Rabu, 12 Januari 2011

Getuk Lindri


Sudah lama pingin makan kue ini tapi gak pernah kesampaian. Waktu kecil aku doyaaaan banget. Tapi kalo gak bikin sendiri gak akan bisa makan lagi, karena di sini gak ada yang jual. Akhirnya setelah dapat resep dari Selera Makanan Nusantara aku segera membuatnya. Kalo resep aslinya judulnya gethuk lindri keju. Kalau dilihat dari namanya...jelas mengandung keju. Dalam adonan maupun taburannya. Tapi waktu aku bikin...adonan kubagi dua. Yang satu original, dan yang satunya pake keju. Hasilnya enak dua-duanya. Kalo aku suka yang original tapi anak-anak jelas suka yang keju.

Oh iya...berhubung aku gak punya gilingan daging (cuman gilingan mie), terpaksa aku pake cetakan kue kaktus...makanya jadinya agak-agak keriting begitu. But..gak papalah yang penting hasratku dah kesampaian...hihihi. Ini dia resep aslinya ya...


Bahan :

- 1 kg singkong
- 200 gram gula pasir

- 50 gram margarin
- 1/4 sdt garam
- 1/4 sdt vanili
- 1/4 butir kelapa setengah tua, kupas, parut, kukus.
- 150 gram keju cheddar parut (aku pakai separuh aja krn adonannya dibagi 2)
- pewarna makanan secukupnya
- keju cheddar parut untuk taburan secukupnya

Cara membuat :

  1. Kupas kulit singkong, cuci bersih, lalu potong-potong. Kukus singkong hingga matang, angkat, lumatkan selagi panas. Buang serat-seratnya.
  2. Tambahkan gula pasir, margarin, garam, dan vanili, aduk hingga rata. Masukkan kelapa parut dan keju ke dalam adonan, aduk hingga tercampur rata. Bagi adonan menjadi beberapa bagian. Beri pewarna makanan (warna jangan terlalu tua) dan pasta cokelat pada bagian yang lain, dan sisanya biarkan putih.
  3. Masukkan adonan secara terpisah ke dalam gilingan khusus gethuk lindri, proses adonan, taruh adonan yang keluar di atas telapak tangan. Sesudah adonan keluar 6 cm, potong menggunakan spatula lalu tekan sedikit (perlahan) ke atas hingga bagian tengahnya agak menggembung. Ulangi langkah yang sama hingga semua adonan habis.
  4. Atur gethuk di atas piring saji, taburi bagian atas masing-masing gethuk dengan kelapa dan keju parut, sajikan.


Ini dia yang rasa keju...favorit anak-anak...

8 komentar:

dina mengatakan...

salam kenal mbak hesti... ^_^

wah jadi ngiler pengen nyoba resepnya,


link: http://kumpulan-resep-dina.blogspot.com

Hesti HH. mengatakan...

Halo Dina...salam kenal juga. Makasih ya udah berkunjung. Silahkan dicoba resep2nya...

Retno Prihadana mengatakan...

Hesti, getuknya keliatan enak...pengen nyoba juga

Hesti HH. mengatakan...

Waaaa Mbak Retno berkunjung...makasih mbak, enak lho getuknya walaupun bentuknya amburadul..^.+

siska mengatakan...

Hes...jadi ngiler, aku juga suka banget getuk lindri...tp sudah belasan tahun nggak pernah nemu lagi. tanya .... cara nyimpen gilingan mie gimana sih ? punyaku baru sekali pakai, aku simpen giliran mau di pakai lagi sudah karatan ..hicks...gagal buat mie hijaunya,..

Hesti HH. mengatakan...

Sis...memang gilingan mie itu gak boleh dicuci. Cara bersihinnya cuma dilap dan dibersihkan pake kuas sela-selanya. Kalo dicuci, air yg terperangkap di bagian dalam gak bisa keluar lagi...jadinya karatan deh...
Ayooo bikin getuk aja...pake gilingan daging...

Anonim mengatakan...

Mbak makasi ya resepnya

Hesti HH. mengatakan...

Sama sama mbak, makasih juga dah praktek ^^

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails