Kamis, 21 Februari 2013

Banana Roll with Cheesecake Filling



Sudah lama aku bookmarked baru sekarang kesampaian bikinnya. Ya begitulah friends...kalau beli banyak duren postingannya dureeeeeen terus, kalau lagi banyak creamcheese yang diposting yang berkeju keju terus. Beli creamcheese sekilo, sudah dibikin blueberry yogurt cheesecake, udah dibikin frostingnya red velvet cake kemarin, dan sekarang bolu gulung pisang isi cheesecake. Masih ada sisa 300an gram cream cheese. Jadi... tunggu ya, masih ada satu resep keju lagi menunggu untuk dipraktekkan....hehe semoga nggak bosan.


Resep yang satu ini unik. Biasanya bolu gulung itu dibikin dulu terpisah bolu gulungnya dan fillingnya. Nah, resep yang satu ini unik, isi dan kuenya dipanggang bersamaan. Jadi nggak pake acara oles oles...langsung digulung begitu keluar dari oven. Praktis. Resepnya dapat dari "Eat Cake For Dinner". Jadi dapat dua jenis kue dalam satu resep. Banana Roll dan cheesecake. Resepnya nggak pake mentega tapi creamynya didapat dari cheesecakenya. Metode pengocokan pisah telur sehingga kuenya lembut. Resepnya menggunakan baking powder dan baking soda yang aku rasa sebenarnya nggak perlu untuk resep kue yang menggunakan teknik pisah telur. Tapi tetap aja aku ikuti resep aslinya.Teknik ini menghasilkan kue yang ringan mengembang. Tapi ketika digulung, karena dipadatkan jadinya teksturnya menjadi lebih padat nggak seperti kue chiffon pada umumnya. Tapi secara keseluruhan enak. Alasan aku bikin ini juga selain penampilannya yang cantik karena reviewnya juga enak.


Hasil gulunganku nggak sebanyak resep aslinya karena aku menggunakan loyang yang lebih kecil 30x25cm. Soalnya aku nggak punya loyang 38x25 seperti di resep asalnya. Hasilnya kuenya tebal. Karena kuenya tebal aku menggulungnya dari sisi yang terpanjang padahal seharusnya dari sisi yang terpendek. Aku takut nantinya kuenya terlalu besar kalau ikuti resep asli. Hasilnya pas kok dan cantik cuman kurang banyak gulungannya. Kalau rasa...bayangkan saja perpaduan antara kue pisang dan cheesecake. Pasti enaklaaaah...cuman menurutku agak sedikit kemanisan. Lain kalo bikin harus dikurangi gulanya.


Berikut resep dari "Eat Cake For Dinner" ya ...

Cheesecake Filling :

- 300 gr cream cheese, biarkan di suhu ruang
- 1/2 cup gula halus
- 1 butir telur
- 3 sdm susu cair
- 1 sdt vanilla extract (aku pake vanili bubuk 1/4 sdt)

Banana Cake :
- 1/2 cup terigu protein sedang
- 1/2 sdt baking powder
- 1/4 sdt soda kue
- 4 kuning telur
- 1/2 sdt vanili bubuk
- 1/3 cup + 1/2 cup gula pasir, dipisah
- 1/2 cup pisang lumat
- 4 putih telur
Cara membuat :
  1. Panaskan oven 375 F atau 180 C. Olesi loyang dengan butter beri alas kertas roti lalu olesi lagi butter dasar dan sekelilingnya. Dalam wadah, ayak terigu, baking soda dan baking powder bersamaan. Sisihkan.
  2. FIlling : kocok creamcheese dan gula sampai lembut, tambahkan telur, vanili, susu cair lalu kocok lagi hingga rata. Tuang ke dalam loyang sambil diratakan. Sisihkan.
  3. Kocok kuning telur dan vanili hingga pucat, masukkan 1/3 cup gula kocok lagi sampai rata. Masukkan pisang, aduk rata.
  4. Dalam wadah yang bersih kocok putih telur sampai soft peak lalu tambahkan sisa gula pasir sedikit demi sedikit sambil dikocok terus sampai hardpeak.
  5. Masukkan adonan kuning telur ke dalam adonan putih telur lalu aduk asal rata. Taburi tepung sambil diaduk sampai rata. Tuang ke atas adonan keju lalu panggang selama 20 menit.
  6. Angkat lalu kikis sekelilingnya. Taburi gula halus/donat permukaannya agar tidak melengket ketika digulung. Tutup dengan serbet bersih atasnya. Balikkan ke atas rak pendingin sehingga lap berada di bawah. Lepaskan kertas rotinya. Gulung sambil dirapatkan. Setelah dingin dipotong potong. Apabila ada sisa, bungkus dengan kertas roti/cling wrap lalu simpan dalam kulkas.





19 komentar:

tika hapsari nilmada mengatakan...

Cantik kok Hes....
Jadi ngiler lihat bentuk cake yang padat dan cheesecake filling-nya :)

Lina IbunyaAzRaf mengatakan...

mba'yuuu i sent u an e mail lhoo... Have u read it??

Lina IbunyaAzRaf mengatakan...

hay mba... Have u read my mail?

Hesti HH. mengatakan...

@mbak Tika : makasiiih mbak....

@Lina : email??? entar ta'cek lagi ya. Mungkin ketimbun sama email yang bejibun ^^

Nisa's Mom mengatakan...

ooh wow, so lite just with a white eggs!! *Always happy to find 'a banana left over' using recipe LOL * - never angry to old banana no more, thank you mba Hesti

fitriput mengatakan...

Mbak Hesti, gula yg harus dikurangi yg adonan cheesecake filling atau yg adonan banana cake nya? makasih bnyk ya mbak ^^

Vivian Pang mengatakan...

Very unique! I used to buy 1kg cream cheese too. Well this recipe is good to go! Do drop by my blog for Giveaway. Good luck!

Bunda Nina mengatakan...

penasaran dengan rasanya, kayanya unik ya mbak kombinasi krimchiz dan pisang ini

Hesti HH. mengatakan...

@Nisa's Mom : always happy to try out more banana cake recipes ^^

@Fitriput : di bahan cakenya mbak. Tapi ternyata pas dah dingin nggak terlalu manis kok.

@Vivian Pang : thanks Vivian. I'll drop by the soonest...

@ Bunda Nina : bener, enak ini mbak

CT Delima mengatakan...

As'salamualaikum Hesti, sebenarnya kak ct memang gemar dengan kue yang melibatkan pisang. selain wangi dengan harumnya pisang kue juga jadi enak sangat2 kan.

untuk kemanisannya gulanya yang mana ya harus dikurangi.. adonan Banana cake atau creamcheese fillingnya. mahu dicoba juga ni hehehe. makasih ya, kak ct copy dulu resepnya :D

Hesti HH. mengatakan...

@ CT Delima : Waalaikumsalam Kak CT,
Benar sekali akak, sekeluarga juga suka resep olahan pisang. Menurutku yang agak manis itu bahagian luarnya (banana cakenya)kak jadi bisa dikurangkat sikit saja sukatan gulanya.

indah sarah mengatakan...

Assalamualaikum mba hesti.. Aku udah coba resep..sangat sangat enak kata suamiku ;) ijin resepnya aku post di blogku ya mbaa.. Tapi fotoku ndak secantik punya mba hesti :)) dan mau tanya cara potong supaya rapi gmn..apa krn kurang set cake aku ya mba? Aku coba setlh gulung terus masuk kulkas baru set kalo dipotong..

Anonim mengatakan...

mba,,, 1 cup itu sama dengan berapa kg??

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam,

Alhamdulillah kalo suka mbak,
Kalau mau rapi potongnya bisa pake cutter mbak, potongnya perlahan aja sambil dipegangin pinggirnya biar nggak beremah...dah setelah dingin mbak baru dipotong lebih bagus hasilnya.

Hesti HH. mengatakan...

Kalau cup itu beda beda mbak. Untuk tepung beda, gula juga beda cairan juga beda. Tapi umumnya 1 cup terigu itu = 150 gr tepung

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum mbak hesti..
Mau nanya utk fillingnya pake berapa buah telur? Di resep ada tulisan masukkan telur. Makasih :)

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam mbak,

Di atas ada kok mbak tertulis jumlah telurnya. Hanya sebutir.

Anonim mengatakan...

Mba' kok bagian pisangnya bisa berwarna coklat yah??? Saya coba buat warnanya kuning pucat mba

Hesti HH. mengatakan...

Mungkin jenis pisangnya beda mbak, saya pakai pisang raja.

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails