Minggu, 16 Januari 2011

Talam Singkong


Bahan I :
- 500 singkong parut, diperas airnya
- 1/2 sdt garam
- 200 gr gula merah sisir halus
- 250 ml santan kental dari 1 butir kelapa

Bahan II :
- 250 santan dari 1/2 butir kelapa
- 1/2 sdt garam
- 20 gr tepung beras
- 35 ml air panas
- 50 gr tepung sagu

Cara membuat :
  1. Bahan 1: remas-remas singkong, garam dan gula merah. Tambahkan santan. Aduk rata.
  2. Tuang ke dalam cucing yang telah dioles tipis minyak hingga memenuhi 3/4 tinggi cucing.
  3. Kukus 15 menit sampai setengah matang.
  4. Bahan II : rebus santan dan garam sambil diaduk hingga mendidih. Biarkan dingin. Ukur 225 ml. Sisihkan.
  5. Aduk rata tepung beras dengan air panas. Tambahkan tepung sagu. Aduk rata. tuang rebusan santan sedikit-sedikit sambil diaduk rata.
  6. Tuang bahan II di atas bahan I. Kukus 10 menit sampai matang.
Source : resep diambil dari Tabloid Saji.

5 komentar:

Anonim mengatakan...

waktu ngeluarin talam singkong dr cetakan apa ga sulit mba? tunggu setelah dingin apa selagi panas langsuung dibalik gt?

Hesti HH. mengatakan...

Nggak susah kok. Kan dah dioles minyak. Tapi jangan pas masih panas sekali, atau bisa jg pas udah dingin betul. Yang penting cetakannya dah agak dingin...udah bisa. Bisa dengan cara permukaannya di tekan/didorong perlahan , nanti yang lainnya ikut sendiri. Bisa jg di congkel dikit pinggirnya pake sendok, baru ditarik keluar pake tangan...hmmm susyah nih ngejelasinnya...hehe

Anonim mengatakan...

mbak
talamnya enak
pokoke resep mbak hesti semua enak deh
mbak tlm ku jdnya atasnya putih bersih
tp stlh bsk siang gula mrhnya agak nyerap naik jd agak krem
mkn siang mkn krem tua
apa memang bgt yaa
apa ada tipsnya agar ttp pth mbak?

Hesti HH. mengatakan...

Iya mbak memang gitu. punyaku juga sama persis. walaupun rasanya enak tapi penampilan kurang menarik. Nggak tau jg caranya supaya tetap putih, maaf ya gak bisa bantu...

Anonim mengatakan...

enak mb esti aku sudah bikin...., :)

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails