Kamis, 17 Januari 2013

Sambel Tumis



Sambal ini adalah adalah satu sambal favoritku. Dulu mama biasa bikin dalam jumlah banyak tuk stok beberapa hari. Bisa disantap dengan apa saja. Bisa dengan ikan bakar, ikan goreng, bahkan dengan singkong goreng sekalipun. Orang Makassar memang makan sambel dengan apa saja. Pisang gorengpun dimakan dengan sambal, hehe. Resepnya seperti sambal terasi pada umumnya tapi ditambahkan udang kupas ke dalamnya untuk menambah wangi aromanya dan tentu saja protein seafood.

Bahan :
 - 100 gr udang kupas 
 - 5 sdm minyak goreng

Bumbu halus :
- 3 buah cabe merah
- 20 buah cabe rawit
- 1 sdm terasi bakar
- 3 buah tomat ranti/sayur
- garam secukupnya
- 1 sdt gula merah
- sedikit kecap manis

Cara membuat :
  1. Panaskan minyak dalam wajan. Tumis bumbu halus sampai wangi. Tumis agak lama sambil diaduk aduk supaya sambel tahan lama.
  2. Masukkan udang dan kecap manis, masak sampai udang berubah warna. Matikan api. Siap disajikan.




Hmmmm...mantap dimakan dengan ikan goreng dan lalap....

15 komentar:

vivi "jajanevivi" mengatakan...

mbakyuuu...jadi pengen bawa nasi anget kerumahmu, huhuuuu

Nisa's Mom mengatakan...

mba Hestiiiiiiiiiiiiiii..!! cakep2 doyan pete yaaa.. *aiiih becanda ya mba :)) * wow, sambel + pisang goreng ??? gimana rasanya ya ? tapi selera sih ya..

Hesti HH. mengatakan...

Yuk mbak, dimariiiiiii...

Hesti HH. mengatakan...

hihihiiiiii...semaput deh yang dekat dekat aku!! lain kali mau posting pisang goreng sambel aaaaahhhh

rismayanti iskandar mengatakan...

assalamu alaikum,mbak hesty!aq saudara baru nich orang makassarji cuma tinggal d malaysia maklum ikut suami mbak,oh iya mbak td ada yg minta resep sambal pisang goreng ya?kasi aja sekalian resep pisang peppek mbak itu tu tu pisang yg d goreng trus d pukul lalu d goreng kembali,agak mirip pisang ngepek gitu, pasti mbak hesty sering bikin.

Rina Audie mengatakan...

boleh numpang makan di rumah mb Hesti apa nggak nih ? Mendadak jadi lafar berat, hahaha....

Anonim mengatakan...

salam mbak hesti, wah sama dong klo org sulteng klo makan pisang goreng jg dgn sambel mbak hehe..
Sherly

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam Risma...waaa sekampungki di'? hehe
memang sa juga sudah rencana mo bikin sanggara peppe' tapi belum sempat terus. Terlalu banyak resep di kepalaku berlomba lomba mau dipraktekkan bela ^^

Hesti HH. mengatakan...

Duuuuh dengan senang hati menerima kedatangan mbak Rina....hayuuu!!

Hesti HH. mengatakan...

hehe...iya sama saja karena sama sama sulawesi toh? pisang goreng, ubi dan sukun. mmmm nyamanna!!

Haya Najma mengatakan...

pete bakaarrrrrrr

Anonim mengatakan...

Haloooo......enak sambelx.....pengen bikin.....saya Lanny, masih ingat ji eks inco hijrah mi ke garut

Hesti HH. mengatakan...

@LAnny : Lanny adek kelas kah? kembarannya Lenny?
welcome to my blog nah ^^

Anonim mengatakan...

iya dulu di jl buton .... sdh lama sa nda ngeblogger lagi dah lupa passwordnya hehehhe .... seru baca2 blog ta' jadi kangen soroako .... jadi ngiler jg liat postingannya ....

Hesti HH. mengatakan...

Lho ngeblog jg kah?? apa nama blognya??

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails