Senin, 31 Oktober 2011

Pastel Mini isi Abon

Pastel Mini isi Abon (chicken floss puff)




Waktu cuti kemarin aku sempatkan tuk beli abon di mall Makassar. Soalnya di tempatku jarang ada dan anakku yang bungsu suka sekali. Selain tuk teman makan nasi, isian roti ternyata bisa juga dibuat camilan gurih seperti pastel mini ini. Rasanya enak...apalagi aku pake abon ayam pedas jadi ada tendangan pedasnya sedikit. Yuuuk dicoba resepnya...super gampilll kok...aku bikin dalam sejam lebih udah selesai. Dengan catatan...peluh bercucuran karena kepanasan di dekat penggorengan, hahaha....

Resep aku lihat di kabarinews.com. Dengan sedikit sekali modifikasi.

Bahan kulit :
- 250 gr tepung terigu
- 1 butir telur ayam
- 50 gr margarin, lelehkan hingga mendidih
- 75 ml air (kurang lebih)
- garam secukupnya
- minyak untuk menggoreng

Bahan isi :
- abon ayam
Cara membuat :
  1. Campur terigu, garam. Aduk rata. Masukkan telur. Aduk asal rata.
  2. Tuang margarin panas lalu aduk menggunakan sendok. Adonan tidak akan licin tapi tidak apa-apa.
  3. Masukkan air sedikit-sedikit lalu aduk adonan menggunakan tangan hingga adonan menjadi gumpalan. Tidak perlu sampai kalis dan licin.
  4. Giling dengan gilingan mie mulai dari ketebalan yang paling tebal (kalo mesinku no 7) sambil sesekali ditaburi tepung agar tidak lengket.
  5. Lanjutkan menggiling hingga tipis (mesinku no 4). Cetak bulat kecil menggunakan cutter.
  6. Isi abon, lipat dua lalu pilin seperti pastel lalu letakkan dalam loyang bertabur terigu. Lakukan semua hingga adonan habis.
  7. Goreng dalam minyak panas sedang sampai garing. Angkat lalu tiriskan.
  8. Setelah dingin, simpan dalam wadah kedap udara.

Minggu, 30 Oktober 2011

Tamarella Smoothie

Tamarella Smoothie


Aku baru tau ternyata ada perbedaan mendasar antara juice dan smoothie. Kalo juice diambil airnya dengan cara diperas menggunakan alat pemeras jus atau extractor sedangkan smoothie menggunakan blender sehingga sari beserta pulp dan seratnya bisa ikut disajikan. Smoothie juga bisa disajikan dengan tambahan protein seperti susu atau yogurt dan lain-lain sehingga nilai gizinya lebih lengkap dan bisa lumayan mengenyangkan. Lebih lengkapnya bisa dilihat di sini.

Nah berhubung di tempatku lagi musim buah tamarella alias terung belanda...kali ini aku mau bikin smoothie aja. Bahan tambahannya simpel aja, cukup dengan menambahkan susu kental manis secukupnya, es batu, dan air secukupnya maka jadilah smoothie ala aku....

Suami suka sekali. Katanya rasanya perpaduan antara jambu klutuk dan tomat...syegeeer deh pokoknya. Tentu saja juga kaya akan vitamin sehingga menyehatkan.

Sabtu, 29 Oktober 2011

Paris Brest

Paris Brest

Paris Brest

Paris brest adalah semacam kue sus yang dibuat melingkar dan berlubang tengahnya. Mirip donat gitu deh. Cerita awalnya munculnya nama paris brest ini adalah pada acara balap sepeda di tahun 1981 yang menempuh rute Paris-Brest-Paris. Para chef Prancis ikut meramaikan acara ini dengan membuat choux pastry yang berbentuk bulat seperti roda sepeda (source:Wikipedia). Nah inilah awal populernya paris brest ini. Seru kan ceritanya...ternyata banyak kue kue dari luar negeri yang dilatarbelakangi oleh kisah nyata. Seperti juga Pavlova yang dibuat untuk menghormati penari Balet Rusia yang datang ke NewZealand...??? kok jadi lari ke Pavlova...yah balik lagi ke paris brest...

Aku membuat ukuran sedang aja biar enak makannya. Ke dalamnya aku tambahkan selai strawberry yang aku masak dengan potongan-potongan strawberry dan atasnya ditabur gula icing. Special request from hubby...tambahin saus cokelat yang banyak ya...

Resep tetep pake resep susku laaahhh...sebenarnya untuk fillingnya menggunakan pastry cream yang dicampur pralin paste dan chantily cream. Tapi biar gak terlalu ribet aku bikin yang simpel aja. Aku campur vla vanilla dengan whip cream. Dijamin tetep enak kok. Apalagi dengan tambahan strawbwrry dan cokelat di atasnya. Kata hubby...manteeeeeepppphhh!!

Paris Brest

Kamis, 27 Oktober 2011

Chili Crab

Chili Crab

Chili Crab


Alhamdulillah...udah balik lagi ke Sorowako. Rabu kemarin tiba dari Makassar. Sekarang balik lagi ke dapurku tertjintah....hahaha

Hari ini aku bikin chili crab tuk disetorkan ke acara milis 'Chinese Food Week'. Untuk kepiting biasanya aku bikin kari or sup aja. Tapi demi meramekan ajang CFW ini aku cari resep lain yang lebih menarik dan tentu saja lebih sedaaaaap....

Awalnya sajian ini populer di Singapura pada tahun 1950. Orang yang menciptakan resep ini adalah chef dari Singapura yang bernama Cher Yam Tian dan suaminya Lim Choon Ngee. Namun sekarang hidangan ini sudah populer di restoran-restoran Malaysia dan Singapura(source:Wikipedia). Kalo di Indonesia mungkin agak mirip dengan hidangan kepiting saus Padang...

Resepnya aku modifikasi dari Rasa Malaysia. Fotonya menggiurkan...sampe aku juga tergoda tuk membuatnya. Ternyata emang nggak salah...chili crab ini nikmat sekali disajikan hangat-hangat dengan roti mantou. Mantounya aku bikin sendiri menggunakan resepku terdahulu.


Chili Crab


Bahan :

- 2 ekor kepiting ukuran besar, cuci bersih potong dan retakkan kulitnya agar bumbu meresap
- 5 sdm saos tomat
- 5 sdm saus lombok (aku pake ABC+sambal bangkok)
- 1 sdm saus tiram
- 1/2 sdt air jeruk nipis
- 1 cup air
- 1 1/2 sdm tepung maizena + 2 sdm air (aduk rata)
- 1 butir telur, kocok lepas

Bumbu halus :
- 4 buah cabe merah besar
- 3 siung bawang putih
- 1 ruas jahe
- garam secukupnya
- gula secukupnya

Cara membuat :
  1. Tumis bumbu halus bersama minyak goreng sampai wangi.
  2. Tambahkan saus tomat, saos lombok, dan saus tiram. Aduk rata. Masak sampai mendidih.
  3. Turunkan kepiting. Aduk rata. Tambahkan air dan masak sampai bumbu meresap.
  4. Angkat kepitingnya dan sisihkan. Ke dalam tumisan saus tambahkan larutan maizena. Aduk rata. Kecilkan api. Masukkan kocokan telur lalu aduk cepat sampai berserabut.
  5. Masukkan kembali kepiting ke dalam saosnya. Masak lagi sampai bumbu meresap dan kepiting tertutup dengan saos. Tambahkan air jeruk nipis. Aduk rata lalu matikan api.
  6. Sajikan hangat dengan roti mantou dan taburan daun ketumbar atau kucai.

Jumat, 21 Oktober 2011

Mini Apple & Strawberry Pie

Apple Mini Pie

Apple Mini Pie


Hari ini adalah 'bakingan'ku yang terakhir. Besok aku berangkat ke Makassar tuk beberapa hari. Anak-anak baru selesai mid-semesteran. Walaupun nggak ada libur, kami meliburkan diri sendiri...hehe. Refreshing sejenak sekalian shopppppiiinggg !! Jadi off dulu bikin kue and masak-masaknya...and see u guys next week, insyaAllah...

Tuk resep apple mini pie bisa lihat di sini. Aku bikin sedikit juga strawberry pie tuk ngabisin stok selai strawberry home-madeku yang bersisa di kulkas.


Strawberry Mini Pie

Strawberry Mini Pie


Strawberry Mini Pie





Sabtu, 15 Oktober 2011

Brownies Cappucino

Brownies Cappucino


Kangen bikin brownies lagi. Udah lama nggak bikin...seperti biasa aku bikin brownies favorit hubby, Brownies Cappucino dengan tambahan kacang mede dan kenari yang banyak. Enaaaak deh. Rich and nutty...!


Resepnya di bawah ini ...

Bahan :
- 200 gr butter
- 200 gr dark cooking chocolate
- 4 butir telur
- 1 1/2 bungkus cappucino instan bubuk (aku pake Nescafe original 3 in 1)
- 275 gr gula pasir
- 1/2 sdt vanili bubuk
- 170 gr terigu protein sedang
- 30 gr coklat bubuk
- 150 gr kenari dan mede sangrai, cincang

Cara membuat :
  1. Lelehkan butter bersama milk chocolate dengan api rendah. Aduk sampai lumer, tambahkan cappucino bubuk, aduk rata. Sisihkan.
  2. Kocok telur, gula pasir, dan vanili bubuk asal gula larut.
  3. Masukkan campuran coklat leleh. Aduk rata. Masukkan tepung terigu dan cokelat bubuk yang sudah diayak. Aduk rata.
  4. Masukkan kenari dan mede. Aduk hingga rata.
  5. Tuang dalam loyang brownies 24x24 cm bersemir margarin dan dialasi kertas roti.
  6. Panggang dalam oven 180 C atau 350 F selama kurang lebih 25 menit atau sampai tusuk gigi dimasukkan sudah tidak basah lagi. Tapi jangan sampai overcook karena menghasilkan brownies yang kering dan tidak moist.
  7. Angkat, dinginkan. Tabur gula untuk dusting.

Kamis, 13 Oktober 2011

Jamie Oliver's Pumpkin Tart

Jamie Oliver's Pumpkin Tart


Dua hari yang lalu aku beli labu kuning di pasar. Niatku sih mau dibikin kue...tapi kue apa belum tau juga. Rencananya mau cari resep enak di internet. Tapi pas kemarin baca majalah 'Feel Good Food' edisi autumn 2010 langsung melongo lihat pumpkin tartnya Jamie Oliver. Katanya, pertama kali dia makan di sebuah restoran kecil di Perancis dia tergoda dengan kelezatannya dessertnya. Labunya yang dimasak bersama gula dan susu membuat hasil akhirnya lembut dengan tekstur seperti creme caramel. Akhirnya ketika pulang ke Inggris dia mencoba membuat dengan versinya sendiri yaitu dengan menambahkan kulit pie di dasarnya.

Yuuuuuk kita bikin juga....!!


Jamie Oliver's Pumpkin Tart


Aku membuat pumpkin tart ini dalam loyang pie mini. Hmmmm...ternyata labu enaaaaak juga yaaa...resepnya di bawah ini ya :

Source : Jamie Oliver's Pumpkin Tart
from 'Feel Good Food Magazine' Autumn Edition

Bahan kulit pie :

- 250 gr tepung terigu protein sedang
- 125 gr mentega, dinginkan lalu potong kotak kecil
- 50 gr gula halus
- 1 butir telur
- 1/4 sdt garam
- susu dingin secukupnya (1-2 sdm)
- olive oil untuk olesan loyang (aku pake margarin)

Bahan Filling :
- 500 gr labu kuning, kupas buang biji dan potong kotak kecil
- 500 ml full fat milk (aku pake separuh susu dan separuh krim kental)
- 200 gr gula pasir
- 1 vanila pod, belah lalu keruk isinya
- 2 butir telur

Cara membuat :
  1. Kulit: campur terigu, gula halus, garam lalu aduk rata. Tuang ke dalam food processor. Masukkan mentega dingin. Nyalakan food processor beberapa detik sampai membentuk remah.
  2. Tuang telur dan satu sdm susu dingin. Proses lagi sebentar saja sampai adonan menggumpal. Keluarkan. Bungkus cling wrap dan dinginkan 30 menit dalam kulkas.
  3. Keluarkan, giling tipis pipih lalu cetak ke dalam loyang pie diameter 25 cm (aku pake loyang kecil).
  4. Tusuk-tusuk garpu, tutup dengan cling wrap lalu simpan di kulkas selama 30 menit. Panaskan oven 180 C atau 350 F.
  5. Sementara itu, masukkan susu cair, labu, gula dan vanila bersama podnya ke dalam panci. Masak dengan api sedang sambil diaduk terus agar susu tidak pecah. Pada saat susu akan mendidih segera turunkan api menjadi kecil dan masak selama 15 menit sambil sekali-kali diaduk. Pasang tutup pancinya sedikit terbuka lalu lanjutkan memasak lagi selama 15 menit atau sampai labu benar-benar matang dan lunak. Buang kulit vanillanya.
  6. Setelah hilang uap panasnya, blender adonan filling sampai lembut. Tutup dengan cling wrap agar permukaannya tidak mengeras.
  7. Sementara menunggu adonan filling menjadi dingin, siapkan adonan kulit.
  8. Letakkan kertas roti/minyak di permukaan pie lalu isi biji-bijian sebagai pemberat (blind bake). Panggang selama 10 menit sampai setengah matang. Lepas pemberatnya lalu panggang lagi selama 5 menit. Angkat dan biarkan dingin.
  9. Turunkan panas oven jadi 160 C atau 325 F.
  10. Kocok lepas 2 butir telur lalu tuang ke atas adonan filling yang sudah dingin tadi. Aduk rata menggunakan whisk. Tambahkan krim kental (kalo pake) aduk rata.
  11. Tuang ke atas kulit pie lalu panggang selama kurang lebih 30 menit atau sampai adonan filling sudah mengeras di bagian pinggirnya dan masih agak lembek di tengahnya.
  12. Sajikan dengan whipped cream.

Rabu, 12 Oktober 2011

Lapis India Pandan


Lapis India Pandan


Jangan bosan ya postinganku tentang lapis India lagi. Karena kemarin sukses dengan yang versi original alias pake gula merah dan udah lenyap masuk perut semuanya, hari ini aku coba lagi yang rasa pandan. Penasaran gimana rasanya...membayangkan wangi pandannya, hmmmm...

Ternyata goyang Indianya nggak terlalu heboh. Gelombangnya agak malu-malu...hehehe. Kalo soal rasa menurutku enakan yang kemarin. Gula merah lebih meminimalisir bau telurnya. Menurutku lhooo...di bawah ini aku bikin setengah resep dari lapis india gula merah ya...jadi aku pake cetakan brownies. Adonannya pas banget,...gak bersisa.


Bahan :
- 300 ml santan kanil (dari 1 butir kelapa)
- 300 air pandan (dari 5 lembar daun pandan)
- 175 gr gula pasir
- 1 bungkus tepung hunkwe warna putih
- 1/2 kaleng susu kental manis
- 4 butir telur, kocok lepas
- 1/2 sdt garam
- 1/2 sdt vanili bubuk


Cara membuat :
  1. Panaskan dandang dengan api tinggi.
  2. Olesi loyang dengan minyak goreng dan lapisi ( dasar dan sisi loyang ) dengan plastik tahan panas
  3. Kocok lepas telur dan gula. Masukkan santan, air pandan, aduk rata. Tambahkan hunkwe, susu kental manis, vanili dan garam, aduk rata menggunakan whisk. Saring.
  4. Masukkan loyang ke dalam dandang. Biarkan loyang panas.
  5. Tuang adonan ke loyang 1 sendok sayur besar ( kurleb 100 ml ), tutup.
  6. Setelah lima menit, apabila lapisan sudah keras, tuang adonan berikutnya perlahan dari sisi loyang. Sebelum menuang adonan harus diaduk dulu agar tepungnya tidak mengendap di bawah.
  7. Demikian lakukan hingga habis.
  8. Setelah lapis terakhir dituang, kukus selama 15 menit.
  9. Buka tutup dandang, hilangkan uap panasnya. Simpan dalam lemari pendingin.
  10. Potong-potong. Lapis india siap disajikan.

Lapis India



Lapis India


Gara-gara lihat postingan di milis tentang kue lapis aku jadi tergoda juga tuk mencoba. Waktu itu yang dibahas adalah lapis hula-hula. Aku jadi teringat kue lapis yang biasa mamaku buat...lapis india. Kenapa disebut lapis india padahal jelas-jelas bukan dari India ??? aku juga nggak ngerti tapi kayaknya dari bentuknya yang berlapis dan bergelombang seperti penari India *nyambung nggak ya ?* yang uniknya lagi adonan ini cuman satu aja tapi hasil akhirnya jadinya 2 warna. Kayaknya bagian yang kental turun ke bawah dan yang encernya naik ke atas menghasilkan kue lapis 2 warna. Ingat kayak bikin puding santan gula merah....

Aku belum pernah bikin kue ini. Aku tanya mamaku resepnya udah nggak tau kemana. Takarannya pake kira-kira. Waaaah gawat nih...kalo tuk pembuatan perdana harus tepat ukurannya karena takut gak jadi. Yang jelas kata mama bahannya pake tepung hunkwe, telur, gula merah, susu kental manis, dan santan. Bahannya udah...lha ukurannya gimana????
puciiiiiing ....


Aku googling cari resep ini cuman ketemu satu resep yang mendekati. Yang lainnya resep Malaysia bernama lapis india tapi bahannya sama sekali beda. Jadi aku pake aja resepnya Ummu Musasyi dengan sedikit modifikasi.


Yeeeeeeeyyy...alhamdulillah berhasil. Senangnya bukan main...secara ini adalah lapis india perdanaku lho...langsung deh laporan sama mama. Mama takjub juga. Katanya hebat deh kalo berhasil karena kue ini membutuhkan kesabaran dalam mengukusnya. Yaaaaa mirip-mirip kayak lapis biasa. Aku kan udah pernah bikin lapis kanji jadi harusnya ini nggak susah-susah amat dong.

Nah...resepnya di bawah ini ya. Aku ambil dari Cozy Kitchennya Ummu Musasyi. Makasih ya Ummi resepnya....

Bahan :
- 600 ml santan kanil
- 300 gr gula merah, masak dengan 600 ml air dan daun pandan, saring
- 2 bungkus tepung hunkwe warna putih
- 1/2 kaleng susu kental manis
- 8 butir telur, kocok lepas
- 1/2 sdt garam


Cara membuat :
  1. Panaskan dandang dengan api tinggi.
  2. Olesi loyang dengan minyak goreng dan lapisi ( dasar dan sisi loyang ) dengan plastik tahan panas
  3. Kocok lepas telur, masukkan santan, aduk rata. Tambahkan hunkwe, susu kental manis, gula merah cair dan garam, aduk rata menggunakan whisk. Saring.
  4. Masukkan loyang ke dalam dandang. Biarkan loyang panas.
  5. Tuang adonan ke loyang 1 sendok sayur besar ( kurleb 100 ml ), tutup.
  6. Setelah lima menit, apabila lapisan sudah keras, tuang adonan berikutnya perlahan dari sisi loyang. Sebelum menuang adonan harus diaduk dulu agar tepungnya tidak mengendap di bawah.
  7. Demikian lakukan hingga habis.
  8. Setelah lapis terakhir dituang, kukus selama 15 menit.
  9. Buka tutup dandang, hilangkan uap panasnya. Simpan dalam lemari pendingin.
  10. Potong-potong. Lapis india siap disajikan.

Senin, 10 Oktober 2011

Apple Muffin with Cinnamon Streusel

Apple Muffin



Aku nggak tau apakah kue ini cocok dinamakan muffin. Soalnya cara pembuatannya agak sedikit beda dengan muffin yang biasa. Teksturnya juga beda...nggak sepadat muffin tapi juga nggak seringan sponge...lembutnya lebih seperti butter cake. Agak moist karena menggunakan apel parut. Tapi yang kasih aku resep memang bilang ini namanya muffin. Yah wes lah...nggak masalah namanya. Pokoknya enaaaak deh...makasih Mbak Fitri udah sharing resepnya yaaaa...

Bahan A (ayak jadi satu, sisihkan) :

- 250 gr tepung terigu
- 1 sdt baking powder
- 1/2 sdt baking soda
- 1/2 sdt garam
- 1 sdt bubuk kayu manis

Bahan B (kocok sampe lembut) :
- 115 gr butter
- 100 gr gula pasir
- 75 gr gula palem
- 2 butir telur

Bahan C :
- 1/2 sdt vanila
- 150 gr apel parut kasar
- 150 gr apel potong kotak kecil
- 150 gr kismis

Bahan D (campur jadi satu, aduk sampai berbutir) :
- 50 gr gula palem
- 1/2 sdt bubuk kayu manis
- 1 1/2 sdm terigu
- 1 sdm butter

Cara membuat :

  1. Setelah bahan B dikocok sampe lembut, masukkan bahan C. Aduk rata.
  2. Masukkan bahan A. Aduk perlahan sampai rata.
  3. Tuang ke dalam loyang muffin yang sudah diberi paper cup. Isikan sampai 3/4 tinggi loyang . Taburkan dengan bahan D.
  4. Oven selama 20-25 menit dengan panas api 350 F sampai matang atau bila ditusuk lidi adonan sudah tidak lengket.

Bola Pisang Goreng

Banana Fried Balls

Ini salah satu snack yang biasa dibuat mamaku...kalo di tempatku namanya kambing-kambing pisang *hhhhaaah kok aneh banget namanya* hehehe...

Sebenarnya sama aja kayak pisang goreng biasa tapi bedanya...yang ini pisangnya dihaluskan lalu dicampur dengan adonan tepung. Nah aku pake resep Mbak Retno (makasih ya mbaaaak) karena udah ada ukurannya yang pas...cuman aku modifikasi dengan tambahan telur dan pisangnya dihaluskan pake garpu.

Bahan :
- 6 buah pisang raja yang besar, lumatkan dengan garpu
- 250 gr tepung terigu
- 200 ml susu cair
- 1 butir telur
- 1/2 sdt garam
- 3 sdm gula pasir
- 1 sdt baking powder

Cara membuat :
  1. Campur terigu, baking powder, garam, dan gula. Adu rata.
  2. TUang campuran susu dan telur, aduk sampai rata. MAsukkan pisang lumat. Aduk rata.
  3. Goreng dalam minyak panas sedang sampai matang.
  4. Sajikan dengan taburan gula donat.

Brokus Keju Pak Sahak


Sudah dua kali bikin brokus ini. Yang pertama sukses bantatnya...yang sekarang agak-agak bantat. Kenapa ya??? bingung salahnya di mana? Tapi aku tetap posting aja siapa tau ada kritik dan saran dari teman-teman yang udah sukses...

Kalo soal rasa sih nggak diragukan...enak dan ngeju walaupun nggak pake taburan keju. Tapi aku berharap teksturnya lebih light... kalo hasil hari ini, lembut di bagian bawah tapi agak dense di bagian atas. Jadi kesimpulannyaaaa...belum puas!!

