Rabu, 26 Januari 2011

Molen Pisang Keju


Siang ini bikin molen pisang keju. Molen ini enak betuuuul...tapi gelombang pertama lupa kasih keju. But still enak kok karena dalamnya udah ada kejunya. Gak kalah sama Molen Bandung lho...hihihi...narcis deh...
Berikut resepnya ya...

Bahan :
- 250 gr terigu protein sedang
- 30 gr gula pasir
- 2 kuning telur
- 1 sdm margarine/butter
- kurang lebih 100 ml air es
- 125 gr korsvet
- 1/2 sdt garam

Filling :
- pisang raja yang matang sekali (kukus, potong-potong)
- keju, potong-potong
- gula pasir (bisa diganti susu kental manis)

Cara membuat :
  1. Kulit pastry : campur terigu, gula, garam. Aduk rata. Tambahkan kuning telur dan air sambil diulen ringan asal rata. Tambahkan margarin/butter. Aduk sampai kalis. Tidak perlu sampai elastis. Bulatkan. Simpan di kulkas selama sekitar 15 menit.
  2. Keluarkan dari kulkas. Giling membentuk persegi panjang. Isi dengan korsvet 2/3 nya. Tutup dari bagian yang tidak terkena korsvet ke tengah, lalu lipat lagi. Giling lagi. Lipat lagi seperti tadi. Lakukan sampai 4x. Simpan di kulkas lagi selama 15 menit. Kalau adonan mulai terlalu lembek atau susah pada saat dikerjakan, letakkan terlebih dahulu dalam kulkas.
  3. Giling tipis adonan. Potong kotak-kotak. Taburi tengahnya gula pasir atau susu kental manis sedikit. Beri isian pisang yang diselipkan keju di tengahnya. Beri lagi gula sedikit. Lipat seperti amplop hingga tertutup rapat. Olesi kuning telur yang dicampur madu.
  4. Simpan di talam yang di alas kertas roti tanpa dioles margarin. Beri jarak sedikit untuk pastry mengembang. Panggang dengan suhu 180 C sampai mulai kekuningan. Turunkan panas hingga 160 C. Panggang hingga berwarna coklat keemasan.
  5. Angkat. Dinginkan. Siap disajikan.



54 komentar:

  1. salam mba hesti,
    menarik skali mba resepnya. itu pas naruh korsvetnya, berarti langsung ditaroh 250 gram ya mba? ato dibagi 4 mba? (kan nggilingnya 4 kali kan ya)
    trus mba kalo korsvet kan lemak ya mba, itu dari lemak nabati apa hewani mba? kalo boleh tau merk korsvet apa yg ada label halalnya mba? makasii mba hesti buat infonya :D

    BalasHapus
  2. Salam kenal juga mbak Yunita.
    Iya...taruh korsvetnya sekaligus 125 gr. Menutupi 2/3 bagian adonan. Tapi sisakan space sekitar 1 cm dari pinggirannya supaya kalo digiling ngga bocor. Berikut-berikutnya tinggal menggiling dan melipat.

    Kalo korsvet setahuku lemak hewani. Nah saya juga kurang tau merek apa yg halal. Kemarin waktu beli, saya tanya ke penjualnya katanya halal...dia beli dalam kemasan besar lalu dikemas lagi seperempat2 ons...katanya di kemasan besarnya ada tulisan halalnya. Tapi kalo gak yakin gak usah mbak...pake butter aja bisa kok...malah lebih wangi. Kalo resep luar pake butter...

    BalasHapus
  3. Tapi kalo pake butter, butternya didinginkan sebentar di kulkas...biar gak meleber kalo digiling. Pas mau dipake dipotong kotak-kotak kecil pipih....

    BalasHapus
  4. makasih resepnya mbak hesti
    sudah saya praktekkan...hasilnya empuk..makasih...o ya apa resep puff pastry yg ini bisa untuk zupa soup ato lain lg ya?

    BalasHapus
  5. Senangnya kalo berhasil...
    Iya Pritta bisa kok. Justru ini aslinya resep cheese stick puff tapi suka-suka aja mau dimodifikasi apa.

    BalasHapus
  6. waduh...ini molen benar² memanggil saya utk mencobanya. Mudah²an nanti berhasil, numpang nyontek yaaa....

    BalasHapus
  7. Waaaah suatu kehormatan nih dikunjungi Mba Ida. Gut lak ya mbaaak...^^ *gak sabar pingin lihat hasilnya*

    BalasHapus
  8. wah enak nih mbk kek na, pengen nyobain tp di kos kgk ad oven.selain oven kr2 bisa pke ap y? jd laper liatin makanan na.

    BalasHapus
  9. tapi molen na beda dgn sini, klo di pku molen na pisang molen mbk. ini kyk kue pia yah?

    BalasHapus
  10. Gak ada cara lainnya Mbak...emang harus pake oven hehe, kecuali molen goreng, nah baru bisa.

    BalasHapus
  11. owh. nasib dah. msti tunggu pulkam dulu bru bs buat. o y yg di pku, pisang molen na digoreng, pantas z beda yah. Tq y mbak

    BalasHapus
  12. Iya mbak, kalo ini namanya molen Bandung. Kulitnya beda. Berlapis-lapis.
    KAlo mau molen goreng yang biasa klik di sini

    http://hesti-myworkofart.blogspot.com/2011/09/molen-pisang-cokelat.html

    BalasHapus
  13. mba hesti saya mau coba resepnya...tapi pas ngukus pisangnya hasilnya ga bagus..pisangnya keluar dari kulitnya dah gitu jadinya malah kaya lembek...ada tipsnya gak mba supaya hasilnya bagus kaya punya mba hesty...
    makasih ya mba

    BalasHapus
  14. Mbak maksudnya yang keluar dari kulit itu pisangnya waktu dikukus atau pisangnya keluar dari kulit pastrynya waktu dipanggang? Mungkin kelamaan mbak ngukus pisangnya sampai pisangnya mengkerut dan kulitnya terbuka.Jadinya basah dan blenyek...pas dimasukin ke kulit juga gak nempel.

    Dikira kira aja mbak ngukusnya mungkin sekitar 10-15 menit tergantung ukuran pisang. Habis dikukus pisangnya dikupas lalu di hilangin lembabnya pake serbet/tisu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba hesti saya sudah coba buat kemarin...tapi kulit pastrynya saya beli jadi aja hehehe..soalnya gak sabar untuk buat lapisannya :D
      Percobaan pertama kulitnya ketebalan jadi hasilnya g bagus...akhirnya kulitnya saya tipiskan lagi pakai gilingan mie...alhamdulillah jadi...walaupun hasilnya kurang memuaskan :D
      Oh iya, pisangnya saya rebus sesuai ajaran mba hesti, hasilnya bagus...ternyata selama ini saya klo ngukus pisang terlalu lama, makanya hasilnya jadi keluar dari kulitnya..
      Tks alot ya mba..

      -intan-

      Hapus
    2. Alhamdulillah kalo berhasil mbak. Memang pastry nggak bisa pake gilingan mie, karena lebarnya terbatas. Nanti bagian pinggirnya ruwet nggak jelas, hehe. Bisa kalo pake gilingan khusus pastry kayak punya bakery besar yang ukurannya besar ^^

      Hapus
  15. Hi Mba Hesti,

    Kalo kita gak ada Korsvet, bisa ada substitusi lain ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mbak, pake butter beku atau mentega yang sudah didinginkan di kulkas terlebih dahulu. Karena butterr lebih gampang leleh di suhu ruang. Tapi rasanya jelas lebih enak butter. Bisa dicari ressepnya di google yg pake butter itu...

      Hapus
  16. ini bisa pake pastry yg udh jadi ga mbak ?

    BalasHapus
  17. Mbaaa Makasih banget ya...
    hiks hiks sampe terharu, pokoknya resep Mba panduan saya banget
    salam mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama mbak, makasiiiih jugaaa...

      Hapus
  18. mba Hesty pake korsvet merk apa biasanya, mba?
    mohon infonya utk yg korsvet halal, ya...
    mkasih byak infonya, mba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf mbak aku juga ngga tau merknya. Karena tanya penjualnya katanya dia beli kemasan besar ada logo halalnya baru kemudian dia packing kecil kecil 200gr an. Wallahualam mbak bener apa nggak tapi sekarang aku dah nggak pake lagi. Aku ganti dengan butter aja lebih enak dan dijamin halal.

      Hapus
  19. Korsvet itu apa yah? Hiks.. T,T
    by the way.. Im ur big fans mba., masakannyah keren2...hehe..

    BalasHapus
  20. Korsvet itu pastry margarin atau lemak nabati tuk membuat pastry sehingga jadinya nanti berlapis lapis dan renyah. Bentuknya seperti mentega beku. Kalau nggak ada bisa pakai butter tapi ngerjainnya agak susah karena butter cepat meleleh di suhu ruang.

    BalasHapus
  21. mbaa, punya resep molen & cheese roll yang pake butter gak? aku pengen bikin buat anakku (masih balita) dan seperti biasa, aku selalu menghindari bahan2 additif yg kurang familiar...makasih banyak ya mbaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa lihat di sini mbak yg full butter tinggal isiannya aja yg diganti.

      http://hesti-myworkofart.blogspot.com/2012/05/kbb-29-eccles-cake.html

      Hapus
    2. udah liat mbaa....duhh makin pengen bikin, tapi kudu nyiapin lengan tahan banting dulu kalik yaa...hehe. makasih banyak ya mba, selama ini resep2 mba sering ta contek dan banyak meng-inspirasiku. semoga ilmunya barokahhh :)

      Hapus
  22. tepung terigu protein rendah itu apa spt tepung yg utk bt roti? makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan mbak. Untuk bikin roti justru harus protein tinggi biar seratnya bagus. Kalau protein rendah ada merknya roda biru...

      Hapus
    2. oo..begitu.. jd pake tepungnya yg buat utk kue ya, sorry ya mbak klo byk Tanya hehehe, makasih :)

      Hapus
  23. mbaaaak... den ijin share :)

    BalasHapus
  24. Mba, saya sudah bikin ini 2x tapi kok tetap ga bisa berlapis kultnya ya? gimana crnya agar berlapis mb? sy tepungnya pakai yang segitiga biru.. apakah sdh benar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah bener mbak tepungnya. Supaya dapat lapisannya tentu saja proses lipat gilingnya harus berulang kali dan jangan sampai ada korsvetnya yg bocor. Gilingnya jg jangan ketipisan. Prose giling lipatnya bisa dilihat di
      http://hesti-myworkofart.blogspot.com/2011/07/windmill-and-horn-pastry.html

      Hapus
  25. This has me laughing so hard I am crying all over my keyboard. I ran into the other room to fetch my neibour to check it out as well.



    Buy Cakes Online

    BalasHapus
  26. Mba hesty yg manis, saya 3 x coba bikin adonannya tp selalu gagal. Gagalnya di cara buat no. 2. Saya pake butter, tp sewaktu adonannya dilipat dan digiling butternya keluar. Padahal saya gilingnya pelan. Butternya sengaja saya parut n beku. Kasih saya saran bagaimana pemecahannya. Terimakasih.

    BalasHapus
  27. Mba hesty yg manis, saya 3 x coba bikin adonannya tp selalu gagal. Gagalnya di cara buat no. 2. Saya pake butter, tp sewaktu adonannya dilipat dan digiling butternya keluar. Padahal saya gilingnya pelan. Butternya sengaja saya parut n beku. Kasih saya saran bagaimana pemecahannya. Terimakasih.

    BalasHapus
  28. Mba hesty yg manis, saya 3 x coba bikin adonannya tp selalu gagal. Gagalnya di cara buat no. 2. Saya pake butter, tp sewaktu adonannya dilipat dan digiling butternya keluar. Padahal saya gilingnya pelan. Butternya sengaja saya parut n beku. Kasih saya saran bagaimana pemecahannya. Terimakasih.

    BalasHapus
  29. Gilingnya perlahan aja mbak, kalau terlalu kuat memang bisa bocor. Biasanya bocor juga terjadi kalau butternya ketebalan di satu sisi. Ketika digiling keras, keluar. Saya nggak pernah parut batternya biar lebih padet mbak. Kalau nggak padet mgkn ketika digiling dia berhamburan dan bocor.

    BalasHapus
  30. alhmdulilah..bgitu kluar dr oven,bgtu cepat hbs...dr smua jenis kue yg pernah sy bikin,bpk nya anak2 paling suka yg ini...tp knp ya,mb..di loyang pas baking kluar minyak lumayan bnyk,jd lama kering nya jd sy akali,sy ambil minyak2 tsb..cpt matang tp klo udh dingin,si kue agak kering..tp tetep enak...apa adonan sy kurang tipis shg bnyak kluar minyak?maturnuwun...

    BalasHapus
  31. Saya jg pernah insiden kayak gitu dulu mbak, sampai sekarang nggak ngerti jg kenapa. Tapi udah gak pernah kejadian lagi mbak...

    BalasHapus
  32. mbak pisangnya apa bisa diganti dengan pisang ambon atau pisang kepok?
    ada tips nda bagaimana caranya supaya kalau pake butter tidak keluar2 butternya.. sudah pernah cb bikin 2x gagal terus soalnya mbak. makasih

    BalasHapus
  33. Kalau mau bisa pisang kepok yang matang sekali mbak...pisang ambonnya takut benyek mbak.

    BalasHapus
  34. mbak setelah dingin kok keras ya..

    BalasHapus
  35. mbak Hesti. sudah aku coba.. waktu masih panas empuk. enak, tp kalo sudah dingin.. alamaaaak kerasnya.. hehehe. oh iya susunya juga pada keluar..padahal sudah rapat. tp pas dibakar mekar dan keluar.. apa perlu direkatkan dgn telur..? mbak.. apa airnya kurang ya.. krn cuma 100 ml.krn waktu di gilas kok keras sekali..?. apa pelu ditambah sampai adonan lemas dan tdk lengket ditangan..? kebetulan aku punya banyak sekali pohon pisang rajanya dan mulaai berbuah... mohon bantuannya ya mbak hesti.. tks..

    BalasHapus
  36. IYa mbak, bisa disesuaikan saja. Mungkin telurnya kecil hingga cairannya kurang. harusnya nggak keras walaupun dingin mbak. Airnya saya tulis 100 kurang lebih mbak. Artuinya kalo kurang bisa ditambah.

    BalasHapus
  37. rini
    mbak hesti, butter apa sama dg room butter? kalo pake tepung cakra gmn? tks

    BalasHapus
  38. salam kenal, apa butter sama dg room buttter? kl pake tepung cakra bs ga? aku punya resep koq adonannya ga pake telur, hasilnya enak jg lo, kpn2 ta nyoba yg pake telur, tks

    BalasHapus
  39. Candra : setahuku sama aja butter sama roombutter...kalau pake tepung cakra jadinya berat teksturnya...
    Memang bisa aja mbak gak pake telur aku jg pernah bikin. Rasa beda tipis tentu saja lebih empuk dan gurih yg pake telur menurutku ^^

    BalasHapus
  40. Suka sekali dengan blog bunda Hesti. Alhamdulillah saya sudah buat pakai resep ini. hasil nya enak karena keluarga pada suka dan cocok pakai resep ini, tp ada yang mau saya tanyakan, apakah dalamnya memang seperti agak agak basah gitu yah ? trus kalau supaya dalamnya itu berwarna kuning seperti bolen kartika sari apakah pakai pewarna kuning? Terima kasih bunda.

    BalasHapus
  41. Iya memang mbak, basah sih tidak tapi lembab karena pisang megandung air. Kalau tidak ingin basah tidak usah dioles kental manis mbak. Jadi pisang raha kukus aja yang udah dilap pake tisu...

    kalau dalamnya kuning saya kurang paham. Apakah karena penggunaan margarin atau kuninh telur yg banyak...

    BalasHapus
  42. selalu tertarik untuk bikin kue atau roti, tapi ujung-ujungnya beli di toko kue terdekat hahaha,,, kalo bikin baju sih hayu...nice blog mba....banyak bgt resepnya

    BalasHapus
  43. Waaaa justru saya dari dulu pengen banget belajar menjahit mbak. Ibuku dulu suka jahit juga...

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails