Wednesday 30 January 2013

KBB #32 : Rolls Nice - Japanese Roll Cake






Sekarang semua pada keranjingan bikin JRC atau Japanese Roll Cake. Motifnya yang cantik membuat semua ingin mencoba. Termasuk tugas KBB #32 kali ini temanya adalah Roll Nice, yaitu membuat JRC. Alhamdulillah sebelumnya aku dah pernah coba jadi sudah ada gambaran cara bikinnya. Selain itu udah dapat tips dari suhunya JRC, Mbak Rachmah ^^ . Makasih ya mbak R, ilmunya sangat bermanfaat.


Tapi walaupun begitu bukan berarti pembuatan JRC kali ini lancar tanpa hambatan. Bikinnya bener bener harus efisien waktu. Satu resep ini dituang ke dua buah loyang dengan motif yang berbeda jadi membutuhkan waktu yang lebih lama di bagian pembentukan motif. Kalau lembutnya sih tetap lembut, khas tekstur kue yang dikocok pisah telur. Cuman permukaannya jadi ada bolong bolongnya. Mungkin karena adonannya kental jadi sewaktu dituang di atas adonan motif kurang terdistribusi rata di sela sela motif. Harus dihentakkan beberapa kali biar rata. Well...setidaknya belajar dari kegagalan dan kekurangan kan??





Di bawah ini adalah resep yang dishare di group KBB ya. Yang aku modifikasi cuman fillingnya. Sebelum diberi cream aku olesi dulu dengan selei, ternyata jadi cantik...bergelombang gitu. Untuk alas loyang aku menggunakan kertas roti biasa. Tapi syaratnya olesannya harus rata dan kertasnya harus licin nggak boleh berkerut kerut karena hasil akhirnya juga nanti berkerut kuenya. Sebenarnya aku ada silpat tapi ukurannya agak besar untuk loyangku yang besar, sayang mau dipotong.

Japanese Roll Cake (JRC)
Resep adaptasi JUNKO Book
Modifikasi : Rachmah Setyawati
---------------------------------------------
Bahan-bahan :
Adonan I
4 butir kuning telur
40 gr gula pasir
40 cc minyak goreng
60 cc air
80 gr tepung terigu

Adonan untuk membuat motif :
60 gr putih telur
15 gr gula pasir
10 gr tepung maizena

Adonan II
160-175 gr putih telur
sedikit garam halus (0,5 gr)
50 gr gula pasir
1 sdt air jeruk nipis
15 gr tepung maizena
1 sdm  Pasta Blueberry /pewarna ungu tua

Filling :
Fresh Cream dingin, non dairy, kocok hingga soft peak. Siap digunakan sebagai filling.

Cara Membuat :

  1. Buat bahan adonan I , kocok kuning telur dan gula pasir hingga mengembang kental. Sambil terus dikocok speed sedang, tambahkan minyak goreng hingga habis, kocok terus hingga merata, lalu mulai tambahkan air sedikit demi sedikit sambil tetap dikocok speed sedang. 
  2. Setelah merata, sekarang masukkan ke dalamnya tepung terigu, sambil tetap dikocok speed sedang, kocok hingga merata dan kental. Sisihkan. 
  3. Sekarang buat adonan untuk MOTIF dulu. Kocok putih telur dan sebagian gula pasir hingga mengembang , tambahkan sedikit lagi hingga habis sisa gula pasirnya, sambil tetap dikocok speed sedang, kocok hingga mulai soft peak. Lalu masukkan tepung maizena ke dalamnya, kocok sebentar hingga tercampur merata kental/soft peak, jangan sampai hardpeak. Matikan mixer
  4. Ambil sebagian adonan I, kira-kira 5-6 sdm, lalu masukkan ke dalam adonan bahan untuk membuat motif tadi, aduk ringan merata. Bagi menjadi 2 bagian. Bagian adonan MOTIF PERTAMA bagi lagi menjadi 3, beri masing-masing warna kuning muda, pink muda dan pink agak tua. 
  5. Siapkan 2 buah loyang ukuran 20X20X5 cm . Siapkan kertas motif yang akan kita buat acuan, letakkan pada dasar loyang, lalu poles kertas ini dengan sedikit mentega di beberapa tempat. Setelahnya baru tutup kertas motif ini dengan kertas roti, selanjutnya tidak perlu dipoles, langsung bisa kita mulai membuat adonan motifnya. Ambil adonan motif warna pink muda tuangkan rapi pada motif love  dua atau tiga buah, baru kemudian ambil warna pink agak tua , tuangkan rapi pada motif love yg masih kosong. Begitu juga dengan motif bentuk polkadot besar dan kecilnya, warna bisa kita sesuaikan selera saja, bergantian antara pink muda, kuning muda dan pink agak tua. Usahakan motif disemprotkan agak tebal supaya kalau dilepas kertasnya adonan motif tidak habis melengket semua pada kertas roti.
  6. Setelah tertuang rapi motifnya, segera masukkan ke dalam freezer hingga adonan motif beku (aku nggak masukin freezer tapi dipanggang semenit saja). Baru bisa ditimpa dengan adonan utama. 
  7. Untuk loyang kedua, terserah kita hendak berkreasi dengan motif apa saja, gunakan bagian adonan MOTIF KEDUA, beri warna sesuai keinginan, bebas berkreasi. Lakukan step motif sama dengan sebelumnya. 
  8. Sambil menunggu adonan motif beku, buatlah adonan ke II (adonan utama)
  9. Buat adonan II ; Kocok putih telur + sebagian gula pasir hingga mengembang, tambahkan sisa gula pasir, kocok lagi sebentar , lalu tambahkan air jeruk nipis, kocok speed sedang hingga soft peak. Kemudian tambahkan tepung maizena ke dalamnya. Kocok hingga merata dan kental/soft peak.
  10. Gabungkan kedua adonan I dan II. Ambil sebagian adonan putih telur (adonan II), masukkan ke dlm adonan I, aduk ringan merata. Baru setelahnya tambahkan sisa semua adonan II, aduk ringan merata. Bagi rata menjadi 2 bagian , yang pertama beri pasta blueberry/pewarna ungu, aduk rata, keluarkan loyang berisi adonan motif dari freezer, tuang adonan pasta blueberry ini di atas motif love tadi. Ratakan ringan saja bagian permukaan atasnya. Siap dioven.
  11. Sementara adonan kedua, gunakan untuk menimpa adonan motif yg kita buat sesuai selera kita tadi, di loyang kedua. Panaskan oven hingga panas cukup tinggi, sekitar 165-175 derajat Celcius, setelah selesai dituang semua adonan, segera masukkan oven , panggang selama kurang lebih 20-25 menit (aku 20 menit)
  12. Setelah matang, keluarkan cake dari loyang, lepas kertas roti hati-hati, biarkan hingga dingin/uap panas hilang. 
  13. Saat cake sudah dingin. Poles bagian permukaan atas cake (bagian yg kecoklatan) dengan bahan filling agak tebal, lalu gulung rapi, bungkus rapat dgn kertas roti penggulungnya. Simpan sejenak di freezer hingga set/keras. Setelahnya barulah dapat dipotong-potong dengan rapi dan cantik, siap dipacking/disajikan.


Di bawah ini sewaktu mebuat motif dan penggulungan.
 


Di bawah ini cara mengisi fillingnya.


yuhuuu di bawah ini logo lulusnyaaaaa...


42 comments:

Anonymous said...

mbak hes.. req buat resep ini donkk :D

http://fromintankitchen.blogspot.com/2013/01/tutty-fruitty-theme-for-today.html


Jessica-

rima rahman said...

mbak hesti,,JRC nya cuantik bangeeet,,jd g tega makannya..

Hesti HH. said...

Hehe...kan dah ada di blognya Masam Manis ^^
Sama aja dengan bolu kukus mekar kita mbak tapi dia pake api kecil biar nggak merekah. Dan menggunakan banyak pewarna...

Hesti HH. said...

Kalau udah di hadapan pasti tega deh mbak, soalnya selain cantik rasanya juga enaaaaak...!!

Tati Widarti said...

yiipeee muncul juga di blog .... cantik bgt mba hesti
mba mau nanya aku pernah bikin tapi pas digulung kok hiasan warna warninya lengket di kertas nya jadi ndak dempel di lapisan bolu gulungnyA... mau bikin lagi coba step by stepnya mba hesti semoga berhasil kali ini ...

Hesti HH. said...

Makasiiiih Mbak Tati,

Dari pengalamanku kalau bikin lapisan motif ditebelin ke atas mbak. Agak gampang karena adonannya memang kental. Sehingga sewaktu dilepas tetap masih ada adonan motif yang nempel di kue. Lepasinnya juga harus perlahan dan harus langsung dilepas begitu kue baru keluar oven.

Kematangan kue juga berperan dalam nempel nggaknya motif di kertas. Kalau underbake kue masih agak basah sehingga bila digulung lengket lengket adonan motifnya, kalau overbake juga tetap nempel di kertas karena terlalu garing. Jadi memang harus ngenalin oven masing masing. Aku pakai 20 menit pas banget. Awalnya 25 menit kegaringan nggak cantik karena lapisan cokelat/garing kuenya merusak penampilan. Cakenya gak mulus putih gitu.

Kalau khawatir melengket di kertas penggulung, boleh dioles sedikit butter/margarin kertasnya mbak. InshaAllah amaaaannn...okey good luck with your next attempt ya ^^

Unknown said...

mba email nya ada ga?

Anonymous said...

Amboiiii, cantik banget Bund,,girly banget kesannya hihihi..btw fresh cream = Whip Cream ya Bund?..pakai pewarna merk apa Bun biasanya?pinknya bagus banget.

Nanda

Isna Sutanto said...

salam kenal mba hesti......suka banget deh jalan2 di blog nya ini....fotonya keren2, resepnya lengkap semua ada disini dan selalu jd inspirasi bt saya nihh.....dah pernah 2x buat JRC ini untuk tugas LBT tp hasilnya ga semulus dan secantik pnya mba hesti.....saya pake resepnya mb R juga.....cm beda tangan beda hasil yaaa mba.....heheheee....

analisa said...

semmpurrnaaa.....

Anonymous said...

salam kenal mba hesti,aku dah buat 2x jrc ini,tapi selalu gagal dirotinya..hiks..jadi motif udah jadi (dipanggang 1 menit) trus begitu ditimpa adonan kue nya,di panggang sesuia waktunya,hasil akhirnya dia masih basah...meski dilapisan atasnya sudah ada lapisan coklatnya..apa ini karna panas oven yang ngga merata ya?

Hesti HH. said...

Ada mbak, hesti.ariefs@gmail.com

Hesti HH. said...

Makasih Nanda....

Benar, fresh cream = whipped cream dairy. Tapi bisa juga pake nondairy seperti Haan. Lebih kokoh dan gak cepat leleh.
Pewarna pake wilton.

Hesti HH. said...

Salam kenal mbak Isna,

Muakasiiiih apresiasinya mbak,
Jangan pesimis mbak, aku juga awal bikin gak semulus dan secantik ini...tapi karena dicoba terus dan tau dimana selanya lama kelamaan lumayan hasilnya. Jam terbang berpengaruh ternyata !! hehe

Hesti HH. said...

Makasiiiih mbak....

Hesti HH. said...

Salam kenal juga...

Aku pertama bikin mirip seperti itu. Tapi aku agak cokelat dasarnya mbak, jadi sewaktu dilepas motifnya lengket dan warnanya kecoklatan. Tapi setelah itu aku pindahkan rak ovennya ke tengah (awalnya paling bawah) hasilnya membaik mbak. Kalau resepnya mbak masih basah artinya kurang waktu panggangnya. Emang harus pahamimengenal dengan baik oven kita, nggak semua panasnya sama.

Unknown said...

Baaaguuussss bangeet mba.. Dah pengen bgt bikin roll cake,, tp blm punya loyang nyah... Hehehe.. Tp resepny dah masuk k baking list nyah sy niy..

Thanks mba cantik.. Ur so inspiring...

Hesti HH. said...

MAkasih juga mbak, semoga nanti percobaannya berhasil yaaaaa...

Anonymous said...

halo Mba, cantik sekali kuenya...saya baru pemula ^^. Kl boleh tau menimbang cairan putel itu bisa ditimbangan tepung biasa kan mba? atau harus pakai timb.digital? trims

Hesti HH. said...

@Anonim : makasih mbak, sama aja kok. Nggak harus digital aku pake timbangan biasa. Cuma harus bersih benar bebas dari lemak timmbangannya supaya ngembangnya maksimal. Jadi kalau mau putih telur ditimbang duluan atau bisa juga setelah menimbang bahan lain dicuci lagi timbangannya.

Anonymous said...

so kiuut
hesti
fillingnya fresh cream + non dairy
fresh cream n non dairy sama ga dgn whipped cream?
sori msh tk di bakery nih he3x
thx
cc

Hesti HH. said...

Makasiiih mbak.
Iya mbak, fillingnya perpaduan fresh cream dan non dairy whipped cream.
Dua duanya sama sama whipped cream kalau udah dikocok. Bedanya kalau fresh cream terbuat dari kepala susu yang tentu saja lebih berasa gurihnya susu sedangkan non dairy terbuat dari lemak nabati yang umumnya sudah manis.

Anonymous said...

hesti
he3x aku nanya lg yaa
lapisan kulit atasnya di buang dulu yaa sblm dikasi strawberry jam
soalnya difoto warnanya putih tuh
penasaran nih ama roll cake
gatot melulu gulungnya
tq
cc

Hesti HH. said...

Kalau aku nggak dikupas mbak. Tapi kalo khawatir seleinya nggak lengket bisa dikupas. yang putih itu bagian dasarnya mbak, kalo permukaannya agak kecolatan tp nggak kentara karena ketutup ama selei ^^

sulfa said...

Hai bu
ªќϋ kok bingung ea langkah k 10 mpe 12, maksudna ntar jd 2 roti gt atw gmn? Trus misal Ъќ pake kertas motif gmn, bs ?
ªќϋ kan msh amatir ♧È‹È‹̊γ̲̣̣̥ÿ̲̣̣̣̥γ̥É‘̤̥̈̊α̣̣̥α̍̍̊α̇̇̇̊♧ , klo pake double pan gt bs Ъќ sih ? °·♥·♡τнäηκчöü♥·♡·° ♧È‹È‹̊γ̲̣̣̥ÿ̲̣̣̣̥γ̥É‘̤̥̈̊α̣̣̥α̍̍̊α̇̇̇̊♧ infona,suka banget ma karya2 bu hesti

Hesti HH. said...

Iya, jadinya nanti 2 bolu gulung mbak.
maksudnya nggak pake kertas motif itu polos aja?? ngga apa apa kok. Tapi sebaiknya tetap dialas kertas roti walaupun gak ada motifnya.

Nggak bisa kasih tau hasilnya karena belum pernah coba pake double pan.

Anonymous said...

mba hesti, saya ijin nyontek dan nyobain resep JRC ini ya
wish me luck :D

Wooden Pin Pastry 'n Cakes Specialist said...

ya ampuuunn cantik bangeetttttt...!!!!pengen bikin ahh :D makasih mba hes...blogmu sungguh inspiratif banget hahaha :D

Unknown said...

Kereeeeeeen!!aq yg tinggal di jepang blm pernah mkn roll cake model gini,lagian mahaaaaaal(^_−)−☆ boleh nyoba yach resepnya m'Hesti,yg lalu vanilla cake gak ijin dulu dah dibuat hehehe...arigatooo ilmunya m'hesti

Hesti HH. said...

@Dapur Eka Felira : good luck ya mbaaak...

@Wetysweety : makasih mbaaaak...

@Widya ; no problem mbak, emang resepnya untu dishare kok....makasih jugaaa

kue kering said...

Mbak hesti salam kenal.....aq suka baca blog2nya mbak hesti semuanya menarik untuk di coba makasih yaa mbak resep JRCnya ,aq pengen membuatnya .....

Hesti HH. said...

Salam kenal juga mbak, semoga berhasil ya bikin roll cakenyaaa

Unknown said...

Slm kenal mbak hesti....alhamdulillah mbak berkat resep mbak hesti yg bikin cheese stik berhasil setelah 2x gagal,nah kemarin nyoba utk jrc motifnya bagus...tapi rotinya bantat...kmd hr ini coba dulu yg roll cake biasa akhirnya berhasil tapi sy pakai suhu oven dgn panas 200 c kalo jrc pake suhu segitu bisa ga ya mbak

Destiya Imaniar said...

Mba cantik bgt jrc nya jd pgn bikin....Tp takyt gagal.... Copy resepnya ya..bleh? Ada tips biar g gagal gmn mba? Mksh

Hesti HH. said...

Salam kenal juga mbak Febri, alhamdulillah kalo cocok sama reepnya.
Kalau JRC kangan terlalu tinggi apinya mbak entar gosong padahal belum matang sempurna

Hesti HH. said...

Boleh dicopy, saya doakan cepat dicoba dan sukses yaaaaa
Tips anti gagal? ikuti aja step by stepnya mbak iinsyaAllah berhasil ^^ semangat

saudatina said...

mbak hesti aku mau nanya, oven ku kan harus manggang kue nya satu2.. loyang dua kira2 bisa menunggu ga.. giliran dengan loyang pertama, takutnya ga sengembang cake yang pertama thx ya

Hesti HH. said...

Maaf mba saya juga nggak ngerti karena belum pernah coba di resep yg ini....maaf yaaa

lia said...

mba hesti klo kertas rotinya harus dioles margarin di bagian atas yg nempel ke adonan atau bagian bawah yang nempel ke Loyang? aku pernah nyoba oles ke bagian yg nempel ke adonan ee malah tampilan motifnya jadi jelek, keliatan bgt bekas margarinnya. trus aku coba gak oles sama sekali malah bergelombang kertas rotinya, dan otomatis permukaan cake yang bermotifnya juga jadi bergelombang.... aku belum coba oles di bagian bawah kertas yg nempel ke loyang... minta sarannya mba supaya permukaan cake yg ada motifnya bias cakeepp n mulus kayak punya mba hesti. thanks

Hesti HH. said...

Ngga perlu mba. yang dioles itu kertas motifnya aja bagian atasnya. Bagian gambar kan di bawah.
Olesnya harus rata mba semuanya terkena biar gak keriput. Lalu dirapikan diratakan kertasnya untuk menghilangkan keriput.

nurul magfirotunnisak -fifi- said...

Assalamualaikum mba hesti, kalau sama resep mba hesti di : http://hesti-myworkofart.blogspot.co.id/2012/12/japanese-roll-cake.html menurut mba hesti lebih lembut yang mana, makasih mba.. aku pengen nyoba tapi bingung pilih resepnya. hehe

Hesti HH. said...

Waalaikumsalam, sama mba lembutnya beda tipis aja hasilnya.

Post a Comment

Coconut Custard Buns & Plaited Coconut Bread

Assalamualaikum. Selamat Hari Raya Qurban teman teman, semoga amal ibadah dan qurban kita diterima oleh Allah Subhanahu Wata'ala. ...