Kamis, 21 Agustus 2014

Otak Otak


Yang namanya olahan ikan selalu menjadi favoritku. Termasuk  otak otak ikan ini. Bikinnya juga nggak ribet. Yang penting ada daun pisangnya biar wangi. Resep aku lihat dari Sajian Sedap tapi aku dobel takarannya karena aku masih punya 400 gr ikan tenggiri halus di freezer. Bumbu kacangnya tetap 1 resep aja. Dan karena di kukas ada sisa putih telur dari 4 putih telur aku pake aja semuanya. Ternyata gak pengaruh ke tekstur, malah menurutku jadi tambah lembut.


Bahan :
- 400 gr daging ikan tenggiri halus
- 4 putih telur
- 1 sdm gula pasir
- 300 ml santan dari 1/2 butir kelapa
- 100 gr tepung hunkwe
- 1 batang daun bawang, diiris halus
- daun pisang untuk membungkus 


Bumbu halus :
- 4 butir bawang merah, dihaluskan
- 2 siung bawang putih, dihaluskan
- 1/2 sdt merica bubuk
- 2 1/4 sdt garam 


Bahan sambal otak otak :
- 150 gr kacang tanah goreng, dihaluskan
- 2 buah cabai rawit merah, dihaluskan
- 3 buah cabai merah keriting, dihaluskan
- 1 sdt garam
- 50 gr gula pasir
- 200 ml air panas
- 1/2 sdt cuka 


Cara membuat :
  1. Aduk rata daging ikan tenggiri, garam, dan putih telur.
  2. Masukkan bumbu halus dan gula pasir. Aduk rata.
  3. Tuang santan. Aduk sampai kalis. Tambahkan tepung hunkwe dan daun bawang. Aduk rata.
  4. Sendokan ke daun pisang. Bungkus. Semat dengan lidi.
  5. Panggang di atas bara api sampai matang (saya bakar di pan)
  6. Sambal, aduk rata semua bahan sambal.
  7. Sajikan otak-otak dengan sambalnya.




10 komentar:

Sabariah Achmad Lanna mengatakan...

1 resep jdi brp bgks mb Hesti???

Sabariah Achmad Lanna mengatakan...

1 resep jd brp bngks mb??

Anonim mengatakan...

Sedaaaaappppp

Melly Aryadi mengatakan...

Mbak Hesti emang paling top!

Anonim mengatakan...

Hai, mbak ... Di resep mbak otak2 nya pke tepung hunkwe . sy mau tny mbak apa beda ya otak2 yg pake tepung sagu n hunkwe ? Oo ya lupa mbak hesti met lebaran y n maaf lahir batin .

Herni-medan

Hesti HH. mengatakan...

Hampir 30 bks mbak

Hesti HH. mengatakan...

Makaciiiiih mbak Melly *kedip kedip*

Hesti HH. mengatakan...

Maaf lahir batin juga ya mbak,

Kalau bedanya saya gak ngerti karena belum pernah coba yang pake kanji mbak >,< maaf yaaa

kurnia salam mengatakan...

mbk hesty kalo ga ada ikan tenggiri, bisa di ganti ikan yang lainkah?

Hesti HH. mengatakan...

Boleh mbak, yang dagingnya lembut dan kompak (nggak terhambur) bisa kok...

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails