Jumat, 04 Januari 2013

Pesmol Ikan Rappo Rappo


Ikan pesmol atau acar kuning adalah salah satu variasi olahan ikan goreng berbumbu. Kali ini aku membuat pesmol menggunakan ikan rappo rappo. Ngga tau kalo bahasa Indonesianya apa niy ikan. Kayak ikan merah sih tapi dagingnya sangat tebal dan agak montok hehe...resep aku lihat dari Sajian Sedap dengan sedikit modifikasi. Aku tambahkan timun dan wortel biar ada efek crunchynya ketika dikunyah. Syaratnya sayur tidak boleh terlalu lama dimasak. Ketimun dimasukkan terakhir ketika ikan sudah mau matang.




Berikut resepya ya...

Bahan:
- 3 ekor ikan rappo rappo ukuran sedang

- 1 buah wortel, potong korek api
- 1/2 buah ketimun buang tengahnya, potong korek api
- 3 batang serai, dimemarkan
- 5 lembar daun jeruk, dibuang tulang daunnya
- 8 butir bawang merah kecil utuh
- 2 buah cabai merah, dipotong korek api
- 10 buah cabai rawit merah
- 1/2 sendok makan garam
- 1/4 sendok teh merica bubuk
- 1 sendok teh gula pasir
- 1/2 sendok teh cuka
- 2 sendok teh air jeruk nipis
- 1 batang daun bawang, dipotong korek api
- 300 ml air
- 3 sendok makan minyak untuk menumis
- minyak untuk menggoreng

Bahan halus:

- 5 butir kemiri, digoreng
- 8 butir bawang merah
- 5 siung bawang putih
- 2 cm kunyit, dibakar
- 2 cm jahe 



Cara membuat:
  1. Lumuri ikan dengan 1 sendok teh garam dan 1 sendok teh air jeruk nipis. Diamkan 15 menit.
  2. Goreng ikan dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang sampai matang dan kecokelatan.
  3. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, serai, dan daun jeruk sampai harum.
  4. Masukkan bawang merah, cabai merah keriting, dan cabai rawit. Aduk sampai layu. Masukkan wortel.
  5. Tuang air. Masak sampai mendidih dan sedikit mengental. Masukkan  garam, merica bubuk, dan gula pasir. Aduk rata.
  6. Tambahkan cuka dan air jeruk nipis. Aduk rata.
  7. Masukkan ikan. Aduk rata. Masak di atas api kecil sambil disiram-siram sampai meresap. Masukkan ketimun dan daun bawang. Aduk rata sampai semua terbalut bumbu. Biarkan 3 menit lalu matikan api.
  8. Pesmol ikan siap dihidangkan.


12 komentar:

  1. Saya suka sangat mengikuti entri-entri disini, walaupun tak faham sangat dgn dialek indo, but semuanya cantik2 dan semestinya sedap...selamat tahun baru 2013...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas kunjungannya...selamat tahun baru juga

      haha...iya saya juga kadang kesusahan memahami bahasa malaysia ^^

      Hapus
  2. Klu disini ikan itu namanya yellow tail fish or ikan ekor kuning mba..biasanya aku cuma grg biasa tp kali ini aku contek resepnya ya Mba Hesti..makasih :-)

    -Ira-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau di Makassar ikan ekor kuning lain lagi bentuknya, agak panjang berwarna putih tapi ekornya kuning mbak. Beda beda ya...

      Hapus
  3. bukan ikan dorang ka itu kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ikan dorang mirip ikan bawal lebih pipih dan warnanya putih keabu abuan...

      Hapus
  4. thanx mbk bt resepnya,pertama ketemu blog ini pas nyari resep bubur ketan hitam,eh diliat liat asyik2 resepnya keterusan deh...,ni aku ps ada ikan dimasak apa?? eh cocok resep pesmol da sayurannya jg...maju terus mabk buat resep baru lagi...

    BalasHapus
  5. ikan ekor kuning itu kak kl di pulau Jawa. itu di foto kak Hesti ekornya rada kuning juga ekornya. terjemahan inggrisnya kl yellow tail fish refer to a different fish. Itu yg kak Hesti sebut sebagai ikan ekor kuning lebih mirip ke yellowtail snapper aka kakap ekor kuning.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ooohh...hoho...masing masing daerah beda juga referensinya ya. Lain kali mau posting ikan ekor kuningnya Sulawesi biar banyak variasinya ^^.

      Hapus
  6. resepnya seger banget.. mo coba nih..

    BalasHapus
  7. Aga kareba ....., makasih banyak mbak Hesti , blognya mbak sangat membantu saya .

    BalasHapus
  8. @Yossi : silahkan mbak...

    @Siti Khadijah : kareba madeceng Siti, beee engka tau sikampongku hehehe.

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails