Sabtu, 15 Januari 2011

Dadar Gulung


Kalo daerah asalku nama kue dadar ini adalah 'Dadar Cangkuning'. Cangkuning itu isian enten kelapanya. Resep kue dadarku ini pake ukuran kira-kira ya. Pokoknya pas kentalnya. Kalo terlalu kental dadar yang dihasilkan tebal dan mudah robek kalo digulung. Kalo keenceran yaaa hasilnya tipis dan gampang gosong. Pokoknya airnya dituang dikit-dikit. Kalo kurang encer gampang ditambah air lagi. Rahasia untuk menghasilkan kulit yang berlubang-lubang adalah api yang panas pada saat menuang dan segera dikecilkan setelah itu karena kalo ngga gampang gosong...gak perlu pake olesan minyak or margarin yang penting pake wajan anti lengket yaaa..

Bahan :
- 150 gr terigu
- 1 butir telur
- 250 ml air/santan/susu cair (yang diblender bersama 2 lmbr pandan)
- 1/4 sdt garam
- 1 sdm susu kental manis
- 1 sdm margarin cair, dilelehkan
- pewarna hijau secukupnya

Isian :
- kelapa parut kupas kulit
- gula merah
- gula pasir
- daun pandan

Cara membuat :
  1. Isi : didihkan gula merah, gula pasir dan pandan dengan sedikit air sampai kental. Saring. Masak gula bersama kelapa sampai air gula menyusut dan kelapa mulai kalis.
  2. Kulit : campur semua bahan dadar. Proses satu-satu dengan menggunakan wajan anti lengket. Kalau aku pakai pan crepe.
  3. Isi bahan dadar dengan isian. Gulung dan padatkan. Siap disajikan.

15 komentar:

Anonim mengatakan...

Mbak aku mohon ijin untuk mengcopy resep kue tradisionalnya yah.... Bolu kukus sdh aku coba jadinya TOP banget deh mengembang bagus sekali n rasanya enak, sampai teman2ku pada iri.

Hesti HH. mengatakan...

Silahkan di copy mbak...senang kalo resepnya berguna.
Syukurlah kalo bolkusnya sukses...ikutan senang daku...^^

Anonim mengatakan...

Mbak makasih ya tips nya .. akhirnya sukses juga bikin kulit dadar gulung yang berlubang lubang .. yayy .. !:).

Hesti HH. mengatakan...

Waaaaaah alhamdulillah. Turut senang kalo berhasil...makasih ya udah report *hehe*

Anonim mengatakan...

mbak
kl da dingin/ stlh lbh dr 6 jam kulit dadarnya bs alot ga?soalnya adanya saya dpt resep dr tmn ada
disrh tmbh in 1 sdm sagu biar ga mdh sobek,bnr ga ya?
cc

ayue mengatakan...

aq ijin ambik resepnya ya pengen nyoba buat kue ini,,

dianarose mengatakan...

q wkt d rmh srg bgt bkin ,,,tp skrg g bs bkin se enk d kmpg ,cm 1 yg krg ,yaitu pandan ,,,d sni g ada ,,bd jauh bgt lw gda pandan

andini dini mengatakan...

mbk..klw ad berlubang2 gt api sedang apa gmna mb

andini dini mengatakan...

mbk..klw bisa ad lubang gt apiny sedang apa gmna..mksh

Hesti HH. mengatakan...

Ini sama sekali nggak alot mbak walaupun lama, dicoba deh...

Hesti HH. mengatakan...

apinya sedang aja mbak, tapi dioles dikit margarin atau minyak krn margarin/minyak yg terperangkap itu yang bikin efek gelembung. Apalagi kalo apinya agak tinggi. Tapi hati hati cepat gosong.

Putri Nur Julita mengatakan...

Assalaum'alaikum.. mbak Hesti izin share fotonya ya :)

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam, silahkan mba....

Anonim mengatakan...

mbak hesti.. kalau resep dadar vla udah ada ya mbak?? :)

Hesti HH. mengatakan...

Belum mbaaaaa

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails