Selasa, 12 Agustus 2014

Chocolate Almond Cake

 

Ceritanya lagi pingin menghabiskan almond bubuk sisa bikin kuker lebaran kemarin. Cari cari resep berbahan almond ketemu resep yang menggiurkan. Cantik sekali penampakannya. Glekkkh...puasa puasa gini ileran....

Eh tapi beneran kepincut gambarnya. Apalagi resep ini dari Julia Child. Tau dong Julia Child. Masternya perkulineran Amerika angkatan jadul. Terkenal dengan buku buku resepnya. Aku dah pernah nonton filmya yang menceritakan sepak terjang beliau mulai memasak dan akhirnya bisa menulis buku hingga jadi terkenal. Julie & Julia. Yang memerankan Julia adalah Meryl Streep.

Nah resep ini aku ambil dari "Completely Delicious". Reviewnya positif semua. Makanya tertarik bikin. Awalnya pingin ikutin resep persis seperti aslinya. Frostingnya pake dark cokelat dan butter. Kelihatannya enaaaaak banget. Tapi di kulkas masih ada krim kental dan ingin kuberdayakan juga biar gak rusak. Ya akhirnya cakenya aja yang sama tapi tuk toppingnya aku pake ganache siram saja.





Karena aku puasa jadi nggak bisa icip. Nah, begitu anak anak pulang sekolah langsung aku suruh icip kuenya sepotong. Eeeeh Iyut langsung minta tambah. Enaaaak katanya. Waaaaakk tambah penasaran. Sabaaaar....sabaaarrrr....

Setelah azan maghrib berkumandang segera aku icip. Hasilnya...enaaaaaak pake banget. Beda dikit teksturnya dibanding cake yang biasa. Mungkin karena yang ini ada almond bubuknya. Teksturnya dense...legit legit gitu. Bagian tengahnya memang sengaja nggak terlalu matang. Ketika diangkat tengahnya masih bergoyang goyang. Tapi setelah didiamkan sampai dingin...apalagi dari kulkas...yang tadinya setengah mateng itu justru fudgy banget. Mirip brownies lah. Dan yang pasti nyoklat banget karena aku tambahkan kopi ke dalamnya. Setahuku penambahan kopi mengintensifkan rasa cokelatnya. Benaaar sekali. Wangi banget. Semua suka. Ya anak anak, ya bapaknya, ya terutama aku juga, hehehe. Tapi mungkin kalo pake kopi 2 in 1 atau 3 in 1 harus dikurangi gulanya karena kopinya dah mengandung gula. Resep asli kan 2 sdm kopi...kayaknya kebanyakan tuh menurutku, takut kuenya pahit. Mungkin 1 sdt udah cukup. Atau kalo pake kopi sachet 2 in 1 pakenya etengah atau tiga perempat bungkus aja. Kan ada sachet yang gede kan.

Lain kali mau coba versi aslinya. Dengan icing cokelatnya yang menggoda...
Resep di bawah versi aku ya...tidak menggunakan rum. Aku ganti dengan kopi sachet 2 in 1

Bahan :
- 113 gr dark cokelat
- 1 sachet kopi instan 2 in 1 (boleh diskip)
- 113 gr unsalted butter, suhu ruang
- 132 gr gula halus
- 1 sdm gula pasir (untuk dikocok bersama putih telur)
- 3 telur ukuran besar (pisah kuning dan putihnya)
- 1/4 sdt garam
- 35 gr almond bubuk
- 1/2 sdt vanili bubuk
- 57 gr tepung protein rendah, ayak

Ganache :
- 100 ml krim kental (aku pake merk Anchor)
- 150 gr dark cokelat/milk cokelat

Cara membuat :
  1. Panaskan oven to 350 F atau 175 C. Olesi loyang bulat diameter 20cm dengan mentega lalu alas kertas roti.
  2. Tim dark cokelat sampai leleh dan licin. Tambahkan kopi instan lalu aduk lagi hingga licin. Sisihkan hingga dingin.
  3. Kocok butter and 132gr gula halus sampai pucat. Tambahkan 3 kuning telur dan kocok lagi hingga kental dan mengembang. Tambahkan cokelat leleh. Masukkan almond bubuk, aduk asal rata.
  4. Di wadah yang lain,kocok 3 eputih telur dan garam sampai berbusa. Tambahkan gula 1 sendok, sedikit demi sedikit dan terus mengocok hingga kaku.
  5. Tambahkan 1/4 putih telur ke dalam adonan. Aduk balik perlahan hinggan rata. Tambahkan lagi sisa putih telur dalam 3 tahap bergantian dengan tepung terigu. Aduk asal putih telur tidak terlihat menggumpal saja. Jangan overmix.
  6. Tuang adonan dalam loyang. Panggang sampai pinggirannya mengeras tapi tengahnya masih bergoyang (ketika loyang dogoyangkan bagian tengahnya masih bergoyang) sekitar 25 menit. Angkat.
  7. Biarkan di loyang selama 10 menit. Kikis bagian sekeliling pinggiran kue dan keluarkan kue perlahan taruh di rak pendingin.
  8. Ganache : panaskan krim kental asal panas. Angkat. Masukkan potongan cokelat.  Aduk perlahan sampai licin. Tunggu sampai konsistensinya pas untuk dituang di atas kue (agak kental).
  9. Tuang di atas kue, ratakan. Hias sesuai selera.

26 komentar:

Kartini Margretha mengatakan...

Wah mbak kebetulan banget saya lagi nyari resep kue pake almond bubuk selain opera cake, coz saya punya stok almond bubuk buatan sndiri dah 3 bln di kulkas bingung mo diapain (eh masih bisa kan ya kl udah 3 bulan? gak ada bau2 aneh sih), coba buat ah, kayaknya enak..

Dina Siahaan mengatakan...

Hwaaaa.. setelah beberapa lama ga nengok blog ini, sudah banyak aja postingan resep2 baru yg menggiurkan.. Dan selalu blog ini duluan yg saya buka kalo lg stuck ga ada ide pengen masak2.. hehehe.. udah di bookmark dari pertama kali berhasil praktekin resep dari blog ini.. matursuwun yaa mbak Hesti.. hehehe..

Btw, saya mau tanya, kalau penggunaan kopinya dihilangkan ada pengaruh ke hasil rasanya ga ya mbak? Saya pengen banget bikin kue ini, anak saya pun doyan banget dgn yang namanya coklat, tp saya belum ngenalin kopi/rhum nih mbak, soalnya anak saya masih balita.. dan kebetulan semua bahan2nya ada, jadi tinggal cuss bikin begitu ada jawaban dari mbak Hesti.. :)

Hesti HH. mengatakan...

Waaaah cocok banget mbak, semoga suka ya....good luck dan ditunggu kabarnyaaaa

Hesti HH. mengatakan...

Hehe....saya yang makasih mbak dah jadi pembaca setia. Semoga resepnya gak mengecewakan. kalau ada yang kurang memuaskan tolong masukan dan kritiknya ya mbak.

Kopinya sama sekali gak masalah mbak dikhilangkan. Saya menggunakan kopi karena tidak menggunakan rum. Dan anak anak udah besar jadi saya gak terlalu kawatir efek kopinya ^^

Selamat membuat ya mbak, ditunggu kabarnyaaaa

Melly Aryadi mengatakan...

aku mau coba iniiiiiiiiiiiiiiiii *histeris*

Anonim mengatakan...

Mba hesti,, aku mau coba resep ini kyk nya enak bener ya.. Tp msh bingung mba,, apa kue nya gak rusak krna dikeluarian dr loyang pas tengahnya msh goyang?? Dtgu jawaban nya,, tmakasih mba hesti... ^_^

Hesti HH. mengatakan...

hahahahaaaaaa....ditunggu lho hasilnyaaaaaa. good luck yaaa

Hesti HH. mengatakan...

Keluarinnya setelah agak dingin mbak, tengahnya sudah set. Kemari itu saya balik di rak kawat lalu saya balik lagi ke piring saji. So far sih baik baik aja. Tapi pinggirannya dikikis dulu dengan pisau tajam biar gak lengket ^^

Stella Yuwana mengatakan...

Mba hesti...apa punya acc.FB...soalnya kurang tau pake blog...mksh

Hesti HH. mengatakan...

Punya mbak, Hesti Saifuddin

Anonim mengatakan...

Mba Hesti,
saya tidak punya almond bubuk, apa bisa di ganti dgn yang lain ? Itu beli nya khusus di TBK yang besar ya. Soalnya sdh cari di bbrp pasar dan Supermarket kok ga ada yg jual. Ada merk nya tdk Mba ? Lalu kalo krim kental nya di ganti dgn susu evaporated, apakah bisa ? Takarannya sama dgn krim kental ? Maaf ya, mba kalo banyak nanya... Terima kasih (Retty)

Hesti HH. mengatakan...

IYa mbak, belinya di toko bahan kue. Cari yang memang udah bubuk karena kalau blender sendiri suka bergumpal. Ini nggak ada merknya mbak...kalau nggak ada ditukar terigu aja mbak tapi jadi beda teksturnya.

Kalau krim kental diganti susu evaporated bisa saja mbak...ditunggu kabar hasil prakteknya ya.

Dina Siahaan mengatakan...

Mbak Hesti.. akhirnya kmaren saya bikin jg kue ini stelah seminggu yg lalu sakit.. hehehe.. plek ketiplek sama resep yg mbak Hesti share..

Saya ga pakein kopi tp rasanya jg udah nyoklat banget yaa.. cuma menurut saya masih agak terlalu manis (saya lg mengurangi takaran makanan/minuman yg manis2 di keluarga saya mbak), next time bikin saya kurangin dikit kali yaa mbak gula halusnya.. :D

Trus kmaren waktu manggangnya 25menit, adonannya masih basah (lebih ke belum matang), jadi akhirnya saya tambah waktunya skitar 10 menit, dan akhirnya hasil jadinya moist bagian tengahnya.. yeeeaayy..

Makasih yaa mbak buat share resepnya.. :D

Hesti HH. mengatakan...

Yeayyyy....berhasil...selamat ya mbak. memang gak terlalu susah kan bikinnya?? mbak juga dah bisa ngakalin panas ovennya. makasih ya dah feedback ke aku ^^

Indah Dewi mengatakan...

Punya bisnis kue kering memang sangat menjanjikan ya sis apalagi di bulan ramadhan dan mendekati hari raya idul fitri. Omset yang besar membutuhkan kapasitas besar untuk membuat adonan nya. kalau sudah begini mending pakai mesin mixer roti yang berkualitas baik untuk adonan yang banyak dan bagus :)

Susan Suhermin mengatakan...

Aku mau coba mbak...
eh btw aku mau bilang trima kasih..kemarin aku bikin japanese "cheese"cotton cake mbak hesti...smua yg ku bagi kasih pujian selangit....senang rasanya...mau dong mbak ditranslate in lg resep2 terkennal py penulis asing itu...yg banyaaaak ya mbak..he he he...

Hesti HH. mengatakan...

Alhamdulillah mbaaa...senang dengarnya. Semoga ada waktu ya buat translate resep lainnya ^^

wiana paragoan mengatakan...

Mbak, tepuk almond itu sama dengan apa ya? Apakah kayak maizena? Kalau iya berarti terigunya bisa saya ganti ke tepung beras? Biar jadi gluten free cake. Mohon masukannya :)

Hesti HH. mengatakan...

Beda mba. Kalau almond dari almond yang digiling halus hingga berbentuk tepung. Kalau terigu bisa saja diganti tepung beras cuma teksturnya bisa berubah yaaa

pipiet.... mengatakan...

Mba makasih share resep nya, saya barusan eksekusi pakai kopi 3in1 gula nya jadi 120gr, jadi nya enakkkk banget....makasih ya mba...

Hesti HH. mengatakan...

Alhamdulillah, makasih ya mba pipiet dah laporan ^^

Venny Nyoto mengatakan...

Mbak,kalau krim kentalnya diganti whipped cream hasil nya sama ga ya?? Makasih mbak...

Anonim mengatakan...

Sumpee ini endaaangg bambang gulindang mbak hestiii! lop yu dah... nury

Hesti HH. mengatakan...

@Venny Nyoto : bisa kok mba, beda di gurihnya aja ^^. Maksudnya whipped cream bubuk kan? tinggal dicampur air sesuai takaran lalu dipanaskan dan masukkan cokelat aduk sampai licin

@Nury : alhamdulillah mbaaaaa senaaaaaanggg deeeh

Reny Affrina mengatakan...

Hoaaaaa sepertinya menggiurkan....target abis Lebaran bikin aaahhh skrg lg persiapan cookies dulu ahahah oh ya coklat Almond thumbprint nya jd best seller di jualan aku mba ahahah

Hesti HH. mengatakan...

Alhhamdulillaaaahh...senangnya, makasih yaaa

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails