Sabtu, 08 Januari 2011

Onde-onde


Aku sebenarnya bikin onde-onde ini tuk menghabiskan sisa isian kacang ijo waktu bikin bakpao kemarin. Tapi buat teman-teman yang ingin membuat sendiri resepnya aku ambilkan resepnya dari Majalah Sedap ya...kebetulan resep kulitnya aku ambil dari Sedap juga. Aku suka resep ini karena adonan kulitnya menggunakan kentang. Memang bentuknya gak sebulat yang cuma pake tepung ketan or dengan tambahan tepung beras. Tapi dijamin keesokan harinya, kulitnya masih bertahan kelembutannya.

Bahan :
- 250 gr tepung ketan
- 50 gram kentang kukus, haluskan panas-panas
- 65 gr gula pasir halus
- 1/2 sdt gagram
- 175 ml air hangat
- wijen secukupnya untuk pelapis
- minyak goreng/minyak padat

Isi :
- 75 gr kacang hijau kupas, rendam 1 jam
- 100 ml santan dari 1/4 butir kelapa
- 50 gr gula pasir
- 1 lmbr daun pandan, simpulkan
- 1/4 sdt garam

Cara membuat :
  1. Isi : kukus kacang hijau 20 menit. Angkat. Blender bersama santan.
  2. Tambahkan gula pasir, daun pandan, dan garam. Masak sambil diaduk hingga kalis. Angkat, biarkan dingin. Timbang masing-masing 10 gr. Bulatkan.
  3. Kulit : campur tepung ketan putih, kentang, gula pasir halus, dan garam. Aduk rata.
  4. Tuang air hangat sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis dan licin.
  5. Timbang masing-masing 20 gr. Pipihkan, beri isi, bentuk bulat. Celup air lalu gulingkan di wijen.
  6. Goreng dalam minyak api kecil sambil disiram-siram sampai mengembang. Besarkan apinya menjadi sedang. Goreng sampai matang.


Aku juga bikin dikit variasi isian kacang ijo yang dikasih pasta cokelat, lalu kulitnya ditambah wijen hitam. Ini dia tampangnya...


34 komentar:

aza kayla mengatakan...

tq mbak resepx dah sy cb n hskx ok buanget

ruw mengatakan...

mbak hesti jgn libur lama2 donk
kita2 jd bingung bikin kuenya kl suhunya ilang ha3x
mbak mnyk padat itu gmn ya? apa kelebihannya dibanding mnyk biasa?
resepnya da bnyk nih yg di cb
ok buanget deh
soalnya kan da diuji cb di dpr suhu ha3x
cm kue mangkok tape neeh yg ga mekar2
tapee deeh
cc

Hesti HH. mengatakan...

hehehe...suhu apa mbak?? bisa aja...tapi alhamdulillah kalau cocok sama resepnya. tentang kue mangkok mungkin mbak kena kutukan kue mangkok ngga mekar, hiyaaaaa seperti banyak teman teman yg lain kena kutukan bolu kukus nggak mau mekar. Becandaaaaa...

Minyak padat itu bentuknya padat warnanya putih walaupun di suhu ruang. Tapi saya nggak suka rasanya. Lebih suka minyak goreng biasa. Kelebihannya tidak berminyak. Padahal sebenarnya dia bukannya gak berminyak tapi setelah dingin minyaknya membeku kembali jadi kalo dimakan nggak kesan donatnya berminyak padahal sama aja sih.

Anonim mengatakan...

mbak
gw da cb tp isinya kac mrh
maknyus
apalg mknnya pns2
eh salah..hangat2 maksudnya
kl pns2 ntar bs bonyok mulutnya ha3x
cc

Hesti HH. mengatakan...

hihihi....syukurlah mbak kalo suka. makasih ya dah info info ^^

Ummu Fatima mengatakan...

Mbaak.... Saya udah nyobain resepnya.... Alhamdulillah sukses, ga ada yg meletus dan empuk.... Makasih resepnya ya Mbaak.... Ijin nulis resepnya di blog saya, tengkyuu ^^

Hesti HH. mengatakan...

Alhamdulillah....ikut seneng umm...silahkan dishare resepnya ^^

ummu alliza mengatakan...

Sukron mb resepnya krn onde onde termasuk kue favorit ana

Hesti HH. mengatakan...

Makasih juga mbaaa

Anonim mengatakan...

Sukses onde2 nya, habiis tanpa sisa,,,, mksih resep ny mbak, oya mbak coba deh bikin sala, mknan khas sumatra barat pariaman, enak banget rasa ny, apa lagi di mkn ama lontong sayur,,,, coba deh mbak, dijamiin enak,,,

Hesti HH. mengatakan...

Alhamdulillaaaah...ikut senang mba dengarnyaaaa. Sala??? iya nanti saya cek di google ya. Makasih tuk feedbacknyaaa

Anonim mengatakan...

saya sudah praktekkan mb onde" ini ...dan saya SUKA...mkasih ya mb udah bagi" resep yg mantap...

Hesti HH. mengatakan...

Makasih juga mba dah praktek resepnya ^^

Anonim mengatakan...

Hai Mbak Hesti. Ijin catat resepnya ya, pengen parktek :) kalau bole tahu yang isi pasta coklat itu resep isiannya bagaimana ya? Terimakasih Salam, Thea

Hesti HH. mengatakan...

Silahkan. Kalau yg cokelat tetap pakai kacang ijo tapi ditambahkan pasta cokelat

Anonim mengatakan...

Terimakasih banyak Mbak Hesti :) -Thea-

Hesti HH. mengatakan...

Makasih juga mba Thea ^^

Indah Harini mengatakan...

Mba...itu kacang ijo kupasnya dikukus ya? Klo direbus bs ga? Soalnya sya pernah coba kukus kacang ijo (msh pake kulitnya) koq ya ga mateng2 yaaa..diblender mala susah halus.

Hesti HH. mengatakan...

Bisa aja mba yg penting bisa mateng. Tipsnya kalau mau cepat matang direndam dulu mba sekitar 4 jam. Habis itu direbus. Kalau ngga mau ditungguin dampai habis airnya bisa juga direbus sampai mendidih. Setelah itu matikan apinya dan biarkan, nanti kacang ijonya akan bengkak dan menyerap airnya. Bisa dibelender halus dan diaron sampai kering

Anonim mengatakan...

Mbak hesti ini isian kacang ijonya pake kacang ijo kupas atau masi adakulit ijonya ya? Thanks -alberthea_

Hesti HH. mengatakan...

Yang kupas mba...tuh ada di bagian bahan ^^

Siti Tjia mengatakan...

Salam kenal mba Hesti, saya udah Coba resepnya enak, tapi setelah di angkat onde jadi kempes, mohon tips nya.

Hesti HH. mengatakan...

salam kenal juga mba...tipsnya menggorengnya api kecil mba dan jangan terlalu lama. Airnya juga jangan kebanyakan supaya onde ondenya bisa tebal dan gak gampang penyok ^^

Reiska mengatakan...

Wow suami q browsing resep onde2 nekulah resep ini, mantap rasanya, isinya diganti coklat sama keju ,ueeennaakk bingitt. Iyalah enak wong tinggak makan hahaha mkasih mba

Reiska mengatakan...

Wiihhh sore ini misua rajin banget mau bikin onde2,tapi ternyata gak tau resepnya,browsinglah dan nemu resep ini. Muantab mbaa..enak banget,yaiyalah wong cuma tinggal makan akunya hehehe tapi asli enak, sayang isiannya diganti coklat sama keju karna gak punya stok kacang ijo

Hesti HH. mengatakan...

waaaaaah canggih mba suaminyaaaaa bisa bikin onde ondeee

Elfrida Sitohang mengatakan...

Mba jadinya brp kue masih ingat ga? Saya mau buat kue besok di suruh ibu bos buat tamu. Pernah buat tp meletus ga mateng n lgsg penyok mba

Hesti HH. mengatakan...

Kalau ngga salah 20-an mba tp lupa persisnya berapa. Spy gak meletus dan matang apinya jangan terlalu besar mba. Good luck ya semoga besok lancar kuenya...

Hesti HH. mengatakan...

@ Mba ES : Mba saya turut prihatin tentang masalah mba itu. Semoga ngga mengurangi semangat mba untuk berkarya di dapur ya. Tentang kulit yang kokoh dan tidak penyok itu sebenarnya banyak resep yg beredar di dunia maya mba. Resepku ini hanya salah satu saja. Memang tetap lembut sampai keesokan harinya krn penambahan kentang tapi resikonya suka penyok. Karena kadang kadar air kentang berbeda beda. Caranya biar gak penyok kulitnya jangan terlalu tipis mba. Bulat bulatinnya juga pake feeling aja spy bisa bulat sempurna. Setelah diputar ditangan kadang bentuknya kyk gasing tapi diperbaiki dengan menggulung kembali bagian yg runcingnya.

Cara menggorengnya supaya kecoklatan setelah digoreng dengan api kecil (agar matang merata) bisa dinaikkan suhunya dan goreng sampai kecokelatan. Kalau mau repot sedikit bisa pakai dua wajan. Satu wajan dengan api sedang satunya dengan panas agak tinggi. Jangan terlalu lama dighoreng karena akan meletus. Usahakan isinya dimasak sampai kalis dan agak kering. Karena kalau isiannya masih basah/lembek itu salah satu penyebab kuenya penyok karena kena lembab dari fillingnya. Meniriskan minyaknya setelah diangkat dari penggorengan juga harus perlahan mba satu persatu jangan ditumpuk tumpuk ketika masih panas.

Solusi lain bisa juga mba pakai resep lain yang lebih kokoh. Ada banyak mba di internet. Contohnya dengan mencampur ketan dengan tepung beras atau terigu. Semoga j awabanku ini bisa membatu mba ya. tetep semangat ya mbaaaaaa....

Elfrida Sitohang mengatakan...

Mbak hesti saya baca byk tips mbak makin baca makin puyeng. Mgkn krn br bljr bikin kue onde onde ini jd blm tahu byk. Dan dan saya tahu kesalahan saya mbak isi nya td bln kering mbak jd penyok mbak. pas goreng saya api kecil gorengan kedua saya matikan dulu komporny biar ga terlalu panas api nya. Salah ya mbak? Saya ga patah semangat malah penasaran makanya tanya mbak hesti. Makasih byk mbak

Hesti HH. mengatakan...

Mba ini ada resep lain yang revienya bagus. Aku kasih linknya ya. Semoga kali ini berhasil karena resep ini lengkap dengan tipsnya mba.
https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=778210632301226&id=714761695312787

antariksa nata mengatakan...

slm knal mba..mau tnya nih..kl adonannya didiamkn dlu d kulkas tp ditutup rapat dn digoreng keesokan harinya bisa g ya?

Zahratunnikmah mengatakan...

Mba, mau tanya nih.. Kalo yg isi coklat sama keju tadi gimana cara bikinnya ya?

Zahratunnikmah mengatakan...

Mba, mau tanya nih.. Kalo yg isi coklat sama keju tadi gimana cara bikinnya ya? ^^

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails