Kamis, 03 Januari 2013

Kue Sakura



Sebenarnya dah lama penasaran sama resep ini. Kue favorit waktu aku kecil. Mama dulu sering bikin, tapi ketika aku tanya resepnya katanya udah kececer ke mana nggak tau. Beberapa masih ada dalam buku resep tapi sebagian yang berupa kertas kertas yang disisipkan ke dalam buku ada yang hilang. Kalau nggak salah resep mama pakai air coca cola tuk cairannya. Jadi betul betul rasa karamelnya asli ditambah lagi dengan karamel dari gula.


Aku cari di google, ketemu sama resepnya Mbak Rina Rinso. Resep asli dari Majalah Femina. Cantik sekali penampakannya dan bikinnya juga mudah. Aku bikin saja setengah resep karena resep aslinya sepertinya banyak sekali hasil jadinya. Makasih ya mbak Rina sharingnya...hasilnya ringan, lembut dan very springy...tapi warna kueku nggak secoklat kue mbak. Mungkin karena aku lelehkan karamelnya dengan api kecil, takut gosong dan pahit.

Resep aku kurangi baking powder dan baking sodanya. Hasilnya tetap mengembang indah. 

Bahan :
- 250 gr gula pasir
- 250 ml air matang
- 2 butir telur ayam
- 50 margarin leleh

- 225 gr terigu protein sedang (misalnya segitiga biru)
- 1/2 sdt baking powder
- 1/2 sdt soda kue


 Cara Membuat :
  1. Panaskan dandang dengan panas tinggi.
  2. Siapkan cetakan bolu sakura, olesi dengan margarin hingga rata. Taburi sedikit terigu. Sisihkan. 
  3. Masak 125 gr gula pasir hingga jadi karamel. Tuangi air, jangan diaduk. Masak hingga mendidih. Angkat. Sisihkan. 
  4. Kocok telur dengan sisa gula pasir hingga kental dan mengembang. Tuangi gula karamel sambil dikocok dengan kecepatan rendah hingga rata (saat ini adonan akan encer banget tapi gak perlu khawatir)
  5. Masukkan campuran terigu, baking powder dan baking soda yang sudah diayak. Aduk rata. Tambahkan margarin cair secara bertahap sambil diaduk perlahan hingga rata.
  6. Tuang adonan ke dalam cetakan sampai setinggi 3/4 cetakan. Sebelum dimasukkan ke dalam dandang, hentakkan agar udara yang terperangkap keluar. Kukus selama 15 menit hingga matang. Angkat. Keluarkan dari cetakan.

15 komentar:

  1. wow mbak blognya keren banget, resepnya juga oke oke , salam kenal yah mbak Hesti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syukran ummyahya...salam kenal juga

      Hapus
  2. Hesti...dari kemaren mau balik ke sini kelewatan terus, mengingatkan pada almarhum nenek sy ini :(. thanks for sharing ya...mesti minta cetakan dulu dari Indo nih :)

    BalasHapus
  3. iya mbak hesti... saya juga sudah nyobain resep ini... hasilnya enak banget.tapi gulanya saya kurangi 50 gram soalnya terlalu manis bagi saya trus saya tambahi sedikit bumbu spiku...rasanya jadi enak... wangi rempah... thanks ya mbak Rina Rinso...salam kenal buat mbak Hesti...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betuuul agak sedikit kemanisan buat lidahku. Tapi anak anak suka, hehe
      Perlu dicoba tuh yang pake spikku, dah kebayang wanginya. makasiiih ya mbak idenya ^^

      Hapus
  4. bu...sya nyobain buat kue ini sesuai resep yg tertulis, tp koq jadinya kurang coklat gitu y.? malah lebih ke warna krem..apa ada yg salah y dgn proses masak karamel gulanya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh mungkin karena apinya terlalu kecil. Tapi lebih baik begitu daripada gosong nanti rasanya pahit. kalau mau cokelat aduk saja terus dengan api kecil sampai warnanya jadi cokelat mbak tapi tetap dijaga jangan sampai gosong.

      Hapus
  5. Mbak, baking powder dan soda kue apakah harus..? efeknya apa kalau misal nggak pake 2 bahan itu..?
    Matur nuwun infonya..

    Regards,
    Ayu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keduanya bahan pengembang mbak, kalau nggak pake ya bisa aja bantat atau ngembang tapi gak maksimal. DI dalamnya ada bahan cair jadi ngembangnya dibantu pengembang kue.

      Hapus
  6. Mba..di aq jadinya sepet gtu. Apa krn takaran sodanya gak bener ya? Klo pakai spiku , utk resep di atas kira2 brp bnyk ya? Mksh

    BalasHapus
  7. Mba..di aq jdnya koq sepet" gtu ya...apa krn takaran sodanya gak benar?
    Klo pakai bumbu spiku...kira2 utk resep di atas brp bnyk ya?

    BalasHapus
  8. mbak hesti mau nanya nih adonan karamelx d masukan setelah dingin ato panas2. tq ya mbak

    BalasHapus
  9. @Lydia : biasanya sepet kalau kebanyakan baking soda atau soda kuenya nggak diayak. Jadi ada bagian bagian yg berasa pahit karena butiran kasar dari soda kue. Sebaiknya diayak dulu sebelum digunakan.

    @Aza : setelah dingin...

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails