Tuesday 1 January 2013

Sambel Goreng Printil



Postingan pertama di tahun 2013. Tak terasa udah 3 tahun aku ngeblog. Semoga di tahun ini semangat ngeblog nggak pudar dan resep resepnya tetap cihuuui ^^

Dulu dah pernah bikin sambal goreng printil yang versi pakai tambahan hati sapi, kali ini aku ganti dengan udang. Nggak kalah enak. Berikut resepnya...


Bahan bola daging (bentuk bulat kecil, goreng asal berkulit):
- 500 gr daging cincang
- 1/4 sdt merica bubuk
- 1/2 sdt garam
- 5 sdm minyak untuk menggoreng bola daging

Bahan lain :
- 250 gr udang kupas
- 500 gr kentang, potong dadu lalu goreng
- 2 papan pete, kupas belah dua
- 4 lembar daun jeruk
- 2 lembar daun salam
- 2 ruas lengkuas, dikeprek
- 2 batang sereh, dikeprek
- 1/2 sdt merica
- 1 sdt garam
- 1/2 sdt gula pasir
- 750 ml santan kental dari satu butir kelapa
- 1 sdm air asam

Bumbu halus:
- 4 buah cabe merah
- 12 siung bawang merah
- 5 siung bawang putih
- 3 butir kemiri, sangrai
- 1 cm kunyit
- 1 cm jahe
- 1 cm lengkuas

Cara membuat :
  1. Tumis bumbu halus bersama daun jeruk, daun salam, sereh, lengkuas sampai wangi. Masukkan udang aduk sampai berubah warna. Masukkan santan dan bola-bola daging. Bumbui garam, merica dan gula.
  2. Tambahkan pete. Biarkan santan menyusut separuh, lalu tambahkan kentang dan air asam. Masak sebentar sampai bumbu meresap. Jangan terlalu sering diaduk, karena kentang akan hancur.
  3. Setelah bumbu menyusut, matikan api. Siap dihidangkan dengan taburan bawang goreng.

8 comments:

Haya Najma said...

Suka banget ini

Nisa-mom said...

Happy New Year,mba Hesti.. wishing you the best year ever :)) Rajin nya sudah posting, bener2 semoga ga pudar semangat ya.. Ini kesukaan suami, minus udang hehehe..

ila said...

mbak Hesti itu goreng printilnya pake minyak banyak apa dikit? kok pecah ya bikinan saya.. hiks..

Hesti HH. said...

Happy new Year juga Mbak Fitri sayang...semoga tahun ini kita lebih baik dari sebelumnya.

Paling senang kalo bikin ini, anak anak lahap makannya dan nggak capek ngunyah dagingnya ^^

Hesti HH. said...

Dikit aja mbak, kira kira 5 sdm karena nanti dagingnya juga ngeluarin minyak.

Kalau menggoreng dagingnya gak usah diaduk aduk. Biarkan aja dulu sampai kira kira dah berkulit lalu balik. Pada saat dibulat bulatin usahakan bulatannya padat mbak dan nggak ada campuran lainnya. Daging aja sama garam dan sedikit merica, maaf kalo kurang bisa bantu soalnya blm pernah kejadian juga. Oh iya ngga tau ini ada pengaruhnya atau nggak...kalau aku pake daging tanpa lemak.

ila said...

tau deh kenapa punya saya ancur.. saya pake minyaknya banyak, ampe setengah kerendem gitu mbak Hesti.. saya cuma pake daging, garam n lada sesuai resep mbak, cuma saya pakenya daging giling siap pake yang beli di spm.. kayaknya ga 100% tenderloin sih.. ntar deh dicoba lagi masih ada daging gilingnya di freezer. Saya kurang suka daging karena nyelip di gigi apalagi anak saya masih 2 thn jadi harus dipresto dulu sampe empukkk, makanya males hehehe.. klo pada suka ntar kan bisa jadi alternatif..
makasih banyak ya mbak resepnya.. saya request baking yang bagus buat anak kayak carrot cake, oatmeal, dll hihihi..
tau ga mbak tiap nyampe kantor hal pertama yang saya buka selain email adalah blog mbak Hesti!

Anonymous said...

assalamu'alaikum mba Hesti, ijin sedot menunya ya..

Unknown said...

Ass mba.. Mau nanya kalo bikin daging cincang itu bisa diblender ƍα'? Soalnya daging cincang ditempatku pd kurang fresh..sblmnya makasih ya mba uyk solusinya..

Post a Comment

Coconut Custard Buns & Plaited Coconut Bread

Assalamualaikum. Selamat Hari Raya Qurban teman teman, semoga amal ibadah dan qurban kita diterima oleh Allah Subhanahu Wata'ala. ...