Sabtu, 12 Januari 2013

Pizza Tuna




Biasanya aku kalo bikin pizza bikin rotinya agak banyak buat disetok. Tapi minggu lalu bikin cuman satu resep dan sebagian dibagi juga ke teman. Habis rotinya. Tapi stok ikan tuna kaleng, keju dan printilan topping lainnya masih banyak. Jadi hari ini aku bikin lagi rotinya. Sekalian disetok buat bekal hubby... ya buat lunch juga.

Gambar di atas adalah penampakan pizza minggu lalu, dibilang bulat enggak...segiempat juga enggak, masih kurang terampil bulatinnya ^^. Penampakan yang di bawah roti pizza tadi siang aku bikin rotinya lebih tipis dan topping tunanya ada tambahan cabe keringnya. Manteeeep bener!! cucok banget! Penampakan berbeda karena beda metode pemanggangan. Kalau yang di atas aku bikin dulu rotinya setelah matang semua baru diberi topping dan dibroil (oven api atas) hanya tuk melelehkan kejunya. Nah tuk pizza yang tadi sebagian adonan aku panggang langsung dengan toppingnya sekalian jadi kejunya lebih lama terkena panas penampakannya agak keriput gitu. Tapi rasanya nggak ngaruh. Malah lebih wangi yang kedua.




Untuk topping aku bikin favorit hubby...tuna. Harusnya sih sehat karena cuman ikan dan sayur/buah. Yang bikin gak sehat mungkin cuman beberapa dari bahan ini adalah makanan kaleng. Selain saus basic pizza ada jamur, olive, paprika, bawang merah besar, cabe kering, jagung dan nanas. Ada taburan merica hitam dan sedikit mayonaise biar tambah seru makannya. Penambahan nanas dan jagung menambah kaya rasa dan ada sensasi asem manisnya. Uenak lah pokoknya...



Di bawah penampakan urutan pengisian toppingnya. Keju permesan aku kasih di lapisan kedua setelah saus dasar dan keju mozarella aku kasih di lapisan 4 setelah taburan tuna. Selanjutnya tinggal tambah bahan favorit lainnya. resep rotinya bisa dilihat di sini
Untuk saus dasar aku bikin dari tomat masak yang dibuang kulitnya, dimasak bersama tumisan cincangan bawang bombay dan bawang putih lalu ditambahkan 2 sdm saos tomat dan oregano serta merica. Masak sampai jadi pasta.




 

 mmmmm...yummiiiii bu!!

3 komentar:

Unique mengatakan...

Mba hesti, mau tanya, klo bahan rotinya di setok dikulkas carax gmn ya?apa ada cara penyimpanan sendiri?
Thanks

Hesti HH. mengatakan...

maksuddnya adonan mentahnya mbak?? atau roti yg udah jadi?

Kalau yang udah jadi roti pipih pizzanya bisa dibungkusin cling wrap persatu atau dua buah lalu taruh dalam tupperware dan simpan di freezer. Setiap mau dimakan, keluarkan secukupnya lalu biarkan di suhu ruang sampai nggak lunak lagi. Lalu langsung diisi topping dan dipanaskan api atas supaya topping matang dan leleh. Boleh juga pake api bawah juga sebentar aja (200c)untuk menghangatkan rotinya. Kalau kelamaan nanti rotinya jadi alot.

Anonim mengatakan...

assww mb
kl aq buatnya tfk dg saus botolan.. jd asli tomat plus cabe keriting.. asal komposisi gula-garamnya sesuai, insyaAllah lbh enak lho drpd yg kemasan.. tunanya jg pakai tuna segar.. afwan jd sok kdh tau ya.. mg2 lapang ya..
indah

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails