Kamis, 06 Januari 2011

Ayam Goreng Kecap


Ini dia salah satu masakan kesukaanku. Ayam bumbu kecap yang maknyus. Kadang aku lihat orang seringnya membuat ayam goreng kecap yang cenderung kering. Memang harum n' tetep enak tapi tekstur ayamnya cenderung kering/alot karena kelamaan digoreng dengan panas rendah. Pengalamanku...anak-anak hanya mengunyah ayamnya dan ampasnya dibuang karena gak bisa dicerna. Tapi kalau resep ibukuku dijamin empuk dan sedikit bersaus. Rahasianya yaitu menggoreng ayam dengan panas tinggi tapi sebentar saja serta menambahkan kuah ungkepan ke dalam tumisan kecap.

Bahan :
- 1 ekor ayam, potong-potong
- 3 ruas lengkuas, geprek
- 3 lembar daun salam
- air secukupnya
- minyak untuk menggoreng

Bumbu ungkep :
- 3 sdm air asam yang agak kental
- 1 sdt gula merah
- 1/2 sdt kunyit bubuk
- garam

Bumbu kecap :
- 1/2 buah bawang bombay, potong memanjang
- 2 buah cabe merah
- 7 butir bawang merah
- 2 siung bawang putih
- 1/2 sdt merica bubuk
- 4 sdm kecap (atau sesuai selera)
- 1 sdm saus tiram
- 2 iris lengkuas
- 2 lembar daun salam

Cara membuat :
  1. Tuang ayam ke dalam panci. Tambahkan air setinggi ayam. Masukkan lengkuas, salam, gula merah, kunyit dan air asam.
  2. Ungkep ayam sampai empuk dan air berkurang. Matikan api, tiriskan. Sisihkan kuah ungkepan.
  3. Goreng ayam dengan api panas (sebentar saja asal udah kekuningan/kecoklatan). Sekitar 3 - 5 menit. Lakukan semua sampai ayam habis. Sisihkan.
  4. Ambil 5 sdm minyak bekas menggoreng ayam. Tumis bawang bombay sampai layu.
  5. Masukkan cabe merah, bawang merah, bawang putih yang sudah diulek. Tumis sampai wangi. Tambahkan merica.
  6. Tambahkan kecap secukupnya dan saus tiram, aduk rata. Tuang air ungkepan ayam beserta bumbu-bumbu daunnya. Masak sampai mendidih dan kental. Kalau kurang asin bisa ditambahkan garam. Kalau suka pedas dan penambah aroma bisa ditambahkan cabe rawit utuh.
  7. Masukkan ayam. Aduk rata bersama bumbunya. Cicipi kalau ada bumbu yang kurang. Masak sebentar sampai masakan wangi dan bumbu agak meresap. Matikan api.

18 komentar:

Etry mengatakan...

mbak,, ak siang td baru aja bikin ayam goreng kecap resepnya mbak,,, waduhhh enk bener ,,,, ^_^ thx a ton ya mbak,,,

Hesti HH. mengatakan...

Alhamdulillah kalo Etry suka. Senengnyaaaa...!

zhe mengatakan...

salam kenal mba...
ntar q coba ya resepnya...yummy bgt kayaknya nih...

Anonim mengatakan...

Resep nya uenak mbak, thx yah ;)

Hesti HH. mengatakan...

Alhamdulillah kalau suka, makasih infonya ya mbak...

Anonim mengatakan...

MasyaAllah sukaaa bgt dengan blog ini.
Salam kenal ya mbak Hesty ^^

Hesti HH. mengatakan...

Alhamdulillah mbak kalo suka, salam kenal ya dan makasih dah mampir...

Anonim mengatakan...

salam kenal mbak, ngefans berat sama resep"nya mba Hesty :) semangat terus ya mbaaa

Hesti HH. mengatakan...

makasiiiih mbak...

Anonim mengatakan...

Salam kenal mbak hesti,, mbak bumbu ungkepny kalau pke kunyit seger kira" brapa ruas jari ya?

Hesti HH. mengatakan...

Sedikit aja mbak, sekitar 1/2 ruas, soalnya yang mentah aromanya lebih kuat...

gina mengatakan...

assalamualaikum...aduh mbak..aq jadi ngiler liat gambarnya,aq jg mau nyobain ah,
salam kenal ya mbak.aq boleh kan print resepnya? soalnya aq suka ngoleksi masakan yang udah aq praktekin mbak..

Restu Dewi mengatakan...

Mba hesti. Blogwalking nyari resep ayam semur sampai dsini. Dan biasanya ayam mentegaku gak nendang.. Punya resep mba hesti aku coba siang td (minus kunyit) hasilnya balitaku sampai nambah..

Sayang suami lg diluar kota. Pst dia suka. Makasiii banyaj ya mbaa.

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam, iya silahkan mbak

Hesti HH. mengatakan...

Alhamdulillah mbak, ikutan senang dengarnya...makasih juga dah laporan yaaaa

Travelling mengatakan...

Salam kenal, Mba Hesti..aku juga suka coba2 resep untuk keluarga di rumah..thanks for sharing..mampir2 ke blog aku yah..the newbie one...heheeh...#Eka Zahra

fersa salma mengatakan...

Mbak,, hasil recooknya ternyata sama persis sm bikinan mama sy di Soppeng.. Tiap lebaran mesti bikin ayam ini.. Biasanya dimakan sm Burasa'.. Minta resep Burasa'nya mbak.. Hehe

Hesti HH. mengatakan...

@Eka ZAhra : siiip mba makasih yaaaaaa

@Fersa Salma : waaaaa kan sama sama Sulawesi Selatan mungkin resep leluhur ya hehe. Saya belum pernah bikin burasa >,<

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails