
!!!!!!!!!!!

Aurora Ummu Fawwaz Lathifah said...

Gak habis pikir yah orang2 kayak gitu. Aaarrgghh..ga tau kali ya repotnya ngisi konten tiap posting *gemes

tetep semangat ya mbak, meski ga update info di blogroll, tapi tiap searching resep, blog mbak hesti pasti jadi pertimbangan :) Smiiiileee :)

Eliza Setiawan said...

Ya ampuuun mba, msh banyak aja orang yg tega melakukan hal seperti itu :( sabar ya mba, aku akan tetap setia ngintip2 walaupun gak masuk ke reading list *peluk*. Tetap semangat Mba!

Ike Juwita said...

Wah, kok ada ya yang seperti itu, padahal menurut saya, bisa membuat masakan, memfoto, mengedit, dan mempostingnya dengan tangan kita sendiri diblog itu, bisa jadi suatu kebanggaan dan experience tersendiri.....Dalam prosesnya kita mendapat banyak pelajaran.
Hehe, walaupun saya juga masih ngitip resep.....
Monggo mbak berkunjung ke blog saya.....salam kenal foodblogger semua

mimie said...

innalillahi wainnailaihi roji'un..
ini musibah buat kita para blogger ya mbak...

Hesti HH. said...

@ Mbak Ida,
@ Mbak Dewi,
@ Bunda Shofi,
@ Mbak Lina,
@ Mbak Aurora,
@ Mbak Liza Setiawan,
@ Mbak Ike Juwita,
@ mbak Mimie,

Makasih semuanya tuk support dan doanya mbak. Kayaknya memang aku harus banyak interospeksi diri...*big hugs semuaaaaa*

apsari said...

Mbak aq juga sering intip blog mbak hesty, dan ku terapin buat keluarga. Semangat terus mbak dalam berkarya dan terima kasih telah berbagi ilmunya. Semoga Allah SWT membuka pintu hati mereka agar dapat menghargai atas karya orang lain.

debi-ebong-bongky said...

Mbakkk aq j7ga geraam bacanya, biasanya mereka itu web yg mo nyari duit, yg dibyr ama ggoogle adverstisingnya, jadi buat boost up traficnya dia cari lahh resep2, kalo gakk tips2 tentang rumah tangga, mending ini mbakk , ada yg ngambil jadi buku pulakk . Mo dpetnduit tapi pgn gampaang, ikutt emosii jugaa

Anis said...

Turut berduka mbak ngebacanya.. Begitulah orang2 yang pengennya punya blog, tapi gak mau diisi dengan hasil karya tangannya sendiri, maunya comot sana sini biar menuhin blognya & ikutan cari traffic. Biasanya mereka gak punya rasa malu mbak. Mereka berfikir "kalau gak mau dipakai sama orang lain, ya jangan dipajang di web dong" jadi mereka menganggap 'mencuri' di dunia maya itu wajar. Beberapa temanku juga mengingatkan buat pakai TM disetiap foto yang daku upload saat daku posting di blog & daku juga gak mau pasang terlalu banyak foto di blog untuk meminimalisasi resiko pengambilan gambar/content tanpa permisi.

Bener mba.... anggap aja pelajaran kali ini bahwa blog mbak memang AMAT SANGAT menarik & banyak diminati. Doa-in aja agar apa yang mereka curi berguna buat mereka & segera diingatkan untuk kembali ke jalan yang benar :-D

TETAP SEMANGAT YA MBAK! ^_^

Unknown said...

Resep² nya bagus² Bu, wajar saja banyak orang tertarik, hanya saja sebagian orang punya sikap tidak terpuji. Ikhlas dan bersabar yach Bu....Salam kenal.

Hesti HH. said...

@ Apsari : Makasih mbak, semoga mereka bisa sadar.

@ Deby : hehe iya bener, semoga belum ada yg jadiin buku ya? aku aja yg punya nggak bikin buku ^^

@ Anis : bener mbak, makasih pencerahannya...

@ Sugito : makasih banyak mas supportnya. Yang mengambil foto dan resep sebenarnya lebih banyak dari ini tapi ngga saya masalahkan, yg saya masalahkan keempat blog di atas karena tujuannya bukan sharing ilmu tapi cari keuntungan dengan pasang iklan. masalahnya iklannya saya ngga suka *aneh aneh* nanti orang kira itu blogku krn ada watermarkku padahal bukan >,<

iLalang Senja said...

sabar ya mbak,
dan jangan kapok ngeposting ya mbak.
cemungut!!!

Hesti HH. said...

Terima kasih supportnya, semoga saya bisa tetap semangat...akhir akhir ini hilang moodnya ^^

Anonymous said...

Mbak hesti, daku ga pny blog ... Pdhal slama ni daku suka nyontek resep mbak bt d praktekin dlm kluarga q, apa mksdnh setelh ini daku ga bs nyontek postingan resep mbak lghe kah ?thx
Salam _herni
Medan

Hesti HH. said...

Waduuuuuh mbak Herni, sama sekali gak masalah. Kekecewaanku bukan sama teman teman yg mempraktekkan resepnya tapi sama blog yang ngambil semua isi blogku (resep berikut foto fotoku)tanpa izin dipindah ke blognya untuk mendapatkan uang dari hasil iklannya.

Jadi silahkan mbak, dipakai resepnya sama sekali gak masalah, malah senang kalo manfaat...

Anonymous said...

Wahhhh ... Kl gthu maafin mbak daku slh pngrtian nii ^-^
Makasih ya mbak udh baik hati sharing resep masakan n kue" nh... Bermanfaat bngt bt pemula sprti daku. Thanks ya mbak hesti smoga tuhan membukakan pintu hati para pencuri" tuh tuk insyaf n bertobat. Ttap semangat ya mbak ...
Salam : herni - medan

Betsi said...

Repot yah mbak kalau ada orang yg seperti itu. Terima kasih atas resep yg mbak sdh kirimkan ke saya.

salam ; Betsi

Endang Indriani said...

Hai Mba Hesti,

wah ini benar-benar mengerikan Mba. Saya sudah lihat blog Aditya, sepertinya auto blog dari blog ini ya. Semua artikel di copas. Sayangnya kok belum di banned sama google ya? Karena autoblog bahaya banget, semua postingan kita akan otomatis terpasang di blog si pencuri, bahkan beberapa kasus tanggal postingannya bisa lebih dulu dibanding tanggal pstingan kita. Lebih berbahaya lagi kalau si pencuri yang melaporkan blog kita di google sebagai copycat blog dia.

Apakah Mba Hesti sudah merubah template site feed menjadi singkat? Setidaknya bisa meminimalkan supaya tidak ada kejadian terulang lagi. Ini link mengenai autoblog yang mungkin bisa membantu: http://rikudousenninkonoha.blogspot.com/2013/04/apa-itu-autoblog-dan-cara-mencegah-pada.html

Saya jadi senewen sendiri setelah baca postingan Mba Hesti. Karena pencurian konten di dunia maya memang susah sekali di berantas.

Tapi tetap semangat blogging ya Mba, saya yakin pembaca Hesty's kitchen tetap akan kesini. Pemilik autoblog tidak akan sebaik Mba dalam melayani komentar yang masuk dan pembaca juga mulai cerdas untuk memilah mana blog copas dan mana yang original.

Keep up the good work Mba! Blog ini bagus dan sangat bermanfaat, sayang kalau tidak diupdate. ^_^

Unknown said...

wow...sdh lama tdk blog walking ke tempat mbak, sekarang isi-nya terlihat tambah keren.
memang menyebalkan mbak kalau ada orang mencuri mentah² hasil kreasi dan ide kita. Selama hukum dinegara kita belum jelas, susah untuk membuat kapok orang² seperti itu.

Saya juga pernah mengalaminya dan sama seperti mbak, saya tegur langsung pemilik blog-nya tapi tidak ada jawaban sama sekali. Soal-nya selain mencuri posting, mereka juga mencuri foto dgn memotong watermarkt nama kita, jadi seolah² itu foto yg buat mereka...enak aja kan. Dari pada bete sendiri, akhirnya saya membuat watermarkt yg agak besar dekat dgn masakan deh.

Hesti HH. said...

Makasih mbak Ida...
Bener mbak, kita smangat bloggingnya eh mereka juga semangat jiplaknya...makasih perhatiannya mbak. Semoga orang2 macam itu cepat sadar kesalahannya...

Anonymous said...

iya nih mbak, aku udah coba cek beberapa resep di blog mbak ini, ada beberapa blog yg sama persis isi nya, mbak bisa langsung tau jika mbak mau, saya buka pakai hp lewat opera mini, terus saya copy tulisan mbak, kan ada pilihan tuh copy, search dll, dari situ mbak pilih search aja, itu dari google langsung di kelihatan link2 pencuri nya, saya udah coba di resep mbak yg chocolate wassant itu ada 2 blog yg sama seperti resep nya mbak, di coba aja semoga bermanfaat,,,, annty salim tg balai karimun

Hesti HH. said...

Iya memang mbak, saya jg sering ketemu dengan gambar gambar saya di blognya orang mbak, tapi gak bisa apa apa. Semoga mereka sadar sendiri. Btw makasih banyak perhatiannya ya mbak...

Ciuss said...

gambar-gambar dri blog mbak kan ada tulisannya nama mbak, jangan kuatir mbak orang yang liat juga pasti bisa bedain itu gambar milik blog tersebut atau ambil dari blog orang lain.

kebetulan saya juga untuk bahan web suka ambil gambar dari google dan saya coba hindari yang ada tanda atau tulisan pemilik gambar dari blog mana.

Hesti HH. said...

Iya benar mbak, makasih banyak tuk supportnya....

Monica said...

salam kenal, mbak. saya suka baca artikel mbak Hesti. berguna buat nambah ilmu 'perdapuran' di rumah. terima kasih ya atas semua resep-resepnya.

Anonymous said...

Turut simpati ya,nyebelin bgt,nyari duit dr karya org,saya kerja di design,jd bisa ngerasain betapa bt-nya kalo karya kita dijiplak.malahan ia yg dapat untung drpd kita.cuma yah inget2 aj perkataan org : kalo uang yg didapat dari ga bener ga bakalan jadi daging (maksudnya ga bakalan jadi kaya/dinikmatin),moga pahalanya tetap balik ke mbak hesti.rese bgt d tuh org2, tulis kek diambil dr sumber mana

Hesti HH. said...

@Monica : makasih juga mbaaaa dan salam kenal dari pelosok kota kecil Sorowako ^^

@Anonim : iya betul mba/mas. makasih banyak tu dukungannya yaaa

Post a Comment

Coconut Custard Buns & Plaited Coconut Bread

Assalamualaikum. Selamat Hari Raya Qurban teman teman, semoga amal ibadah dan qurban kita diterima oleh Allah Subhanahu Wata'ala. ...