Minggu, 30 Januari 2011

KBB #21 : Creme Brulee - Pineapple & Cinnamon Créme Brulee


Kayaknya aku kelamaan mencari ilham buah apa yang pas disandingkan dengan creme brulee. Padahal Surtjin KBB #21 dah lama tiba. Pesanan vaniliku juga udah datang. Oh iya special thanks to Pak Agus Ramada yang telah memberikan pelayanan yang sangat memuaskan. Vanili pesananku tiba hanya dua hari setelah pengiriman. Padahal dari Bandung bo'...




Ini creme brulee pertamaku...aku dah sering dengar tapi belum pernah bikin sebelumnya. Kalo gak ada tantangan juga mungkin aku belum tentu bikin. Aku pake resep dasar dari KBB yaitu punya Jamie Oliver. Tapi karena gak ada rubarb aku modifikasi aja dengan menambahkan nanas dan kayu manis karena habis googling...tertarik sama resepnya Hilda yang kayaknya yummmiii tenan. But bingung...aku gak punya remekin, mau beli... tapi aku di daerah terpencil. Harus ke Makassar dulu yg jaraknya 12 jam naik bis. Hiiiiy...gak perlu kayaknya. Aku pake pinggan yang ada ajalah. Yang penting judulnya tetap creme brulee...iya khan? Berdoa and harap-harap cemas...smoga gak pecah, soale tertulis not for oven & microwave.

Oh iya berhubung di tempatku gak ada double cream aku pake whipping cream Anchor saja. Ternyata beneeer...enak juga pake nenas segar...apalagi ada aroma kayu manis yang wangi. Tapi terus terang aja, ternyata ini bukan termasuk salah satu dessert favoritku. Teksturnya ngga terlalu lembut menurutku. Agak padat (apa cara bikin n' bahanku salah ya?). Walaupun dah pake vanilli tetep berasa makan telur, kurang manis and agak eneg. 8 kuning telur bo'. Mungkin lain kali harus dikurangi. Dan mungkin susu harusnya nggak kuganti dengan krim kental. Jadi yang berasa enak cuman nanasnya aja....hehehe...aneh lidahku ini. Di bawah ini resep yang udah kumodifikasi ya...


Creme Brulee
Source: Jamie Oliver: The Naked Chef 2
Modified by : Hesti HH

- 300g nanas segar
- 3 sdm gula pasir
- 1 sdm butter
- 1/2 sdt kayu manis bubuk
- 2 buah vanilla pod
- 500 ml krim kental
- 8 kuning telur
- 80g gula
- 1/4 sdt garam

Cara membuat :
  1. Panaskan oven 325 F.
  2. Nenas : Potong-potong kecil nenas. Panaskan pan di atas kompor. Beri 1 sdm butter. Tuang potongan nanas. Tambahkan gula pasir dan kayu manis. Masak sampai kandungan airnya habis dan gula telah mengkaramel. Tuang di remekin/pinggan tahan panas.
  3. Keruk bagian isi vanila. Panaskan krim, vanilla(beserta batangnya) dan garam sampai hampir mendidih. Angkat. Sisihkan batang vanilanya.
  4. Kocok gula dan kuning telur sampai agak mengembang. Tuang sedikit-sedikit krim panas sambil terus diaduk agar telur tidak pecah.
  5. Saring adonan krim. Tuang di atas ramekin/pinggan dan panggang dengan cara au bain marie selama kurang lebih 30 menit.
  6. Biarkan dingin pada suhu ruang lalu masukkan ke dalam kulkas.
  7. Pada saat akan dihidangkan, taburkan gula pasir lalu grill di oven dengan api atas atau menggunakan kitchen torch sampai gula meleleh. Angkat. Siap disajikan.

Karena adonan ini lumayan banyak...sebagian ku tuang di atas adonan pie dengan kuberi tambahan buah cermot. Cermot ini termasuk berry liar merambat yang isinya mirip sekali markisa tapi minus tendangan kecut markisa...hehe. Ternyata aku lebih suka tart ini...gak terlalu eneg karena ada pie crustnya... atasnya kupakein gula halus...penampakannya di bawah ini.. Sedikit juga kutuang di pinggan kaca yang nantinya kutaburi gula palem. Cuman pingin tau aja perbedaan kalo menggunakan gula pasir, gula halus dan gula palem. Kalo brown sugar...lewat aja deh... soale kemahalan padahal cuman pake dikit buat taburan...^.*...

Alhamdulillah...aku lulus. Semoga selanjutnya dah bisa jadi anggota yang sesungguhnya.....

6 komentar:

Cendy mengatakan...

Kerennnn tanteeee!!

Nice posting :')

Hesti HH. mengatakan...

Makasiiiih Cendy...

Novya Kp mengatakan...

so tempting bu Hesti creme brulee nyaa :)
bu, saya kok kesusahan ya untuk mendapatkan vanilla bean, ada referensi? pinginnn bgt tapi di TBK yg saya tau pun ga jual.

Hesti HH. mengatakan...

Bisa coba online dengan link di bawah ini ya bu kebetulan sekarang lagi ada paket hematnya.

Vanilla Beans 25 Gram, IDR 50,000
Vanilla Beans 50 Gram, IDR 95,000
Vanilla Beans 100 Gram, IDR 150,000
Bibit Stek Dan Buku Vanilla Tabulampot, IDR 100,000

http://www.organicindonesianvanilla.blogspot.com/
Silahkan klik di bagian atas tulisan buy vanilla beans

Organic Indonesian Vanilla mengatakan...

Ibu Hesti, terimakasih atas supportnya.

Hesti HH. mengatakan...

Sama sama Organic Indonesian Vanilla. InsyaAllah saya juga mau beli lagi kalau stok vanila di rumah sudah habis. Saya beli kalau tidak salah 3 tahun lalu dan sampai sekarang masih bagus. Saya taruh dalam toples bersama gula pasir.

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails