Jumat, 01 Februari 2013

Lapis Cokelat Susu NCC


Keturutan juga bikin kue ini. Padahal udah lama aku bookmarked, semenjak Bu Fatmah Bahalwan posting di Face Booknya. Terima kasih ya bunda, udah dishare resepnya. Your recipes never failed me...

Penampakannya seperti kue lapis tradisional biasa tapi sebenarnya beda, rasa kue ini lebih rich karena menggunakan banyak telur, mentega, santan serta susu kental manis. Gurih dan lembut pokoknya...dan agak berminyak. Aslinya layernya ada 16 tapi karena aku mencoba setengah resep dan dituang di loyang brownies hasilnya kurang 6 lapis. Jadi agak pendek. But no problem...the cake still look pretty, right....??

Yang perlu diperhatikan pada saat mengukus adalah ketika uapnya sudah banyak, api kompor diturunkan jadi sedang supaya hasilnya mulus gak bergelombang. Dan kalau bikin setengah resep (agak kecil) waktu kukusnya tidak perlu 5 menit, bisa kurang yang penting permukaan dah kelihatan set. Resep asli di bawah adalah 1 resep. Aku bikin separuhnya aja.




28 komentar:

meilya dwiyanti mengatakan...

must try niih mbaak....

kayaknyaa enaaaaakkk

Hesti HH. mengatakan...

Betul mbak, enak. Apalagi kalau dah keluar kulkas. Pas masih panas aku rasa manis sekali, tapi setelah dingin udah pas menurutku.

Anonim mengatakan...

mbak,apakah tekstur kuenya mirip dengan lapis pandan (pakai terigu)yang pernah dibuat mbak hesti?saya udah praktekin lapis pandannya,tapi kurang sreg dengan teksturnya,bahasa jawanya nggadhel gitu lho....aduh gimana njelasinnya ya,hehehe terasa kayaknempel di gigi terus gitu lho...hehehe coba deh tanya suami mbak hesti artinya.
tapi kalo teksturnya beda ya,tantangan juga buat dicoba nih...trims ya mbak udah berbagi resep.cantik2 pula fotonya...^ _^

Nisa's Mom mengatakan...

aku mauuuuuuuuuuu...!! dah beli kukusan gueeedee dari toko korea xiixixi... *bangga pisan*

Hesti HH. mengatakan...

hihi iya memang mbak, kue lapis yang berbahan terigu memang umumnya begitu. Saya ngerti maksudnya mbak. Rasanya enak tapi memang teksturnya seperti itu.

Kalau yang ini teksturnya lebih ringan. Makannya cocok pake sendok. Seperti custard teksturnya. Kalau kata anak anak agak berminyak karena memang pakai mentega. Kalo hubby sih suka yang tanpa telur dan mentega...tapi tetep aja dimakan juga hehe.

KAlau khawatir nggak suka ma teksturnya bisa dicoba setengah resep dulu mbak kayak aku. Resep di atas satu resep untuk loyang 18x18.

Hesti HH. mengatakan...

hihihi...asyiiiik tuh mak, langsung eksekusiiiii...

Shinta Damayanti mengatakan...

Waduh jadi pengen!! Mbak Hesti bloggnya aku follow ya... Terimakasih sebelumnya. Resep bakpia pathok dari mbak sudah tayang di blogku lho... Pertama kali upload pakai blogger langsung nih. Biasanya pakai MP.

Tati Widarti mengatakan...

cantik ya mba jadi pingin....recipe card nya keren mba... yg diresep ini udah 1/2 resep apa belum mba hesti

Hesti HH. mengatakan...

Makasih juga mbak dah nyobain resepnya. Entar aku maen maen ke blog yaaaaa...

Hesti HH. mengatakan...

Makasih Mbak tati,

Belum mbak, resep di atas untuk satu resep. Kalau mau dibagi 2 sendiri pake loyang yang kecil.

eonnieida mengatakan...

wah enak banget ya....praktek dulu aah...

Eci mengatakan...

mba hesty..ngaduk bahan A nya cukup pake sendok spatula aja atw hrs diaduk pake mixer spy gula larut?

Hesti HH. mengatakan...

Iya mbak pake whisk tangan aja perlahan sampai gulanya larut.

zana fahmi mengatakan...

Salam kenalan Hesti, saya dari Sabah datangnya ni. Menarik sekali kuih lapis tu. Dimana2 pun ramai yang suka kuih ni tapi saya tidak begitu mahir melapis :)

Hesti HH. mengatakan...

Salam kenal Zana,

Sebenarnya mudah dan tidak memakan waktu lama, tapi terkadang kita sudah terintimidasi dengan jumlah layernya. padahal masing masing dikukus hanya sekitar 5 menit. Ayo dicoba supaya tau asyiknya membuat lapis ^^

eka sari mengatakan...

salam kenal ^_^ resepnya enak2 aq udh pnh coba yg egg tartnya..padahal br pertama buat kulit pie tp bener2 crunchy bgt...perfect :) oya mbak ada resep puyung hai ga yah??lg pgn bgt... btw sukses trs ya dgn blog dan resep2nya

Dapurmamasofi mengatakan...

assalammualaikum mbk hesti, suka sekali jalan2 ke sini dan mencatat resep2nya mbk hesti, beberapa sudah dieksekusi tapi belum pede pamer karena potonya kurang oke alias ngga banget mbk, boleh ngga dishare cara ngedit pake apa poto2nya mbk hesti, terus kalo mau upload diblog diresize ngga mbk, o ya pertanyaan borongan gimana cara buat poto kue lapis mbk yg ada tulisan resepnya spt diatas? hehehehe
matur nuwun sebelumnya

Anonim mengatakan...

assalamualaikum mba hesti...
mbak aku pengen bikin lapis susu ini..di cara bikin disebutkan kalo loyangnya dialasin plastik dulu.plastik apa ya mbak..?kalo ga pake plastik lengket ya mbak? soalnya aku agak kurang sreg kalo ada bahan plastik yg mesti dimasak takut ada efeknya..
maaf ya mbak pertanyaannya amatir hehehe..udh pengen bikin nih buat camilan anak2. hehehehe
makasih sebelumnya ya mbak..

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam, maaf baru bales mbak. Komen yg masuk banyak sekali sampai kadang ada yg terlewat tu dibalas.

Saya ngeditnya pake photoscape mbak. Download gratis kok. Iya harus diresize mbak sampai sekitar 200an kb.

Untuk foto yg ada tulisannya ada semua di program photoscape. jadi mbak download dulu baru bisa tahu.

Hesti HH. mengatakan...

Salam kenal mbak,

Alhamdulillah kalo sukses bikinnya mbak. Kalau puyung hai blm pernah buat...maaf ya mbak ^^ dan makasih doanya...

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam,

Memang aku tulis begitu ngikut resep asli Bu Fatmah mbak. Tapi aku jg nggak pake kok. Bener zat kimianya bercampur dengan kue pada saat proses pemanasan. Aku oles aja minyak sisi sisinya. Begitu matang, kikis pinggirannya perlahan dgn pisau lalu keluarkan...

Hesti HH. mengatakan...

sisi sisi dan bawahnya ya mbak.

Kue Lapis Legit Coklat Susu mengatakan...

Makasih Mbak Hesti resepnya. Saya Catat Dulu Ya Biar Nggak Lupa Cara BIkinya . He he

Hesti HH. mengatakan...

Silahkan...

novalind johan mengatakan...

Mbak Hesty, klu dimanado ini namanya kue balapis. Almarhum Mama saya suka buat, tp saya ga bisa bikin. Sekarang saya mau belajar buat nih lewat resep ini. Makasih ya mbak udah share resep nya.. Kue ini mengobati rindu saya ke almarhum mama..

Hesti HH. mengatakan...

Oh saya kira balapis itu kue lapis beras mbak....ternyata malah lapis susu ya. Alfatihah buat mama mbak Novalind...

novalind johan mengatakan...

Betul mbak Hesty, balapis itu lapis beras. Tp anak2 mama semua suka yg ini, dan kita sebut nya balapis. Hehhe.. Btw, makasih mbak Hesty.. Saya mau lanjut kelilingin resep mbak Hesty lagi. Semoga mbak Hesty sehat2 selalu bersama keluarga tercinta. Amin

Hesti HH. mengatakan...

Ohhhh...hahahaha, begitchu toh ^^
Oke deh happy browsing yaaaa, makasih banyak buat doanya mbaaaa

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails