Minggu, 16 Januari 2011

Getas


Getas ini adalah salah satu jajanan tradisional daerah Jawa. Sebenarnya beberapa daerah juga memiliki resep yang sama, hanya namanya yang beda. Kalo di Makassar namanya taripang karena bentuknya memang mirip binatang laut 'Teripang'. Kalo di daerah Jawa namanya Getas. Kalo di Jakarta namanya gemblong. Cuman kalu getas biasanya menggunakan gula pasir sebagai bestanya. Dijamin...gak ada yang gak doyan kue ini... Resep ini kumodifikasi dari Tabloid Saji. Aslinya gula pasir tapi kucampur dengan gula merah biar lebih muantappph...hehe..

Bahan :

- 125 gr tepung ketan
- 50 gr tepung beras
- 150 gr kelapa setengah tua (parut)
- 125 ml santan

- 3/4 sdt garam

- minyak goreng


Bahan besta :

- 50 gr gula pasir

- 100 gr gula jawa

- 2 lmbr daun pandan
- 75 ml air


Cara membuat :
  1. Aduk bersama tepung ketan, tepung beras, kelapa dan garam. Tambahkan santan sedikit-sedikit sambil diulen sampai rata saja.
  2. Bentuk bulat lonjong dan agak pipih agar ketika digoreng gampang matang. Goreng di dalam minyak panas sedang sampai matang.
  3. Bikin bahan besta. Masak air, gula pasir, gula merah dan daun pandan sampai larut. Saring. Lanjutkan memasak air gula sampai gula kental berbusa dan mulai berambut. Masukkan ketan yang sudah digoreng. Aduk sampai ketan berbalur rata. Matikan api. Teruskan mengaduk sampai gula mengering.
  4. Getas siap disajikan.



8 komentar:

citra mengatakan...

mbak tepung custard sama gula castor itu yg gimana ya?hehehe

Hesti HH. mengatakan...

Tepung custard itu bahannya dari tepung maizena+pewarna+vanili biasa didapat di supermarket dengan merk Hercules atau Haan. Dalam dunia baking biasa dipakai tuk bikin vla. Tapi bisa juga sebagai tepung campuran kue.

Kalau gula kastor, gula yang butirannya halus tapi bukan gula bubuk. kalo nggak ada bisa blender gula aja.

Anonim mengatakan...

Dear Mba Hesti, santan nya boleh yg hangat ga? dan kalau boleh apa beda nya dengan santan yg biasa. terima kasih :)

Anonim mengatakan...

mba hesti, maap mau nanya lagi gemblong dari resep ini jadi nya kenyak tidak? thank you :)

Hesti HH. mengatakan...

Boleh aja mbak, karena beberapa kue banyak yang menggunakan santan hangat, Mungkin ke hasil lebih lembut.

maksud mbak kenyal ya?? nggak terlalu kenyal sih...

Anonim mengatakan...

ok aku baru mau coba nih

Anak Panah islam mengatakan...

hey , i"m from malaysia . what is tepung ketan actually

Hesti HH. mengatakan...

Tepung ketan = tepung pulut

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails