Sabtu, 09 Agustus 2014

Puding Lapis Labu Ubi Ungu



Masih ada stok labu dan ubi ungu kukus halus di freezer. Karena kemarin belum puas makan pudingnya, kali ini aku bikin lagi. Versi tanpa panggang. Kalau kemarin memanfaatka labu kuning, kali ini aku tambahkan ubi ungu juga biar cantik warnanya dan lengkap pula gizinya. Kita tahu kedua buah ini mengandung gizi yang tinggi. Labu kuning mengandung vitamin A dan beta karoten, vitamin C, zat besi dan kalium. Begitupun ubi jalar ungu juga mengandung serat, karbohidrat kompleks, beta karoten, vitamin C, zat besi dan kalsium. Untuk anak anak yang tidak terlalu menyukai sayur/buah ini bisa divariasikan ke dalam olahan puding seperti di bawah. Rasa umbinya tidak terlalu kentara...apalagi kalau disajikan bersama vla.

Bahan :- 2 bks agar-agar bubuk tanpa warna
- 1/2 kaleng susu kental manis

- 5 butir telur

- 2 sdm margarin
- 100 gr labu kukus halus

- 100 gr ubi ungu kukus halus
- 375 - 400 gr gula pasir
(sesuai selera)
- 2 bks vanili
- 1/4 sdt garam
- 1200 ml air


Cara membuat :
  1. Campur gula, garam, telur, dan sebagian gula. Kocok pelan menggunakan whisk asal rata. Jangan sampai berbusa. Tambahkan susu kental manis, aduk rata. Bila bergerindil saring terlebih dahulu. Sisihkan.
  2. Masak agar-agar,vanili, separuh bagian gula, margarin bersama air sampai sambil diaduk aduk sampai mendidih (harus benar-benar mendidih agar adonan telur tadi matang). Panas-panas tuang ke dalam campuran telur lalu aduk cepat sampai rata. Bagi 2 adonan, satu bagian biarkan putih. Satu bagian lagi dibagi menjadi dua. Masing masing tambahkan labu dan ubi ungu. Sehingga total 3 warna.
  3. Siapkan cetakan agar-agar atau puding. Paling baik menggunakan cetakan agar bongkar pasang seperti tulban tapi tengahnya tertutup. Tapi kalau cetakan yang ada hanya yang berlubang seperti tulban bisa ditutup lubang di tengahnya dengan gelas. Karena penuangan adonan dilakukan di atas gelas tadi.
  4. Tuang secara bergantian (bisa menggunakan cangkir) 1/2 cangkir adonan putih, 1/2 cangkir adonan labu, 1/2 cangkir adonan putih lagi lalu 1/2 cangkir adonan ubi ungu. Begitu seterusnya bergantian sampai habis. Apabila menggunakan gelas, lepaskan terlebih dahulu gelas dari cetakan lalu dinginkan di kulkas.


Untuk mendapatkan serat puding yang mulus, blender labu dan ubi ungu sampai halus benar.






12 komentar:

Lina IbunyaAzRaf mengatakan...

Cantiiik banget mba...
^_^

Anonim mengatakan...

Jadi nuangin adonan yang kedua ga nunggu sampai adonan pertama setengah beku ya Mba

Hesti HH. mengatakan...

Alhamdulillah...makasih mbak Linaaaaa

Hesti HH. mengatakan...

Iya mbak, langsung aja selang seling tapi perlahan nuangnya biar adonan mengalir rapi....

mimie mengatakan...

wah... kebetulan dapat kiriman labu segede kingkong dr sodara di kampung mb,
mau ta' buat puding kyk mb hesty.
izin dulu ngambil resepnya yo mbak..
salam lebaran mb.. maap lahir batin

Hesti HH. mengatakan...

Haha...ngebayangin besarnya labu segede kingkong ^^
Silahkan mbakyu....dan maaf lahir batin juga yaaaa

Anonim mengatakan...

Aslmkum mbak hesti, kenalin saya umi dr lampung aslinya jateng sih, udah lama intip blognya mbak banyak juga yg dipraktekin resepnya, gpp kan mbak? eeh jadi kepanjangan nanti, mo nanya klo gak pakai telur gimana mbak hasil akhirnya , suwun

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam mbak Umi, salam kenal ^^

Gak papa banget mbakyu, emang niatnya pasang di blog tuk sharing mbak. kalau nggak pake telur rasanya seperti agar agar biasa mbak, kurang rich gitu...hehe

ila mengatakan...

Mbak Hesti klo puding ini ama yang bakar Puding Casablanca rasanya enak mana Mb? Ini telurnya berarti kan matengnya karena dituang agar-agar panas ya? kerasa amis gak Mbak? masih punya stok labu kukus nih, pengen nyobain yang ini tapi masih takut karena telurnya mentah..

Hesti HH. mengatakan...

Enak puding bakar cassablanca mbak. Tapi dari segi rasa nggak terlalu jauh beda karena bahannya mirip. Cuman kalau yg bakar lebih wangi. Iya mbak mateng kok telurnya dan menurutku nggak bau telur.

Anonim mengatakan...

Salam kenal Mbak Hesti, makasih sharing resep2nya ...aku sudah coba buat pudingnya, enaaakk mbak :D .. tapi pudingku berantakan, ga secantik pudingnya mbak Hesti ... Mbak kalau airnya diganti santan, kira2 enak ga ya ?
Mariaty

Hesti HH. mengatakan...

Salam kenal mbak Mariaty, saya emang dah sering mba bikinnya. Entar kalo mba udah sering juga pasti rapi mbak ^^
KAlau diganti santan saya belum pernah coba mbak jd belum berani jawab pertanyaannya ^^

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails