Jumat, 28 Januari 2011

Pangsit Goreng


Resep ini dapat dari teman yang dapat juga dari teman...hehehe. Resep asli yang punya Mbak Siti Wahyudi. Makasih ya mbak...pangsit goreng ini memang enak...kulitnya renyah dan isinya gurih. Aku rasa kulitnya bisa juga buat pastel nih...tinggal diganti isian dan dibentuk pastel...

Bahan :
- 175 gr tepung terigu roda biru
- 75 gr tepung kanji (Rosebrand/Tapioka)
- 3/4 sdt garam
- 25 gr margarine
- 1/2 butir telur
- 50 - 100 ml air (jangan terlalu lembek)

Isian :
- 225 gr ikan tenggiri/ayam (haluskan)
- 25 gr udang kupas (haluskan)
- 4 putih telur
- 70 gr tepung kanji
- 75 - 100 ml air
- wortel parut (optional )

Bumbu halus :

- 5 siung bawang putih
- 1/ 2 sdt merica bubuk
- garam secukupnya
- gula sedikit

Cara membuat :

  1. Kulit : kocok telur dan garam. Tambahkan air. Masukkan campuran terigu dan kanji. Aduk menggunakan tangan. Tambahkan margarine. Ulen sebentar sampai rata. Tidak perlu sampai kalis. Asal tercampur rata saja.
  2. Isi : campur semua bahan isi dan bumbu halus. Aduk hingga rata dan membentuk adonan yang lembek.
  3. Penyelesaian : Giling tipis adonan kulit menggunakan gilingan mie mulai dari no besar sampai no 3. Potong kotak-kota. Jangan lupa untuk selalu menaburi tepung setiap dimasukkan ke dalam gilingan agar tidak melengket.
  4. Beri isian di tengah bahan kulit. Lipat 2 diagonal. Rekatkan 2 sudut segitiga membentuyk kapal kecil.
  5. Goreng dengan api besar. Setelah muncul gelembung-gelembung di kulitnya segera turunkan panas api. Goreng sampai bagian isi matang dan pangsit berwarna kecoklatan.
  6. Siap disajikan dengan saus sambal.

23 komentar:

  1. Salam kenal dari Malaysia, keliatannya enak dan rangup..yum-yum! Bagi2 dong mba..haha

    BalasHapus
  2. Salam kenal juga Julia. Thanks for visiting my humble blog...iya memang enak dan renyaaah....

    BalasHapus
  3. alhamdulillaaaah ketemu resep pangsit goreng.. hehe. dari penampakannya kayaknya mirip pangsit ji-em ya?
    makasih yaaa udah sharing resepnya.. mau kucoba..

    btw, blognya isinya bagus2.. :)

    BalasHapus
  4. pangsit ji-em??? di mana tuh? and gimana tuh? hehe aku tinggal di Sulawesi. Gak prnh wisata kuliner di luar ...hehe kacian ya...

    Dicoba ya resepnya...kalo dah jd info ya...? Makasih dah berkunjung...

    BalasHapus
  5. hehehe,.. maksudnya pangsit ala bakmi GM, mbak.. :D

    horeeee. senannya dibales.. nanti kalo udah dicoba, aku lapor yaa.. :)

    BalasHapus
  6. OOhhhh begono toh ^,+ hihihi...makluuum ya...aku anak kampung...kagak ngarti...GM GMan...okey deh kutunggu beritanya ya...smg sukses bikinnya..

    BalasHapus
  7. mbak Hestiii.. huaaaaa.. kayaknya ada yang salah dng cara aku bikin.. soalnya kulit pangsitnya (swaktu masih jadi adonan) tuh lembek dan lentur skali sampe susah dibentuknya.. hiks..
    dan aku gak punya gilingan mi, jadi aku giling manual, tapi kok dia elastis banget dan nempel2 ya..
    salah dimananya ya, mbak?
    hikshiks...

    rasanya pas digoreng enaaakkkkk.. aku suka, tapi susah banget membentuknya karena tll elastis. any tips?
    makasih yaaaaa.. :)

    BalasHapus
  8. Haiii say...jgn sediih dong namanya jg percobaan pertama, it's natural.. Kayaknya adonannya kelembekan deh...bisa ditambah tepung kok. Lain kali kalo bikin coba airnya diturunkan dikit2 aja ya...di atas kan resepnya antara 75 ml - 100 ml, tp kadang gelas ukur itu beda2 tipis jd airnya gak perlu turun semua.Pokoknya adonannya gak elastis...dan gak perlu sampe halus teksturnya nanti pas digiling berulang2 dia halus sendiri.

    Kalo pake gilingan manual bisa sambil ditaburin tepung atas bawah biar gak nempel.

    Makasih ya dah info...jgn putus asa ya...dicoba lagi, InsyaAllah berhasil...

    BalasHapus
  9. Oh iya...aku lupa nanya bun...waktu ngeblender ikan/ayam dikash air ngga? itu berpengaruh jg lho sama jumlah air totalnya. Kalo blendernya diksh air banyak, artinya airnya nanti harus dikurangi. Sy pake food processor, jd waktu ngalusin ikan gak pake air...

    BalasHapus
  10. makasih feedbacknya mbak.. *terharu*
    hahaha, aku baru blajar masak... jadi maaf ya kalo nanyanya banyak.. >_<

    blendernya gak pake air..
    tapi mungkin spt saran mbak Hesti, nanti aku kurangin deh jumlah airnya.. jadinya gak perlu kalis kan ya?
    adonan isinya masih ada... jadi hari ini aku akan mencoba lagii!!! hehehehehe..
    doain yaa....

    oiya, sampe tipis banget kan gilingnya ya?

    makasoh mbak Hestiiii... nanti aku lapor lagi.. :)

    BalasHapus
  11. No problemo dear...aku paling senang kalo ada yg mau praktekin resepnya. Apalag kalo berhasil...wuiiih senengnya. Kalo gagal ikutan sedih jg...jd coba lg yaaa...kudoain deh smoga kali ini berhasilllll....sill...amiiin

    Kalo masalah tipis...semakin tipis semakin renyah tapi kalo super tipis gampang hancur kulitnya. Kayak kalo pake gilingan mie ya...yg paling tinggi(tebal) kan no 7. Aku berhentinya pas sampe di nomor 3 aja. Okeyyy...?
    Good luck this time ya...?

    BalasHapus
  12. mbak Hes.. tadi aku udah bels, tapi kok jadi gak ada yaa.. hiks.. padahal panjang balesannya.. :D

    anyway, aku barusan coba lagi, dng dikurangin airnya spt saran mbak Hesti... dan alhamdulillaaaaahhhhh.. adonannya jadinya gak elastis.. lebih gampang diisinya..
    aku cuman suka ragu pas gorengnya.. suka takut apinya kepanasan..
    jadinya sibuk aja ngecek in udah mateng atau belum..hehehehehe.

    satu lagi pertanyaannya mbak (maf yaa nanya mlulu hehehe), adonan yangbelum digorengnya disimpennya dimana ya bagusnya?
    atau lebih baik digoreng semua terus ditaruh di wadah kedap udara?

    makasih banyak yaaa utk feedbacknya... :)

    BalasHapus
  13. Alhamdulillah kalo getting better. Practises make perfect kan??

    Kalo menggoreng apinya sedang aja. Kalo ketinggian gosong luar dan isinya msh mentah. Kalo kekecilan nanti gelembung2 kulitnya kurang cantik. Jadi yang sedang2 saja ya...

    Kalo yg belum langsung digoreng taruh di talam lebar aja yg udah ditaburin tepung biar gak lengket. Tapi itu tuk jangka waktu yg gak lama alias dibikin semua dulu sekalian baru digoreng. Tapi kalo mau disimpan tuk dogoreng besok kayaknya gak bagus hasilnya. Mendingan digoreng aja dulu semuanya baru stlh dingin ditaruh di wadah tertutup. Kalo pas mau disantap udah gak garing lagi, yaaa bisa dipanasin lagi dgn cara digoreng atau kalo saranku sih biar gak ngisap minyak...di oven aja sampai gariiing....gimana...???

    BalasHapus
  14. hihihi, sebelum baca balasanmu, aku sudah terlanjur pergi kemaren dengan pangsit yang belum digoreng dan disimmpen di freezer semaleman..
    hehehehehe... alhamdulillah masih enak.. walaupun gak segaring yang langsung digoreng kemaren.. hahahahahahahaha..

    tapi enakkkk..
    aku simpen yaaa resepnya di blog ku.. *izin dulu sm empunya resep*

    blum sempet difoto lagi.. utk report ke mbak Hesti... -____-


    makasih lagiiiii.. ^^

    BalasHapus
  15. Oooalaaahh....but baguslah kalo udah tau perbedaannya digoreng langsung or masuk freezer. Jdnya Bunbun bisa belajar lngsng dr pengalaman soale aku sndr blm prnh masukin freezer cm denger2 orng aja kalo msk kulkas gak bagus...hehe...lumayan dpt ilmu jg dari Bunbun.

    Okey deh...silahkan ditaruh di blognya ya...makasih udah sharing pengalaman...^,*

    Oh iya bagi link blognya donk Bun...

    BalasHapus
  16. ehem ehem.. blog ku masih kosyong melompyong mbak.. resepnya kalo mau diliat ada bunyi "whushhhhh" angin berhembus.. saking kosongnya.. hahaha..

    tapi, dng senang hati boleh mampir..
    tinggal di klik di namaku aja (bunbun) insyaAllah udah ke-link.

    senangnya bertemu dng orang baik lewat blog..
    hope that we can continue being friends.. :)

    BalasHapus
  17. Huahahahaha....bisa aja Bun...ntar lg terisi tuh. Kayak aku jg awal2 bikin blog.

    Kalo aku klik kok gak ada blognya ya? cm gambar beruang aja...makanya aku penasaran...hehe

    Amiiin...smg pertemanan kita bisa langgeng ya, walaupun lewat dunia maya...siapa tau suatu saat bisa btemu...

    BalasHapus
  18. ohhhh... gambar rumah beruangnya di klik aja.. :)
    hehehehehe, biasa lah.. blognya blm selesai di bikin.. hihi..

    aminnnnnn.... moga ada rezekinya utk ketemuan.. :)

    BalasHapus
  19. hahaha...tnyata, selama ini aku gaptek....
    Barusan aku dah berkunjung...ternyata blognya kereeeeen n' uniiiik deh. Anak-anaknya cantik-cantik n imut. Gyeeemes deh. Sun sayang yaaaach...

    Oh iya...apanya yg belum selesai? kayaknya dah oke tuh. Belum selesai aja dah canggih...apalg kalo udah...hehe

    BalasHapus
  20. Salam kenal semua...


    Makan adalah urusan nomor satu, setiap hari manusia harus makan.

    Inilah peluang usaha yang perlu diperhatikan oleh para pengusaha, termasuk Anda. Jika ingin mengembangkan sebuah usaha bisnis yang selalu dibutuhkan orang, maka kembangkanlah sebuah usaha Bisnis Kuliner.
    Bagi Anda yang saat ini sedang menekuni atau tertarik dengan Bisnis Kuliner terutama yang pengolahannya dengan dibakar / dipanggang, saya sarankan menggunakan Kompor Panggang Tanpa Asap.
    Kompor Panggang Tanpa Asap sangat berguna untuk membuat : Ayam Bakar, Ikan Bakar, Sosis Bakar, Bakso Bakar, Jagung Bakar, Iga Bakar, Sate dan lain-lain.
    Kompor Panggang Tanpa Asap juga sangat menguntungkan bagi Pengusaha Kuliner yang akan melebarkan sayap baik dengan membuka cabang maupun me-waralabakan usahanya.

    Info Kontak :
    HP : 0857 8092 6000, 0813 9324 6000, 0878 0288 6000
    Pin BB. : 32696186, 31EAB8FB

    Keterangan lebih lanjut silakan kunjungi :
    http://www.usaha-nyata.com

    BalasHapus
  21. beneran sama kayak pangsit bakmi GM nih,, udah saya coba buat. terima kasih ilmunya bu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hii kak hesti lombok orens dulu resepx kodong :))

      Mercii

      Hapus
    2. Yang bagaimana itu lombok orens Vero?? lombok untuk pastel/jalang kotekkah??

      Hapus

Related Posts with Thumbnails