Resep aku lihat dari Blognya Mbak Anne "Ambrosia" yang originalnya punya Pak Sahak Pribadi. Makasih ya Mbak Anne udah sharing!

Jumat, 07 Oktober 2011

Fruit Choux (Sus Vla Buah)


Sus lagiiiiiii...jangan bosan ya teman, soalnya anak-anak-anak lagi demam kue sus. Resep sama dengan yang sudah-sudah. Cuman kali ini aku isi dengan vla dan hiasan buah segar serta diberi jelly buah. Bentuknya cantik kan??? Bentuk bunga dan bulat. Penampakannya aku dapat belajar dari Mbak Esther Fieling Wahyu...temanku yang hanya ketemu lewat dunia maya alias FB...makasih ya mbak sharing ilmunya. Walaupun punyaku nggak secantik punya mbak Esther...yaah lumayanlah tuk pemula *bikin sendiri, muji sendiri...qiqiqi*



Kalo yang ini cara bikin kulitnya dispuit (polos kecil) di dalam cetakan muffin. Di sisi-sisi dan dasarnnya. Nggak usah terlalu penuh karena pas matang dia mengembang sendiri.



Kalo yang di atas aku menggunakan spuit bintang yang di spuit satu persatu di tiap lekukan dari atas sampai ke dasar menggunakan cetakan pie mini yang agak besar.

Prol Tape Keju

IMG_1328

Aku termasuk pecinta tape singkong. Di kulkasku jarang nggak ada tape. Soalnya selain memang suka...katanya tape itu membantu memperlancar pencernaan. Naaah...karena di kulkasku masih ada tape, segera kuberdayakan lagi menjadi
prol tape. Dulu aku dah pernah bikin, tapi cairannya dari santan dan ada almondnya. Kali ini aku bikin yang simpel aja dengan menggunakan susu cair. Rasanya lebih enak dan light dibanding yang menggunakan santan. Ke atasnya aku tambahkan parutan keju. Enaaaaaak pokoe...


Bahan :
- 300 tape singkong, haluskan
- 75 gr gula pasir
- 1/2 sdt garam
- 3 butir telur, kocok lepas
- 70 gr tepung protein sedang
- 100 ml susu cair
- 50 gr margarin, lelehkan
- 1 kuning telur untuk olesan
- 1/8 sdt essens almond (aku gak pake)
- keju parut secukupnya untuk taburan

Cara membuat :
  1. Remas-remas tape singkong, gula pasir, dan garam sampai gula larut. Masukkan telur. Aduk rata.
  2. Tambahkan tepung terigu. Aduk rata. Masukkan susu dan margarin leleh serta essens almond (kalo pake). Aduk rata.
  3. Tuang di loyang 18x18x4 cm (aku pake yang 20 jadi agak tipis hasilnya) yang dioles margarin dan dialas kertas roti.
  4. Oven 20 menit dengan suhu 180 C. Oles kuning telur. Taburi keju parut.
  5. Panggang lagi selama kurang lebih 30 menit sampai matang.
  6. Sajikan dalam bentuk potongan.

Eclair

Eclair ini resepnya sama persis dengan resep susku. Atasnya aja diberi cokelat ganache. Cuman karena kelamaan panasin krimnya sampe mendidih deh, jadi pas aku turunkan cokelatnya udah nggak mulus and licin lagi. Lihat aja modelnya...nggak kinclong!!


IMG_1348-horz

Durian Puff


Sus ini sama aja dengan sus yang sering aku bikin. Isinya aja yang spesial karena aku beri filling durian segar+whipped cream. Masih ada sisa dari bikin pancake durian kemarin. Hmmm enaaaak....^^

Kamis, 06 Oktober 2011

Durian Pancake


Penasaran dengan rasa dessert yang satu ini. Sering baca majalah dan review teman-teman milis tentang kelezatannya. Sayang aku tinggal jauh dari kota, apalagi Jakarta. Kapan ya bisa wisata kuliner...to eat listku udah bejibun...hehehe.

Namanya durian pancake ala 'Honeymoon Desserts'...tapi kenapa dibilang pancake ya padahal bentuknya kayak crepe. Binguunngggg... . Tapi gak papalah...berhubung resep aslinya judulnya ini yaaa ikut aja deh.



Setelah aku coba ternyata beneran enak. Aku bukan termasuk penyuka durian segar...sukanya kalo sudah diolah dalam kue atau dijadikan selai...tapi ternyata dessert ini nggak bikin blenger karena separuh isinya adalah whipped cream yang cenderung tidak terlalu manis. Berikut adalah resep yang aku ambil dari milis NCC.




Resep Kulit by Fatmah Bahalwan

Resep Isi by Nia Kurniasih

Bahan kulit :

- 250 gr tepung terigu
- 3 btr telur
- 500 ml santan (Nia pakai santan instant dicampur air)
- 1/2 sdt garam

Bahan filling :
- Whipped Cream Non Dairy
- daging durian

Cara membuat :

  1. Kulit : Taruh dalam wadah, tepung terigu, garam dan telur, aduk rata sambil dituangi santan sedikit demi sedikit hingga santan habis. Buat dadar tipis-tipis.
  2. Isi : Kocok whipped cream hingga kaku, pisahkan daging durian dengan bijinya, haluskan.
  3. Penyelesaian : Ambil satu lembar dadar, letakkan bahan isi ditengahnya, lipat seperti amplop.


Gambar di atas adalah pancake yang aku isi dengan es cream durian home-made. Hmmmm yummiiii!! Sayang gambarnya gelap. Fotonya menjelang magrib sih...

Rabu, 05 Oktober 2011

Cheese Klappertaart


Udah lama pengen coba resep ini. Kalo adonan klappertaart dikasih creamcheese gimana rasanya ya?? maksudku cocok apa nggak ?? Tapi kalo lihat review orang-orang kayaknya sih enak. Jadi aku juga mau bikin aaaah...

Resep ini hasil jalan-jalan ke blognya Mbak Ike Hermawan "Pawon Ike"...makasih ya mbak inspirasinya. Kalo hasil jadinya sih agak beda karena aku langsung potong begitu keluar oven *nggak sabar.com* jadi penampakan punyaku lebih lembut seperti vla. Tapi begitu besoknya aku santap lagi pas keluar dari kulkas...ternyata teksturnya tetap lembut tapi udah rapi kalo dipotong dan ternyata lebih nikmat yang disantap dingin...


Tampang klappertaart sewaktu fresh from the oven (atas) dan setelah keluar dari kulkas (bawah). Udah lumayan lebih padat dan set jadi nggak berhamburan kalo dipotong.



Kalo rasanya siiih ya kayak klappertart...hehe *ya jelaaaas lah* tapi agak gurih. Walaupun rasa kejunya ngga terlalu kuat tapi tetep enaklaaaah...aku rasa kalo orang yang nyobain nggak diberi tahu kalo ini klappertart keju pasti nggak tau deh. Yang ngeju ya karena atasnya ditaburi lagi dengan keju parut...

Bahan A:

- 1000 ml susu segar
- 200 gr gula
- 1 sdt vanili essence (aku pake yang bubuk)
- 1/2 sdt garam
- 100 ml krim kental
- 250 cream cheese
- 200 ml susu segar
- 100 gr maizena (atau 50 gr maizena, 50 gr tepung terigu)
- 100 gr tepung custard

Bahan B :

- 200 gr butter, lelehkan (aku pake 100 gr margarine, 100 gr butter)
- 10 btr kuning telur, kocok sampai tercampur rata saja
- 2-3 buah kelapa muda

Topping :
- sisa putih telur
- 100 gr gula pasir
Kocok putih telur sampai berbusa, turunkan gula dalam 3 tahap sambil terus dikocok sampai kaku.

Taburan :
- kayu manis bubuk secukupnya
- kismis, cerry merah/hijau, almond flakes

Cara membuat :
  1. Campur semua bahan A, kalau perlu saring. Masak dengan api sedang sambil terus diaduk sampai meletup-letup. Angkat.
  2. Masukkan bahan B. Berturut turut. Mulai dari butter/margarine, aduk rata. Masukkan telur, aduk sampai rata dan lembut, terakhir masukkan kelapa muda yang sudah dipisahan dari airnya. Aduk rata.
  3. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah disemir margarin. Oven dengan suhu 160 C selama lebih kurang 30-40 menit dengan cara au bain marie.
  4. Setelah 3/4 matang, keluarkan, dan beri adonan topping, taburi dengan kayu manis lalu parutan keju, almond, kismis dan cerry.
  5. Oven kembali menggunakan api atas sampai kuning kecoklatan, sekitar 10-15 menit.

Senin, 03 Oktober 2011

Es Jeli Kelapa Muda


Kemarin ada acara perpisahan teman. Minuman penutupnya es buah ini. Wuiiiih syegeeer banget dengan kuah yang unik...selidik punya selidik ternyata bahannya simpel sekali. Kelapa muda beserta airnya, jeli (aku pake jeli rasa jambu) yang dimasak bersama agar-agar dan gula lalu diserut seperti kelapa muda, buah longan, nata de coco dan selasih. Untuk kuahnya terdiri dari air kelapa, sirup leci dan susu kental manis Carnation (paling cocok dengan susu merk ini). Cara buatnya ya dicampur semua bahan, cicip sesuai selera lalu beri es batu. Waaah dijamin pasti suka!


Sabtu, 01 Oktober 2011

Cake Apel Susun dengan Selai Nanas


Resep ini udah lama aku simpan. Waktu itu aku pinjam buku dari temanku Hilce. Buku ini karya Bara Pattirajawane yang sering bawakan acara Gula-gula itu lho...kalo ngga salah judulnya "Cake serba apel "*udah agak lupa soale nggak tulis sourcenya* . Temanku udah praktek dan hasilnya dishare ke aku...waaa enak sekali. Syeger ada asem-asem dari selai nanasnya. Resep aslinya pake apel hijau. Tapi supaya nggak terlalu asem aku menggunakan apel merah aja...kan selainya udah asem. Enak deh pokoknya...



Bahan :
- 3 buah apel hijau (aku pake yang merah)
- 150 gr mentega
- 150 gr gula pasir
- 3 butir telur
- 150 gr tetrigu
- 1/2 sdt essense vanili (aku pake yang bubuk)
- 1/2 sdt garam
- 1/2 sdm emulsifier

Cara membuat :
  1. Kocok mentega, gula dan emulsifier sampai lembut.
  2. Masukkan telur satu persatu dan vanili sambil terus dikocok hingga adonan mengembang.
  3. Masukkan terigu dan garam yang sudah diayak sambil diaduk rata.
  4. Tuang di loyang 24x24cm. Kupas apel, buang tengahnya, potong tipis dan tata di atas adonan tadi.
  5. Oven 180 C selama 45 menit. Setelah matang, panas-panas olesi selai nanas.

KBB#25 Cheese Scones




Semenjak bergabung dengan Klubku tercinta Klub Berani Baking...barusan kali ini aku berkesempatan ikut memeriahkan ulang tahun KBB yang ke 4. Alhamdulillah senang sekali bisa ikutan gabung di klub ini. Ketemu teman baru, sharing resep dan ide-ide baru, problem solving dalam hal perbakingan, dan yang paling penting adalah...ketar-ketir menanti tantangan selanjutnya...hihihi. Makasih untuk semua temanku di KBB.


IMG_1046

IMG_1035

Kali ini tantangannya adalah membuat scone dengan tema Devonshire Party Tea, sebuah sajian minum teh khas Inggris yang konon berasal dari daerah Devon, dimana scones disajikan bersama clotted cream dan selai.

Sebenarnya pertama kali dapat surtcin agak-agak bingung sih. Secara belum pernah makan dan bikin yang namanya scones ini. Kalo lihat tampangnya dari goggling sana sini...bentuknya sama sekali nggak menarik *peaceee*. Tapi kok sampe jadi teman minum teh dalam budaya di Inggris mesti ada sesuatu yang spesial nih. Penasaran...



Resep yang aku coba adalah resepnya "Daily Delicious" yaitu cheese scones. Karena nggak begitu yakin rasanya bakalan ueeenak aku pilih yang pake keju...karena apa saja yang berkeju biasanya anak-anak suka *takut nggak ada penggemarnya sih* . Setelah aku bikin...lha kok punyaku bentuknya terlalu cantik untuk scone yak? Malah cenderung kayak kue sus bentuknya tapi teksturnya padat dan agak beremah. Rasanya yah lumayan enak *mungkin karena pake keju* apalagi kalo ditambah dengan krim dan selai strawberry...enak juga ternyata sambil minum teh susu...emang cucooookkk ^^...

Original recipenya dari Daily Delicious ya...aku modif dikit aja...

Bahan :
- 40 gr mentega asin, dinginkan, potong dadu
- 275 gr tepung terigu protein sedang
- 1 sdm baking powder
- 75 gr keju cheddar, parut
- 200gr yogurt plain
- 1 butir telur
- 1sdt whole grain mustard (aku skip)
- 1/2 sdt garam
- susu untuk olesan

Cara membuat :
  1. Panaskan oven 220 C. Alasi loyang dengan kertas roti.
  2. Campur susu dan yogurt. Sisihkan.
  3. Masukkan tepung, garam dan baking powder ke dalam food processor lalu proses agar tercampur rata.
  4. Tambahkan keju dan mentega. Proses hingga membentuk remah.
  5. Tuang cairan susu+telur. Proses lagi sampai memmbentuk adonan yang menggumpal.
  6. Pipihkan sedikit di atas meja bertabur tepung. Potong menggunakan cutter bulat.
  7. Tata di atas loyang. Olesi dengan susu cair . Panggang selama 15 menit.
  8. Sajikan hangat dengan selai dan cream atau sesuai selera.


Dan alhamdulillah... lulus ! makasih KBB tuk kesempatannya mencoba resep dan tantangan baru. Happy birthdayyy....
Related Posts with Thumbnails