Jumat, 21 Januari 2011

Teri Basah Goreng Tepung


Ini lauk favorit no satu anak-anak....hehe. Kalo aku bikin lauk ini anak-anak tambah melulu. Seneeeng deh. Walaupun bikinnya rada ribet, tapi demi anak-anak....love you kids...
Ngga tau apa teri itu sama dengan lure. Tapi kalo di sini (Sulawesi) namanya ikan lure. Enak digoreng kering, digoreng tepung, dibikin bakwan lure, perkedel dan pepes teri...hmmm enyak semuanya.

Pertama-tama dibuang dulu kepalanya dan isi perutnya...mungkin kalo sekilo ada ratusan ikan yang dilepasin kepalanya satu persatu. Bayangkaaann...+.+ pegeeel juga niiy tangan. But kalo gak dibersihkan kepalanya bakalan pahit rasanya karena ususnya/insangnya walaupun kecil mengandung empedu lho... Habis itu baru deh dibumbuin, digoreng...and di keringkan? Dikeringkan?...maksudnya? Ya iyalah...kayak bikin sus kering gitu lho. Setelah digoreng di oven dengan api kecil sampai garing dan renyah. Jadi makannya kriuk...kriuk. Kalo digoreng aja memang renyah pas baru digoreng, tapi kalo dah berapa jam lempem lagi.


Resepnya ya...

Bahan :
- 500 ikan teri/lure segar (yang sudah dibuang kepala)
- 2-3 sdm tepung terigu
- 5 siung bawang putih
- 1/2 sdt merica merica bubuk
- 1/2 sdt ketumbar bubuk
- garam secukupnya
- 1/2 butir telur
- sedikit air es

Baluran :
- terigu
- maizena
- tepung panir halus
- 2 sdm tepung bumbu
- merica
- garam

Cara membuat :

  1. Untuk rendaman sekaligus pencelup campur tepung terigu, telur dan sedikit air es. Tambahkan bumbu merica, garam, bawang putih yang sudah dihaluskan. Aduk rata sampai membentuk adonan yang kental sekali. Masukkan ikan teri. Aduk rata. Biarkan bumbu meresap (bisa disimpan di kulkas).
  2. Sementara itu siapkan campuran tepung untuk membalur ikan. Aduk rata terigu, maizena, tepung panir, tepung bumbu, garam, dan merica. Sisihkan.
  3. Setelah beberapa jam dan bumbu sudah meresap, siapkan minyak goreng yang banyak.
  4. Balur ikan dengan campuran tepung tadi. Goreng dengan api sedang sampai matang.
  5. Tiriskan minyaknya dengan tisu dapur. Tuang ikan di talam. Panaskan di oven dengan api paling kecil selama beberapa jam sampai ikan kering. Angkat. Dinginkan.
  6. Simpan dalam wadah kedap udara agar tahan lama.

18 komentar:

Anonim mengatakan...

ijin copy resep2nya mbak.....tks

Hesti HH. mengatakan...

Silahkan mbaaaak ^^

Anonim mengatakan...

Hallo mba Hesti!
Keliatannya enak banget! Mau nanya bisa tau kira2nya engga berapa sendok makan terigunya, maizena, & tepung panirnya, kalo tepung bumbunya 2 sdm?
Terus terinya tuh 500 apa yah?
Ma kasih mba!

Anonim mengatakan...

Mba Hesti, di oven api kecil itu berapa derajat? Terus kira2 berapa jam? Terima kasih!

Hesti HH. mengatakan...

500 gram mbak. kalau tepung bumbu 2 sdm munjung maizenanya juga 2 sdm terigunya dan panir 1 sdm saja. kalau mau diskip panirnya gak papa tergunya jadi 2 sdm.

Api kecil kalo diovenku nggak ada angkanya cuma tertulis warm saja. Mungkin sekitar 100 C

Anonim mengatakan...

Terus berapa jam biasa di-oven api kecil-nya mba? Hihihi, pengen bikin banget nih!

Kalo terinya beli yang udah dibungkusin kering bisa juga kan? Tapi kalo kering bisa nyerep gitu pas direndem?

Hesti HH. mengatakan...

Tergantung ovennya mbak, karena aku ode warm jadi sekitar 1 1/2 jam. Tapi kalo pi ovennya agak panas dikit bisa lebih singkat. Dicoba saja setelah sejam ambil sebiji biarkan dingin sebentar baru dicoba. kalau dah renyah aertinya udah jadi.

Anonim mengatakan...

Ma kasih mba Herti! Udah siap nih terinya mau nyoba buat. :)

Anonim mengatakan...

kalau di papua namanya ikan puri mbak hesti

Hesti HH. mengatakan...

baru dengar jg namanya di papua...makasih mbak infonya ya mbak

Syahriah Wulansari mengatakan...

Hi Mbak Hesti, salam kenal.. :)
Bagus banget mbak blognya dan sangat membantu, bisa jadi obat kangen masakan Sulawesi niih.. :D
Mbak dari Soroako ya? Pantesaan ada resep2 asli Sulawesi.. ada Kapurung juga. haha
Makasi mbak.. terus nge-blog yaah :)

Hesti HH. mengatakan...

Salam kenal Syahriah...apa kareba?? hehe semoga sukaji sama resep resepku ...

IcHa-IcHa diDinDinK mengatakan...

Mb hesti tepung bumbu tuh tepung yg utk ngerendam teri sebelum di goreng ya?

Hesti HH. mengatakan...

tepung bumbu itu tepung sacetan yang biasa dijual di toko mba

Intan Susanto mengatakan...

Bu.. Trims utk resrpnya. Mau tanya ini bole utk anak usia brp? Coz dalamnya banyak duri halus.thx

Hesti HH. mengatakan...

Sebenarnya bisa untuk anak di atas 1 tahun mba. Kalau terinya kecil ketika digoreng garing dan dioven sampai kering maka tulangnya akan menjadi renyah sehingga bisa dikonsumsi sebagai sumber kalsium untuk anak. Tapi apabila terinya berukuran besar maka sebaiknya tulangnya dilepas dulu mba baru digoreng.

Mei Mei mengatakan...

Enak banget...
Untung baca baca komentarnya...
Jadi makin lengkap resep dan takarannya...
Terima kasih Kak resepnya...
Seneng banget bisa masak makanan enak...
Hehehehehe

Hesti HH. mengatakan...

Alhamdulillah, makasih jugaaaa

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails