Jumat, 21 Januari 2011

Empek-empek

Mpek-mpek...siapa yang gak suka...? Rasanya makanan khas Palembang ini favorit semua orang. Hmmmm enyak...enyak... kmrn aku bikin, mumpung ada tenggiri segar. Cuman resepnya agak ribet jelasinnya,...soalnya mostly pake ukuran kira-kira...karena yang ngajarin aku juga pake ilmu kira-kira. Yessi, Mbak Silvi....tetanggaku yang wong Palembang, makasih banyak ilmunya ya. Walaupun masih jauh dari sempurna bentuknya...tapi rasanya bolehlah...


Dari satu resep ini aku bikin empek-empek lenjer, kapal selam, kulit, dan adaan. Untuk empek-empek kapal selam tinggal ditambah telur tuk isian. Untuk empek-empek kulit tinggal menambahkan cincangan kulit ikan tenggiri lalu beri merica sedikit. Untuk adaan aku tambahkan sedikit soda kue, daun bawang dan bawang merah iris. Jadi karena takarannya pake kira-kira maaf ya kalo nggak pas...

Bahan :
- 1 kg ikan tenggiri
- 500 tepung sagu
- 3 siung bawang putih
- garam secukupnya
- penyedap rasa secukupnya (aku gak pake, diganti gula sdkt)
- 2 sdm minyak
- air es secukupnya

Kuah cuko :
- gula merah
- air asam
- cabe rawit
- ebi (cuci, sangrai, haluskan)
- bawang putih
- cuka/air jeruk nipis
- garam
- tongcai

Cara membuat :
  1. Buang tulang ikan tenggiri, sisihkan kulitnya. Haluskan ikan menggunakan gilingan atau food processor.
  2. Tuang ikan dalam wadah. Padatkan. Tambahkan air es sebanyak volume ikan dalam wadah tadi. Beri bumbu halus (bawang putih, garam, gula). Aduk rata.
  3. Tambahkan tepung sagu. Aduk sampai menjadi adonan yang lembek. Tambahkan minya sekitar 2 sdm. Aduk rata.
  4. Didihkan air di panci. Siapkan tepung sagu untuk ditaburkan di tangan agar pada saat membentuk, tangan tidak melengket.
  5. Bentuk sesuai selera.
  6. Rebus dalam air mendidih sampai mengapung beberapa saat. Tiriskan.
  7. Kuah Cuko : masak gula merah bersama air sampai mendidih. Saring. Tambahkan air asam, tongcai dan bumbu halus (cabe, garam, ebi, bawang putih). Aduk rata sampai mendidih. tambahkan sedikit cuka atau air jeruk nipis.
  8. Penyajian : goreng empek-empek dalam minyak panas sedang asal kuning. Potong-potong. Siram dengan kuah cuko dan potongan ketimun.

10 komentar:

Lastry mengatakan...

kak aQ mau nanya. klau kuah cukonya mesti yach pake tongcai ? atau ada yg lain ng sbgai pengganti tongcai? maksih sebelumnya :)

Hesti HH. mengatakan...

Nggak masalah mbak. Tongcai bukan syarat sahnya bikin mpek mpek ^^
Di tempatku jg susah dapat tongcai dan seringnya aku bikin gak pake tongcai.

Febryani Chourmain mengatakan...

Halo mba. Aku mau tanya utk cuko nya pakai gula apa ya kok bs item seperti yg dijual. Aku buat pakai gula merah juga tp ga item jadinya. Kira2 kenapa ya?

trus utk resep pempek. Kadang ada yg pakai perbandingan ikan dan tepu g 1:1. Kira2 kalo pakao resep mba inj lembek ala ga ya ?

Hesti HH. mengatakan...

Gula aren bisa, gula kelapa juga bisa. Kalau di tempatku memang gulanya gelap gelap mbak, mungkin beda proses buatnya mbak...

Kalau lembek memang lembek adonannya mbak tapi nanti bikinnya tangannya dikasih tepung biar gak lengket. kalau dari awal tepunya dah banyak hasilnya kurang tarasa ikan dan lebih alot mbak...

manis mengatakan...

Halo mba, mau tanya itu sagunya yg 500gram apa dipakai semua untuk adonan ikan atau disisihkan sebagian buat taburan di tangan. Trus airnya sebanyak wadah ikan tadi dituang semua atau kira2 saja. Mksh

manis mengatakan...

Halo mb. Mau tanya apa airnya sebanyak wadah ikan itu dituang smua? Trus sagunya 500 gram dipakai smua atau disisihkan sebagian buat taburan di tangan

manis mengatakan...

Halo mba. Mau tanya airnya sebanyak wadah ikan dituang semua atau kira2 saja. Trus sagunya dipakai semua atau disisihkan sebagian buat taburan ditangan

manis mengatakan...

Halo mb. Mau tanya apa airnya sebanyak wadah ikan itu dituang smua? Trus sagunya 500 gram dipakai smua atau disisihkan sebagian buat taburan di tangan

Alisa Boomby mengatakan...

Kalo untuk pempek kulit gimana cara bikinnya.. biasanya aku di buang kulitnya padahal ikannya 1 ekor. Sayang jadinya hehe..

Hesti HH. mengatakan...

@Manis : iya mba dipakai semua sagunya. Yang buat taburan lain lagi.

@Alisa Boomby : kulitnya dipotong potong kecil mba atau diblender kalau bisa. Lalu seperti biasa dicampurkan ke dalam adonan. Adonannya adonan mpek mpek biasa cuman ditambah kulit sama sedikit merica.

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails