Wednesday 29 June 2011

Black Bottom Banana Cake


Pisang raja adalah pisang favoritku. Pisang yang matangnya pas enak dibikin apa saja. Bisa dijadikan pisang goreng, molen, muffin, cake, dan kue tradisional. Menurutku tekstur, bau dan rasanya (manis) paling cocok dicampurkan ke dalam adonan kue. Jadi hari ini aku mencoba bikin black bottom banana cake menggunakan pisang raja yang super matang alias yang kulitnya sudah berbintik-bintik hitam.

Dibilang black karena bagian bawahnya ada adonan cokelatnya...lihat tuh di bawah...belum keluar dari oven aja baunya sudaaahhh wangi apalagi pas diangkat keluar oven....mantep deh pokoknya... . Resepnya aku lihat dari Smal small Baker dan From My House dengan sedikit modifikasi.

Bahan :
- 60 g butter
- 50 g margarine
- 75 g gula pasir halus
- 1 butir telur
- 1 buah vanilli pod, keruk isinya
- 300 gr pisang raja yang masak sekali (dihaluskan dan campur 2 sdm air jeruk nipis)
- 180 g terigu protein sedang
- 1 sdt baking powder
- 1 sdt soda kue
- 1/2 sdt garam halus
- 25 g cokelat bubuk (dilarutkan dengan 3 sdm susu cair)
- chocolate chips untuk taburan

Cara membuat :
  1. Kocok mentega, margarine, isi vanilla dan gula sampai mengembang.
  2. Masukkan telur, kocok lagi. Masukkan pisang, aduk sampai rata.
  3. Turunkan bahan tepung, aduk rata.
  4. Bagi 2 adonan sama rata. Yang satu ditambahkan larutan cokelat.
  5. Tuang adonan cokelat ke dalam loyang 20x20x4cm (bisa memakai loyang yang lebih kecil apabila ingin mendapatkan hasil yang lebih tebal). Ratakan. Tuang adonan putih di atasnya, ratakan lagi. Taburi cokelat chips.
  6. Panggang dengan panas oven 175 C selama sekitar 20-25 menit sampai lidi dimasukkan keluar dalam keadaan bersih.


Hasilnya sangat memuaskan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal aku menambahkan air jeruk nipis dan vanilla. Hasilnya memang betul-betul enak...pantasan banyak blogger yang udah praktekkan resep ini.



Karena stok vanilaku masih banyak, setiap ada resep yang menggunakan vanilla essence atau extract vanilla pasti aku ganti dengan vanilla bean kering. Takut rusak sih. Walaupun penjualnya bilang tahan 1 tahun apalagi kalo disimpan dalam wadah gula pasir. Was-was aja...
Untuk pisang raja aku suka pake yang matangnya seperti di bawah ini. Udah bintik-bintik hitam tapi dalamnya masih bagus...

26 comments:

Alice said...

hoaaa... ini dah di waiting list ku for the longest time hehehehe...
nyam nyam ya Hes? pake pisang ambon biasa ato pisang kepok bisa ga? disini pisang raja barang langka hehehehe :)

bunbun said...

bwahahaha,, passss banget ada pisang sudah berbintik.. udah mikir2, mau dijadiin apa enaknya.. hmmm..
kayaknya akan jatuh kesini karena telurnya cuman 1..

:D tfs mbaaaak..

Hesti HH. said...

Mbak Alice :
Iya nyam nyam mbak, apalagi kalo masih hangat sama teh hangat...hmmmm. Kalo nggak ada pisang raja kayaknya mendingan pisang ambon aja mbak daripada kepok...tapi pasti bedalah rasanya...

Bunbun :
Iya Bun, murah meriah dan enaaaaak...

Kris Ngoei said...

This cake is definitely more delicious than the normal chocolate brownie.... love the color and texture, thanks for sharing :-)

Hesti HH. said...

Sure it is Kris. Thanks for dropping by...^.^

pritta said...

mbak,vanilla drop itu apa ya?thx

Hesti HH. said...

vanilla pod/bean itu ialah buah vanilla segar yang sudah dikeringkan. Bisa diganti essence vanila atau vanila bubuk. Karena saya nggak pake essence dan kebetulan ada stock vanilla bean jadi saya pake itu aja...gambarnya yang ketiga dari atas.

Silverlov3 said...

hwaaa mau coba nieh mba.....wah seneng bloging kesini eh laiat ada resep enyak2...masak terus

Hesti HH. said...

Hehe makasih Silverlov3...^^
Semoga aku bisa updated resep terus...

Anonymous said...

mbak, kalo butter & margarinnya dilelehkan aja, trus telur sama gula dikocok dulu, bisa ga ya? soalnya, saya paling muales banget ngocok margarin dengan gula, ga tau ngembangngya yg kayak gimana :).

Fitri

Hesti HH. said...

Ini kayaknya jenis butter cake mbak bukan sponge jadi butter/margarine dikocok dulu dengan gula. Mengembang itu kalo aku sih asal udah lembut alias gulanya udah hancur dan menteganya dah lembut...bisa mengembang kalo udah masuk telornya. Ngga ribet kok...coba aja...

hilda said...

Mba, beli vanila pod dimana ya?

Hesti HH. said...

Beli di sini mbak...

http://organicindonesianvanilla.blogspot.com/2010/06/local-customer-order.html

Vina said...

mbak, izin copas ya.. ke blog saya : http://dapoervina.blogspot.com/2012/10/banana-bread-coklat.html
Makasih mbak Hesti

Unknown said...

selamat pagi mba hesti,, wah saya mampir lagi diblog yg inspiratif ini,hehehe
mba mau Tanya boleh kan...
untuk mengocok margarine mentega dan gula itu mengembangx seperti apa ya mbak? apa seperti klo kita mengocok butter saat buat rich and moist chocolate banana bread nya mba hesti?
soalnya saya dah sukses buat rich and moist chocolate banana breadnya mba hesti yg super enak,,hehe jadi pengen coba resep yg ini juga,, secara kita sepertinya sama mba suka pisang...hihi
Terima kasih sebelumnya mba hesti..

Hesti HH. said...

Silahkan mbak....makasih yaaaa

Hesti HH. said...

Mengembangnya sampai warnanya jadi pucat mbak. Kalau banana bread kan biasanya asal nyampur aja ^^

makasih yaaaa

Anonymous said...

Mba Hesty salam kenal.... duh senengnya nemu resep kue yg ada pisangnya... insyaallah msk waiting list buat dicoba... trims ya mba udah share... really love this blog...

Hesti HH. said...

Salam kenal mamaZeeya, makasih dah mampir jangan lupa dicoba ya resepnya. Ditunggu laporannyaaaa ^^

Organic Indonesian Vanilla Beans said...

Ibu,terimakasih senantiasa mendukung penggunaan vanilla beans alami dengan banyak kreasi resepnya. Salam Vanilla Beans.

Hesti HH. said...

Terima kasih juga Organic Indonesian Vanilla Beans...

Anonymous said...

Mbak Hesti, sdh saya coba. Saya pake 2 loyang uk 20x10x4cm. 1 loyang persis spt resep, sedang 1 loyang tanpa coklat krn mama kurang suka coklat. Dua2nya saya taburi keju parut krn tdk ada stok choco chip. Cake mengembang dg baik. Rasanya enak tapi tekstur agak beremah ya. Apa memang begitu? Kalo tdk, mungkin saya overmixing he..he.. Tapi saya lebih suka resep mbak "Banana Bread" yg pake susu cair dan kismis. Terima kasih.
Sisca - Surabaya

Hesti HH. said...

Benar mba sama selera kita. Ini memang agak beremah karena pakai baking soda dan baking powder yg lumayan banyak.

Unknown said...

mba hesti, udah paling favorite kalo bikin apa2 pasti saya liat blog nya mba hehe.
mau tanya kalo di kukus kira2 akan menjadi moist ga ya tekstur nya? kalo saya pengen tekstur nya moist apa perlu dikurangin baking soda dan baking powder nya mba?
bisa dijelaskan mba untuk fungi baking soda dan baking powder dlm pembuatan kue itu apa aja ya masing2nya? ^^ makasih mba.

Hesti HH. said...

Alhamdulillah mba, senang bisa ikut mengispirasi teman teman buta masuk dapur. Kalau cake kukus biasanya mmng lebih lembut mba karena dimatangkan dengan uap air. Tapi untuk kue ini saya belum pernah coba.

Moist tdknya tdk tergantung sama baking powder dan baking soda mba tapi oleh banyaknya penggunaan cairan, telur, lemak dalam adonan. Kadang juga ada tambahan buah untuk lebih moist. Cuma dengan penambahan baking powder/naking soda kue akan lebih beremah sehingga terkesan kering.

Baking powder/soda sama sama bahan pengembang mba. Baking soda bahan pengembang yang bersifat basa atau alkaline jadi akan bekerja (menghasilkan gelembung udara) apabila bertemu bahan yang asam seperti buttermilk, cuka, yogurt dll. Sedangkan baking powder adalah baking soda dengan tambahan cream of tar tar. Jadi kalau mau bikin kue kering yang ngga ada bagan asamnya tapi pingin memberikan tektur renyah dan bisa pake baking powder. Kalau ingin membuat banana bread yang menggunakan buah dan yogurt yang dipakai adalah baking soda. Tapi memang kadang ada juga resep yang menganjurkan untuk menggunakan kedua duanya. Yang jelas kalau ngga ada bahan asamnya jangan gunakan baking soda karena kue jadi terasa agak pahit.

Hesti HH. said...

Maaf mba typo bukan buta tapi bisa masuk dapur >,<

Post a Comment

Coconut Custard Buns & Plaited Coconut Bread

Assalamualaikum. Selamat Hari Raya Qurban teman teman, semoga amal ibadah dan qurban kita diterima oleh Allah Subhanahu Wata'ala. ...