Minggu, 20 Januari 2013

Sayur Asem Belimbing Wuluh



Habis ngobrak abrik resep sajian sedap aku ketemu resep sayur asem belimbing wuluh. Kebetulan kemaren habis panen belimbing. Belimbing termasuk sayur yang cepat rusak jadi harus segera dipakai. Nah ternyata sayur asem tanpa asam jawa ini enak juga. Kuahnya bening, rasanya segar dan light karena bumbunya semua diiris nggak pake acara ngulek ulek. Berikut resep dari Sajian Sedap dengan sedikit modifikasi.

Bahan-bahan/bumbu-bumbu:
- 2 buah jagung manis, potong-potong
- 100 gr melinjo
- 1 buah labu siam, potong-potong
- 1 ikat kacang panjang, potong-potong
- 50 gr daun melinjo
- 2 liter air
- 8 butir bawang merah, iris halus
- 3 siung bawang putih, iris halus
- 2 buah cabai merah besar, iris miring
- 2 buah cabe hijau, bakar, potong potong
- 2 lembar daun salam
- 2 cm lengkuas, memarkan
- 1/2 sendok teh terasi bakar, haluskan
- garam secukupnya
- 1 sdm gula pasir
- 10 buah belimbing wuluh, belah 2 bagian

Cara membuat:
  1. Didihkan air, bawang merah, bawang putih, cabai merah, daun salam, dan lengkuas sampai harum.
  2. Masukkan jagung manis, buah melinjo, terasi, dan garam. Masak sampai mendidih dan harum.
  3. Tambahkan belimbing wuluh, daun melinjo, labu siam, kacang panjang, dan daun melinjo. Tambahkan gula pasir. Masak sampai matang. Angkat.





10 komentar:

mimie mengatakan...

di rumahku ada satu pohon belimbing wuluh...
buahnya buanyakkkk sampe gugur2
tp ng pernah di sentuh mb..uasemnya puol.....ehehe
jd pgn buat sayur asem kyk gini jg...
syukran for sharing sist.... :)

Sashy mengatakan...

Seger banget sayur asemnya mba, jadi ngiler

Hesti HH. mengatakan...

Beneran syegeeer mbak, nggak jauh beda dengan sayur asem yg biasa. Tapi karena belimbingnya banyak kalo kelamaan kerendam di sayur kuahnya jadi asem banget. Jadi setelah mateng aku sisihkan sebagian. Mungkin belimbingnya dikurangi jadi 5 biji aja. kalau di resep aslinya 15 biji waaaaaah gak kebayang asemnya...

Hesti HH. mengatakan...

beneeeer mbak Sashy, ringkas lagi gak pake ngulek, hehe

rismayanti iskandar mengatakan...

Apa kareba, enak sekali sayur asemx mbak hesty,aq jd lapar nich, syg d malaysia tdk ad belimbung wuluh sm melinjo jd ngak jd bikin dech...

Rina Audie mengatakan...

kalo bikin sayur asem sama nih, bumbunya diiris semua. Hasilnya, kuah jadi bersih dan nggak keruh. Rasanya, slruuuphh...seger...

dentistvschef mengatakan...

simply drolling mr,
nice shoot mbak....

Hesti HH. mengatakan...

Kareba madeceng mbak Risma ^^

Hihi...iya sayangnya deh, kalo nda ada belimbing masih bisa bkn sayur asem tapi kalo nda ada daun melinjonya nda seru di'...

Hesti HH. mengatakan...

Setuju mbak, syegeeeerrr!!

Hesti HH. mengatakan...

Makasiiiiih mbak...

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails