Rabu, 06 Agustus 2014

Pai Goreng Nangka


Pie digoreng?? ngga aneh tuh?? Nah di disitulah letak keunikannya. Kalau biasanya pie itu dipanggang, kali ini Sajian Sedap sharing resep pie goreng. Isinya nangka lagi...nggak kalah uniknya kan?

Setelah aku bikin hasilnya sangat memuaskan. Kulitnya renyah. Beda dengan pastel goreng, kulit pie goreng ini rasanya benar benar seperti pie panggang. Cuma lebih gurih karena digoreng. Wangi nangkanya aduhaiiii...nggak nyangka kalau bisa enak begini hasilnya. Aku tanya pendapat anak anak. Katanya "Aneh bu...tapi enaaaaaakkkk!"
Yuk dicoba teman teman...berikut resep dari Sajian Sedap...





Bahan Kulit:
- 200 gram tepung terigu protein sedang
- 25 gram tepung beras
- 25 gram pastry margarin
- 30 gram minyak goreng
- 50 gram gula tepung
- 1 butir telur
- 1/2 sendok teh baking powder (aku skip)
- 1/4 sendok teh garam
- 1 sendok makan air es
- minyak untuk menggoreng
- 2 sendok makan gula tepung untuk taburan

Bahan Isi:
- 150 gram nangka, haluskan
- 100 gram nangka, potong kotak
- 25 gram gula pasir
- 50 ml air
- 1/2 sendok makan maizena



 Cara membuat:
  1. Isi, aduk rata nangka yang dihaluskan dengan gula pasir, air, dan maizena. Masak sambil diaduk hingga meletup-letup. Tambahkan  nangka yang sudah dipotong-potong. Aduk rata.
  2. Kulit, campur tepung terigu, tepung beras, pastry margarin, minyak goreng, gula tepung, telur, baking powder, garam, dan air es. Aduk rata. Gumpalkan.
  3. Giling dengan gilingan mi. Mulailah dari ketebalan paling tebal. Setelah dua-tiga kali giling, kurangi ketabalannya satu nomor. Giling kembali. Begitu seterusnya  sampai ketebalan no 6.
  4. Potong 5x4 cm. Ambil selembar kulit. Beri isi. Tutup dengan selembar kulit lain. Rekatkan dengan air. Tekan dengan garpu sisi-sisinya.
  5. Goreng di dalam minyak yang sudah dipanaskan hingga matang.




17 komentar:

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum Mbak Hesti, pastry margarin itu apa ya?

ivanna lukas mengatakan...

pie nangka....slurrrppp...mantab...
unik ya mba hesty jdi penasaran gimana rasanya pie d goreng^_^
mba pastry margarin it mksdx korsvet?? d ganti sama margarin biasa bisa gak??

Rahmah Monasfaly mengatakan...

Mbak Hesti sebelumnya mohon maaf lahir dan Bathin ya.. mau Tanya nangka yg dihaluskan gimana caranya?
Seneng bgt baca postingan mbak Hesti ini, krn pie nangka goreng kesukaanku, biasanya aku suka beli yg frozen food, tp blakangan ini kok agak susah dapetinnya.. makanya pas td liat postingan mbak Hesti, lsg berbinar2 hehehe.... makasih ya sebelumnya...

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam, pastry margarine =korsvet

Hesti HH. mengatakan...

Iya saya juga nggak nyangka jadinya enak mbak, Iya benar pakai korsvet mbak. Kalau diganti margarin akan beda teksturnya mbak. Korsvet menghasilkan adonan yang renyah...

Hesti HH. mengatakan...

Sama sama mbak, maaf lahir batin juga.

Cara menghaluskan nangka itu diblender aja mbak, nggak usah dikasih air karena nangnya sendiri dah lembek.
Baru tau ternyata pie nangka ada yang jual toh ^^ emang mbak Rahmah tinggalnya dimana??

yurike sasaki mengatakan...

Mbak Hesti, aku masih punya sisa pastry buat molen piscok keju, kira2 bisa dipakai buat pie nangka ini gak ya? sayang soalnya sisa pastrynya masih banyak hehehehe...

Hesti HH. mengatakan...

MAksudnya mau digoreng ya mbak?? kalau menurut saya lebih cocok dipanggang. Kayaknya enak dan unik ada pastry isi nangka.

Rahmah Monasfaly mengatakan...

Aq tinggal di bekasi mbak, dulu byk dijual di beberapa supermarket besar, skr Aq cari dah ga ada lagi...

Hesti HH. mengatakan...

Ooooh emang ada ya ternyataaaa....

Bunga Apricia mengatakan...

Mbak,kl kulit pastry instan yg dijual di spm tu bisa ya digoreng?

Hesti HH. mengatakan...

Maaf mbak saya kurang tau kalau puff pastry karena belum pernah coba. Harusnya sih bisa entar jadinya kayak cronut

mila mengatakan...

Makasih share nya mba, sy lagi cari resep pie goreng nangka yg pas. Pertama kali sy kenal pie ini dr menu cfc ketika masih SMP, rasanya tak terlupakan tp sayang cfc gak ada ngeluarin menu ini lagi.. Dengan ada resep ini rasa rindu sy terobati, mungkin sajian sedap terinspirasi dr cfc jg yaa,he2

Hesti HH. mengatakan...

Siiip mba semoga bikinnya sukses dan memuaskan yaaaa

zafran adhyasta mengatakan...

Korsvetnya diganti mentega putih bisa gak ya mba?

Hesti HH. mengatakan...

Maaf saya belum pernah coba mba jd ngga tau juga

Aira mengatakan...

Salam kenal mba..mba mengadoni kulitnya pakai pisau pastry atau pakai tangan?giling nya pakai rolling pin bisa ga mba.. terima kasih banyak ya mba..

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails