Senin, 31 Januari 2011

Caramel and Chocolate Tart




Resep ini hasil blog walking di blognya Mbak Arfi. Ngileeeer bener sama tart coklat karamelnya. Itu karamelnya yang leleh leleh dan sticky....wuiiih...
Mbak....makasih banyak ya resepnya....enak lho. Tapi kayaknya karamelnya aku gak bisa seperti punya mbak Arfi. Punyaku karamelnya agak keras. Kelamaan panasinnya kayaknya. Lain kali deh di coba lagi. Izin share resepnya ya mbak... I translate with my own language...

Bahan Sweet Caramel :
-1 kaleng susu kental manis, panaskan di atas kompor sampai menjadi dulce de leche/karamel. Dinginkan.

Pastry :
- 200 g tepung protein sedang, ayak dengan 50 gr coklat bubuk
- 115 g unsalted butter dingin, potong kotak-kotak kecil
- 100 g gula pasir halus
- 1 kuning telur
- 1-2 sdm air es

Dark Chocolate Filling :
- 250 gr dark chocolate, lelehkan lalu sisihkan
- 155 gr thick cream (aku pake krim kental)
- 100 gr susu full cream
- 2 butir telur + 1 kuning telur
- 2 sdm almond bubuk

Cara membuat :
  1. Pie crust : Tuang terigu dan coklat bubuk yang telah diayak ke dalam food processor. Tambahkan butter dan gula. Proses sampai menjadi adonan yang berbutir-butir kecil.
  2. Campur kuning telur dan air es. Tambahkan ke adonan. Proses lagi sampai menjadi adonan yang menggumpal. Jangan memproses terlalu lama karena nanti kulit pienya akan menjadi keras.
  3. Bungkus adonan dengan plastik wrap. Dinginkan di kulkas selama 30 menit.
  4. Giling tipis adonan dan letakkan di cetakan pie. Tusuk-tusuk. Dinginkan lagi di kulkas selama 15 - 20 menit. Semakin dingin adonan pienya maka semakin kecil kemungkinan untuk menyusut pada saat dipanggang.
  5. Panaskan oven 200C. Isi kullit pie dengan kacang-kacangan dan blind bake selama 8 - 10 menit. Keluarkan kacangnya dan lanjutkan memanggang sekitar 3 menit.
  6. Coklat filling : kocok telur dan kuning telur asal rata. Panaskan cream dan susu sampai hampir mendidih. Tuang ke dalam kocokan telur sambil diaduk rata. Panaskan kembali di atas kompor dengan cara ditim sampai kental. Tambahkan almond bubuk. Aduk rata.
  7. Turunkan panas oven menjadi 150 - 160 C. Tuang karamel ke atas kulit pie disusul dengan dark coklat filling. Panggang selama 5-6 menit. Angkat.
  8. Biarkan dingin sebentar. Agar lebih kinclong permukaannya, tuangi dengan ganache coklat dan ratakan. Tart karamel coklat siap disajikan.


7 komentar:

Anonim mengatakan...

bu hesti , ini jadinya berapa biji dan diameter cetakannya berapa cm?

Hesti HH. mengatakan...

Kalau pake loyang muffin bisa sekitar 20 biji.

Just_ Ayie mengatakan...

kalau pakai terigu protein rendah kira-kira bisa juga ngga Mbak Hesti?

Just_ Ayie mengatakan...

kalau pakai terigu protein rendah kira-kira bisa jadi ngga Mbak Hesti?

Hesti HH. mengatakan...

Bisa mbak, lebih renyah harusnya karena tepung buat kukis ^^

Anonim mengatakan...

Mbak, aku ga begitu paham yang poin 5, maksudnya diisi dengan kacang2an, itu kacang apa ya?karena ga ada di resepnya. Lalu di blind bake itu diapain ya?dan kenapa kacangnya dikeluarkan lg ya? tolong penjelasannya ya mb, maklum baru belajar.hehehe..

Hesti HH. mengatakan...

Contohnya kacang merah atau kacang yang agak berat mbak supaya berat dan menahan kulitnya nggak menggelembung. Blind bake itu dipanggang tanpa isi tapi diisi kacang kacangan. Kacangnya nanti masih bisa dipake kok...makanya setelah dieluarkan lagi untuk diisi fillingnya.

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails