Senin, 25 Februari 2013

Passau Nggela (Sulawesi Tenggara)




Resep ini aku dapat dari Majalah Sedap. Sebelumnya belum pernah dengar namanya. Cari di google juga nggak ada info sama sekali. Padahal kue Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara nggak jauh beda lho. Tapi aku tertarik karena bahannya labu. Suka kue berbahan labu maupun pisang. Jadi segeralah aku praktekkan.


Hasil akhirnya enak. Aku kan pecinta kue tradisional. Labunya manis dan cantik teksturnya. Cuman lapisan terigunya kurang gurih menurutku. Selain itu lapisannya terlalu tipis. Butuh santan lebih banyak dan tambahan garam. Lain kali dicoba dengan modifikasi sendiri. Tuk resep ini silahkan disimak ya...

Bahan :
- 250 gr labu kuning kupas
- 2 biutir telur
- 75 gr gula pasir
- 100 ml santan dari 1/2 butir kelapa
- 100 gr tepung beras
- 1/2 sdt vanili bubuk
- 1/2 sdt garam

Bahan II :
- 3 sdm tepung terigu
- 2 sdm gula pasir halus
- 150 ml santan kental, dari 1/2 butir kelapa

Cara membuat :
  1. Bahan I, kukus labu sampai matang dan empuk. Lumatkan hingga halus.
  2. Kocok telur, gula dan vanili hingga setengah mengembang.
  3. Masukkan labu, santan, tepung beras dan garam. Kocok hingga kental.
  4. Tuang setengah bagian adonan ke dalam loyang kotak 18x18x7cm.
  5. Kukus dengan api sedang selama 10 menit sampai setengah matang. Tuang 1/2 bahan II di atasnya. Kukus 5 menit.
  6. Tuang sisa adonan bahan I. kukus lagi 10 menit. Tuang sisa bahan II. Kukus 20 menit hingga matang.

11 komentar:

analisa ummu abel mengatakan...

insyaAllah mau coba yg ini mba hesti... mohon ijin :)

Lina IbunyaAzRaf mengatakan...

waw...!!! Mirip kaya kue talam yah? hanya lapisan'y ada tiga... Cantiiikk...

Hesti HH. mengatakan...

@Analisa : silahkan mbak, semoga suka yaaa...

@Lina : makasiiiih, lapisannya 4 lho mbak ^^

Lina IbunyaAzRaf mengatakan...

hahayy... Iya yah, lapisan atas'y ga kehitung... Hehehe...
Aku mau nanya mba, kalau membuat kue talam, lbh baik d cetak satu2 atau dituang d satu loyang trus baru d potong2??? Soalnya kalo jadi, nanti mau dijadikan slh satu resep kue untuk snackbox... Dan yg terpenting, mana yg hasilnya paling bagus??? Mkc ya....

Nisa's Mom mengatakan...

mirip talam kukus ya mba, paling suka bikin kue2 tradisional saat Ramadan :)

tata | bonitafood mengatakan...

Sukaaaaa setiap sekali nemu makanan dengan nama "aneh" di blognya mbak hesti... Belajar lagiiii :D

Hesti HH. mengatakan...

Kalau aku lebih cantik yang satu satu mbak walaupun time consuming sih.

Hesti HH. mengatakan...

Iya beneer mbak, kalo aku kapan aja asal ada bahan sisa, qiqiqi

Hesti HH. mengatakan...

Hahaha...iya soalnya masih jarang yang buat jadi nggak faniliar dgn namanya ^^

zusanty mengatakan...

Waktu masih kecil...mamahku suka bgt bikin passau dari pisang ma labu, cuman dulu aq ga suka krn sring berair...liat penampakan pasau ini jadi pengen bikin hehehe...

Hesti HH. mengatakan...

waaaaah ternyata beneran ada kue passau nggela ini ya?? kalau pake pisang sama aja ya mbak? cuma ditukar labunya???

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails