Friday 11 January 2013

Cendol Duren

 



Setelah aku bookmarked beberapa bulan lalu, resepnya WendyInkk ini belum aku praktekkan. Tunggu musim duren dulu ^^. Nah sekarang duren duren dah pada muncul di pasar, waktu yang tepat tuk praktek. Resep cendol ini memadukan penggunaan tepung hunkwe dan tepung maizena. Heran kan?? biasanya kita bikin cendol kan pake tepung beras atau hunkwe ataupun tepung sagu. Itu juga yang bikin aku penasaran. Selain bentuknya yang unik kayak cacing hijau, Wendy menggunakan sorbet santan dengan cara memblender santan dan es batu sebagai pengganti santan cair. Jadi nanti nggak perlu pake es serut lagi...what a brilliant idea! larutan gula merahnya dibuat dari air gula merah dan duren yang dimasak hingga menjadi pasta.


Tapi ketika aku coba praktekkan bikin sorbet santan pada blenderku, nggak bisa hancur esnya. Mungkin blenderku bukan tipe yang bisa ngancurin es...jadinya ya tetap pisah santan dan es batu kecil kecilnya. Gagal deh bikin sorbetnya. Tapi aku janji lain kali pingin coba lagi. Bukan dengan beli blender baru lho...aku ada ide tuk membekukan santan kemudian diserut menggunakan serutan es teler.



Setelah aku bikin cendolnya nggak secantik punya Wendy. Kayaknya kurang kapur sirih. Jadinya gampang patah. Aku baca di resep Wendy cuma menggunakan 1 drop yang aku artikan satu tetes. Mungkin untuk larutanku yang encer butuh 1 sdm baru bagus hasilnya. Tapi warna cantik asli warna pandan. Rasanya ya seperti rasa hunkwe. Tapi larutan gula durennya memang mantep deh. Aku tambahkan nangka juga biar cantik warnanya. Resep cendol home-made Wendy bisa dilihat di sini ya. Resep cendol durennya di sini.


16 comments:

Lisa Donna said...

Woowwww, duren.... Di Medan juga sedang musim duren, mbak.... :)

Rima said...

ouch.. cendol cendol.. malas mau buat.. esok pagi harus lah ku drive to little india to buy a glass hehe

Nisa-mom said...

aaaw..ini cucok buat summer, tapi skarang masih winter..hayaah lamaaa.. xixixixi..

Dida said...

duuuhhh...mupeeeng....kebayang itu enaknya, fotonya menggiurkan banget Mbak...yum yum..

Hesti HH. said...

Yuuuuuk dibikin cendol juga mbak Lisa....

Hesti HH. said...

HIhi...iya Kak Rima, kalau cendol memang lebih mudah beli saja. Tapi kalau disini nggak ada cendol duren adanya cendol biasa ^^

Hesti HH. said...

Kalau winter bikin kolak cendol aja mbak, hihi *emang ada??*

Hesti HH. said...

Makasiiiih Mbak Dida...

Brama Danuwinata said...

Halo mbak Hesti,
Apakah saya boleh meminta kontak email anda?
Melihat dari konten blog anda yang sangat bagus, baik cara penulisan, resep, hingga kualitas fotografi, saya sangat tertarik untuk mengajak anda bekerja sama. :)

Feel free to reach me at bramadanuwinata@gmail.com

Thanks! :D

Obat Pembesar Payudara Herbal said...

resep yang sangat unik.....

izza said...

Assalamualaikum.
Mau tanya mbak, yg warna orange itu apa ya? oh ya nyetak cendolnya biar seperti itu pake alat apa?

Hesti HH. said...

Waalaikumsalam,

Oh itu nangka mbak, tumben jg aku bisa dapat yg dagingnya tebel dan warnanya kuning gonjreng. Tapi rasanya nggak terlalu manis menurutku...

Cendolnya gak pake cetakan mbak, cuma pake plastik segitiga yg diguntung ujungnya lalu disemprot memanjang seperti mie ke dalam air es.

yunia said...

assalamu'alaikum..mbhesti ni aq barusan bikin,tp qo jadinya lembek gt ya mb?stelah dicetak,msh lembek sprti bubur gt,ap karena aq ga pakai kapur sirih,baking soda bisa jd pngganti kapur sirih ga ya mb?tq

Hesti HH. said...


Waalaikumsalam,

Iya mbak, memang kapur sirih membuat hasil jadinya nggak benyek (sering digunakan dalam pembuatan klepon). maaf mbak, saya jg kurang tau kalau baking soda bisa apa tidak.

Cindy said...

Mbak hesti, aku mau tanya nih soal kapur sirih. Aku ada beli namanya limestone paste. Jadi gak kaya di indo, kapur sirihnya seperti tepung tapi ada airnya. Itu pemakaiannya bagaimana ya? (Takarannya). Makasih :)

Hesti HH. said...

waaaaah kalau itu saya ngga ngerti mba soalnya blm pernah lihat. ngga ada instruksinya kah mba??

Post a Comment

Coconut Custard Buns & Plaited Coconut Bread

Assalamualaikum. Selamat Hari Raya Qurban teman teman, semoga amal ibadah dan qurban kita diterima oleh Allah Subhanahu Wata'ala. ...