Kamis, 06 Januari 2011

Bakpao



Hari ini percobaan bikin bakpao. Aku ambil resep kulit dari majalah Sedap. tapi isinya kusesuaikan selera dan persediaan yang ada di rumah. Alhamdulillah berhasil dengan lancar. Tapi masih ada beberapa bentuk yang kurang sempurna. Tapi setidaknya sudah menghilangkan rasa penasaranku tuk mencoba bentuk-bentuk bakpao ini...



Bakpao Mawar isi kacang ijo


Bakpao bulat isi daging


Bakpao bunga isi ayam


Bakpao isi ayam


Bakpao isi cokelat


Bakpao landak isi kacang


Bahan kulit :

- 250 gr terigu protein rendah
- 65 gr tepung tangmien
- 50 gr gula tepung
- 20 gr susu bubuk
- 1/2 sdm ragi instant
- 1/2 sdt baking powder
- 1 putih telur
- 140 ml air es
- 30 gr mentega putih
- 1/2 sdt garam

Bahan isi :
- tumisan ayam
- coklat mieses
- kacang ijo kupas
- kacang tanah sangrai dan gula

Cara membuat :
  1. Campur terigu, tangmien, gula, susu, ragi dan baking powder. Aduk rata.
  2. Masukkan putih telur dam air es sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis.
  3. Tambahkan mentega putih dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan 30 menit.
  4. Kempiskan adonan. Timbang 25 gr. Bulatkan. Diamkan 10 menit.
  5. Pipihkan adonan beri isi, bentuk sesuai selera. Beri alas kertas roti. Diamkan 30 menit sampai mengembang.
  6. Kukus 10 menit di atas api sedang sampai matang.

14 komentar:

Anonim mengatakan...

hesti
kok aku bc resep bakpao yg lain gak pk telur
hesti pernah cb ga yg ga pk tlr
enak ga
texturnya lembut yg mana yaa?
from cc

Hesti HH. mengatakan...

Jelas lembut yang pake telur karena ada tambahan emulsifiernya mbak tapi gak jauh beda. Beda tipis aja. Sayangnya kalau pake telur utuh/kuning telur bakpaonya jadi warna kekuningan juga ^^

luviana mengatakan...

tepung tangmien itu apa ya mbak?? bisa diganti tepung lainnya kah? thanks

Anonim mengatakan...

TEPUNG TANG MIEN MIRIP MAIZENA DAN HARGA NYA AGAK MAHAL

Shyswy Andaki - Kalit mengatakan...

mbak..kalau di tbk tinggal bilang tepung tang mien ya?atau ada nama lainnya?kl gak ada, bisa diganti kah?saya belum pernah beli tepung ini :)

Hesti HH. mengatakan...

iya mba betuk, namanya tangmien. kalau nggak ada bisa pake resep lain di blog ini yang gak pake tangmien. Silahkan cari di label bakpau/mantau

elin luph mengatakan...

Mbak ragi instan apa y?apa kayak fermipan gitu?

Hesti HH. mengatakan...

Iya betul mbak

Betty Ngadiman mengatakan...

mbak, ragi instantnya 1/2 sdm itu kira-kira brp gram?

Hesti HH. mengatakan...

sekitar 5-6 gram mba

Venny Nyoto mengatakan...

Mbak, lebih lembut mana bakpao yang ini atau resep yg Mbak Endang ya??? Makasihh mbak..

Venny Nyoto mengatakan...

Mbak, mau tolong tanya lebih lembut atau lebih enak mana bakpao dengan resep ini atau resep Mbak Endang?? Makasihh Mbak Hestii..

Hesti HH. mengatakan...

Kayaknya lebih lembut punya mba Endang mba...

Zhivana Lethisia Putri mengatakan...

Membuka Usaha BakPao sekarang bisa membuat omset Jutaan loh silahkan klik Bisnis Usaha BakPao Dengan Omset Jutaan Salam Sukses. :)

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails