Rabu, 30 Januari 2013

KBB #32 : Rolls Nice - Japanese Roll Cake






Sekarang semua pada keranjingan bikin JRC atau Japanese Roll Cake. Motifnya yang cantik membuat semua ingin mencoba. Termasuk tugas KBB #32 kali ini temanya adalah Roll Nice, yaitu membuat JRC. Alhamdulillah sebelumnya aku dah pernah coba jadi sudah ada gambaran cara bikinnya. Selain itu udah dapat tips dari suhunya JRC, Mbak Rachmah ^^ . Makasih ya mbak R, ilmunya sangat bermanfaat.

Selasa, 29 Januari 2013

Roti Cokelat


Roti cokelat ini adalah adalah roti biasa yang sering aku bikin. Menggunakan metode water roux. Hanya kali ini aku buat model lain lagi biar nggak bosan. Satu adonan aku bagi dua warna. Sepertiganya dikasih coklat pasta homemade lalu dibentuk dengan cara ditumpuk. Ketika dibelah kelihatan lapisannya. Cantiiik yaaa...

Senin, 28 Januari 2013

Pisang Goreng



Tidak ada yang istimewa dengan pisang goreng. Semua orang bisa bikin snack yang satu ini. Murah, meriah. Cuman butuh pisang kepok matang dan tepung serta sedikit garam. Tapi tuk anak anak, pisang goreng nggak ada matinya. Nggak pernah ada kata bosan makan pisang goreng.
Waktu aku kecil pisang goreng yah digoreng begitu saja dengan tepung. Kita menikmatai apa adanya tapi tetap enak. Zaman sekarang anak anak suka dengan tambahan ini itu sebagai toppingnya. Termasuk anak anakku. Sebenarnya itu bukan ajaranku, tapi ajaran dari kantin sekolah...hehe karena disana dijual seperti itu untuk menarik anak anak.

Nah kebetulan hari ini dapat pisang dari halaman rumah satu tandan. Aku bagi 2 dengan tukang kebun masih banyak juga. Untungnya pisang kepoknya ukurannya imut. Mungkin kurang gizi karena dibiarkan tumbuh di halaman tanpa ada perhatian khusus. Eh...tiba tiba sudah berbuah saja. Alhamdulillah.

Yamg di bawah ini cuma aku beri susu kental manis, parutan keju dan taburan gula palem. Langsung ludes tak bersisa...pake acara rebutan remah remah kerupuknya lagi.



Sabtu, 26 Januari 2013

Ketupat Kandangan & Pais Sagu






Ketupat Kandangan adalah salah satu makanan khas Kalimantan Selatan tepatnya di daerah Kandangan. Ketupat ini terdiri dari kuah santan, ketupat dan ikan gabus bakar serta disajikan bersama sambal binjai. Nah kalau pada umumnya ketupat itu dimakannya pake sendok, nah kalau ketupat kandangan ini uniknya  dimakan menggunakan tangan. Beras khusus digunakan pada pembuatan ketupat agar nasinya terhambur ketika dimakan. Nah nanti kuahnya akan terserap oleh nasi. Uniiik kan?







Satu lagi kue dari banjar yatiu Pais Sagu. baru kali ini juga aku coba. Dan langsung jatuh hati. Kue ini menggunakan sagu basah dan potongan pisang yang diisikan ke dalam daun pisang lalu dimasak. Makannya dengan ditaburi kelapa parut dan gulah merah. Uniiik juga dan enaaak. Kedua resep ini hasil berguru ke Mbak Kamelia Marfuah dari Cozy Kitchen. Beliau adalah orang asli Banjar. Makasiiih banyak ya mbak tuk resep dan tipsnya. Semoga ilmunya barokah.


Tuk teman teman yang tertarik dengan resepnya silahkan download majalah online Rasa Indonesia edisi 4 (Januari-Februari). Di dalamnya banyak foto foto menarik serta pembahasan ilmu photography yang kali ini menampilkan topik Low Light Photography. Yuuuuk download ya, gratis kok!

Selasa, 22 Januari 2013

Sanggara' Peppe' (Pisang Goreng Penyet)



Kalau di Jawa ada tempe atau ayam penyet, di Sulawesi ada pisang penyet. Selain pisang epe' yang dibakar ada juga sanggara' peppe'. Peppe' artinya pukul atau geprek, sanggara' berarti goreng. Jadi sanggara' peppe' artinya pisang yang digoreng lalu digeprek. Yang digunakan adalah pisang mentah. Yaitu yang sudah tua tapi belum matang. Maksudnya sudah tua dipohon dan biasanya udah dipanen untuk kemudian diperam. Jadi warnanya masih hijau. Serupa dengan pisang yang dibikin keripik. Pisang ini digoreng lalu digeprek hingga pipih lalu digoreng lagi hingga garing dan renyah dan dimakan bersama sambel. Mungkin untuk orang di luar pulau Sulawesi agak aneh dengan camilan yang satu ini. Lhaaa kok pisang dimakan bersama sambel. Tapi kalau yang udah biasa gorengan ini enaaaak sekali. Karena rasa pisangnya tidak manis makanya dia diberlakukan seperti savory snack dan dimakan bersama sambel. Sama seperti sukun atau singkong goreng.

Minggu, 20 Januari 2013

Sayur Asem Belimbing Wuluh



Habis ngobrak abrik resep sajian sedap aku ketemu resep sayur asem belimbing wuluh. Kebetulan kemaren habis panen belimbing. Belimbing termasuk sayur yang cepat rusak jadi harus segera dipakai. Nah ternyata sayur asem tanpa asam jawa ini enak juga. Kuahnya bening, rasanya segar dan light karena bumbunya semua diiris nggak pake acara ngulek ulek. Berikut resep dari Sajian Sedap dengan sedikit modifikasi.

Jumat, 18 Januari 2013

Menaklukkan si Bolu Peca'...



Kue bolu peca'merupakan salah satu jajanan tradisional Bugis Makassar dan wajib ada dalam acara acara besar seperti nikahan. Sudah umum diketahui kalau kue kue yang disajikan dalam acara acara ini rasanya mayoritas super manis. Walaupun bukan favoritku tapi karena ingin melestarikan jajanan khas Sulawesi ini aku niatkan tuk bikin. Rasanya bukannya tidak enak, tapi sangat manis. Teksturnya sebelum diberi gula agak kenyal dan sama sekali hambar. Setelah terserap gula teksturnya jadi lembut, moist dan manis tentu saja. Di rumah, hubby cobain dikit aja sudah nggak mau lagi. Aku juga cuman dua potong...itupun makannya dikit dikit. Heran tapi...kue ini banyak sekali peminatnya, terutama orang Bugis Makassar *ya iyalaaaah* dan anak anak juga suka sekali. Syukurlah kuenya tidak mubazir ^^ .

Kamis, 17 Januari 2013

Sambel Tumis



Sambal ini adalah adalah satu sambal favoritku. Dulu mama biasa bikin dalam jumlah banyak tuk stok beberapa hari. Bisa disantap dengan apa saja. Bisa dengan ikan bakar, ikan goreng, bahkan dengan singkong goreng sekalipun. Orang Makassar memang makan sambel dengan apa saja. Pisang gorengpun dimakan dengan sambal, hehe. Resepnya seperti sambal terasi pada umumnya tapi ditambahkan udang kupas ke dalamnya untuk menambah wangi aromanya dan tentu saja protein seafood.

Bahan :
 - 100 gr udang kupas 
 - 5 sdm minyak goreng

Bumbu halus :
- 3 buah cabe merah
- 20 buah cabe rawit
- 1 sdm terasi bakar
- 3 buah tomat ranti/sayur
- garam secukupnya
- 1 sdt gula merah
- sedikit kecap manis

Cara membuat :
  1. Panaskan minyak dalam wajan. Tumis bumbu halus sampai wangi. Tumis agak lama sambil diaduk aduk supaya sambel tahan lama.
  2. Masukkan udang dan kecap manis, masak sampai udang berubah warna. Matikan api. Siap disajikan.




Hmmmm...mantap dimakan dengan ikan goreng dan lalap....

Selasa, 15 Januari 2013

Bubur Ketan Hitam plus Dange & Durian



Sebenarnya bubur ketan ini biasa aja seperti yang biasa aku bikin. Teman teman juga pasti dah sering bikin. Ketan hitam, santan, gula merah. Tapi karena masih ada gula durianku di kulkas jadi aku tambahkan aja biar lebih wangi dan nikmat. Tuk tekstur chewy aku tambahkan potongan kecil dange, semacam sagu rangi. Biasanya kan sagunya dihancurkan dulu kalau mau dibuat bubur tapi memang aku sengaja potong potong kecil dan langsung dimasukkan ke dalam bubur ketika baru mendidih. Nanti ketika dimakan ada sensasi kenyal kenyal dari sagu tersebut. Yummiii...







Sabtu, 12 Januari 2013

Anak Danau...



 


Salah satu kegiatan anak anak selama masa liburan kalau nggak cuti adalah berenang di danau Matano... . Di Sorowako ini ya cuma itu juga hiburannya. Nggak pernah bosan...walaupun hasilnya kulit gosong, bibir ungu karena pucat kulit keriput karena kelamaan di air. Sebenarnya sih bukan berenang...lebih tepatnya main di danau.Yah termasuk berenang, mancing, main kayak, main pasir dan sebagainya. Asyiiiik memang, karena dulu juga aku begitu huahahahahaaaa malah kalo dulu kita ada yang namanya mainan 'perang lumpur'. Kita ke bagian danau yang bawahnya lumpur hitam bau dan ngambil lumpur sebanyak banyaknya lalu saling lempar dengan teman lawan. Pulang pulang kena marah mama baunya luar biasa, hiyaaaaaaaa *ketahuan deh nakalnya*

Nah karena kali ini gak liburan ke luar juga ya berapa kali liburan mainnya ya di danau juga. Beberapa foto Hanif di atas saat dia berenang sendirian belum ada orang. Masih pagi jam 7. Aku ambil pake kamera HP jadi agak pecah gambarnya. Ibunya ya nungguin aja. Takut gosong...panas bo' lagi perwatan wajah hihihi *alasaaaaan





Di bawah ketika Om Hendra dan Tante Hera datang bersama ponakan ponakannya. Seru deh...bisa main kayak jauh jauh. Walaupun ada acara teriak teriaknya juga. Gimana enggak, setiap ketemu perahu mesin di tengah danau mereka kena hempasan gelombang, kayaknya bergoyang goyang hebat seperti mau terbalik...hiiiiiy...






Main kayaknya ada 2 kelompok. Om Hendra, Hanif dan Iyut. Iyutnya jadi penumpang. Dan yang satunya Tante Hendra beserta ponakannya. Ayooooo...siapa yang bisa mengayuh paling jauuuuhhh!!






Yang di bawah ini mainnya di pantai dekat rumah. Cuman berenang dan main lompat lompatan aja. Tapi tetap seru juga.




lompaaaaaaatttt...! byuuur

Pizza Tuna




Biasanya aku kalo bikin pizza bikin rotinya agak banyak buat disetok. Tapi minggu lalu bikin cuman satu resep dan sebagian dibagi juga ke teman. Habis rotinya. Tapi stok ikan tuna kaleng, keju dan printilan topping lainnya masih banyak. Jadi hari ini aku bikin lagi rotinya. Sekalian disetok buat bekal hubby... ya buat lunch juga.

Gambar di atas adalah penampakan pizza minggu lalu, dibilang bulat enggak...segiempat juga enggak, masih kurang terampil bulatinnya ^^. Penampakan yang di bawah roti pizza tadi siang aku bikin rotinya lebih tipis dan topping tunanya ada tambahan cabe keringnya. Manteeeep bener!! cucok banget! Penampakan berbeda karena beda metode pemanggangan. Kalau yang di atas aku bikin dulu rotinya setelah matang semua baru diberi topping dan dibroil (oven api atas) hanya tuk melelehkan kejunya. Nah tuk pizza yang tadi sebagian adonan aku panggang langsung dengan toppingnya sekalian jadi kejunya lebih lama terkena panas penampakannya agak keriput gitu. Tapi rasanya nggak ngaruh. Malah lebih wangi yang kedua.




Untuk topping aku bikin favorit hubby...tuna. Harusnya sih sehat karena cuman ikan dan sayur/buah. Yang bikin gak sehat mungkin cuman beberapa dari bahan ini adalah makanan kaleng. Selain saus basic pizza ada jamur, olive, paprika, bawang merah besar, cabe kering, jagung dan nanas. Ada taburan merica hitam dan sedikit mayonaise biar tambah seru makannya. Penambahan nanas dan jagung menambah kaya rasa dan ada sensasi asem manisnya. Uenak lah pokoknya...



Di bawah penampakan urutan pengisian toppingnya. Keju permesan aku kasih di lapisan kedua setelah saus dasar dan keju mozarella aku kasih di lapisan 4 setelah taburan tuna. Selanjutnya tinggal tambah bahan favorit lainnya. resep rotinya bisa dilihat di sini
Untuk saus dasar aku bikin dari tomat masak yang dibuang kulitnya, dimasak bersama tumisan cincangan bawang bombay dan bawang putih lalu ditambahkan 2 sdm saos tomat dan oregano serta merica. Masak sampai jadi pasta.




 

 mmmmm...yummiiiii bu!!

Jumat, 11 Januari 2013

Cendol Duren

 



Setelah aku bookmarked beberapa bulan lalu, resepnya WendyInkk ini belum aku praktekkan. Tunggu musim duren dulu ^^. Nah sekarang duren duren dah pada muncul di pasar, waktu yang tepat tuk praktek. Resep cendol ini memadukan penggunaan tepung hunkwe dan tepung maizena. Heran kan?? biasanya kita bikin cendol kan pake tepung beras atau hunkwe ataupun tepung sagu. Itu juga yang bikin aku penasaran. Selain bentuknya yang unik kayak cacing hijau, Wendy menggunakan sorbet santan dengan cara memblender santan dan es batu sebagai pengganti santan cair. Jadi nanti nggak perlu pake es serut lagi...what a brilliant idea! larutan gula merahnya dibuat dari air gula merah dan duren yang dimasak hingga menjadi pasta.

Jumat, 04 Januari 2013

Kue Kembang Seruni (Makassar)





Kue kembang seruni adalah salah satu kue tradisional Makassar. Disebut kembang seruni karena penampakannya mirip bunga seruni atau biasa disebut juga bunga krisan. Cara bikinnya dengan cara dicubit cubit menggunakan ujung jari jempol dan telunjuk hingga membentuk kelopak seruni. Herannya...walaupun aku tumbuh besar di Sulawesi Selatan, belum pernah sekalipun aku mencicipi kue ini. Dulu biasanya disajikan pada saat ada acara besar seperti suguhan lamaran atau nikahan. Tapi sekarang sudah jarang. Nah demi melestarikan budaya Makassar sekaligus inventaris resep kuno aku buatlah kue ini. Rasanya enak dan legit serta gurih khas kue tradisional bersantan. Mirip mirip kue ku tapi disajikan bersama saus santan.

Seperti biasa kue tradisional mama biasanya menggunakan takaran kira kira. Tapi aku berusaha mengkonversi kira kira tersebut ke dalam gram dan ml. Bikinnya juga aku pakai pinset bergerigi biar lebih cantik tapi malah jadinya nggak kayak seruni...kok kayak bunga mawar ya? hihi

Berikut yaaa resepnya... 

Pesmol Ikan Rappo Rappo


Ikan pesmol atau acar kuning adalah salah satu variasi olahan ikan goreng berbumbu. Kali ini aku membuat pesmol menggunakan ikan rappo rappo. Ngga tau kalo bahasa Indonesianya apa niy ikan. Kayak ikan merah sih tapi dagingnya sangat tebal dan agak montok hehe...resep aku lihat dari Sajian Sedap dengan sedikit modifikasi. Aku tambahkan timun dan wortel biar ada efek crunchynya ketika dikunyah. Syaratnya sayur tidak boleh terlalu lama dimasak. Ketimun dimasukkan terakhir ketika ikan sudah mau matang.




Berikut resepya ya...

Bahan:
- 3 ekor ikan rappo rappo ukuran sedang

- 1 buah wortel, potong korek api
- 1/2 buah ketimun buang tengahnya, potong korek api
- 3 batang serai, dimemarkan
- 5 lembar daun jeruk, dibuang tulang daunnya
- 8 butir bawang merah kecil utuh
- 2 buah cabai merah, dipotong korek api
- 10 buah cabai rawit merah
- 1/2 sendok makan garam
- 1/4 sendok teh merica bubuk
- 1 sendok teh gula pasir
- 1/2 sendok teh cuka
- 2 sendok teh air jeruk nipis
- 1 batang daun bawang, dipotong korek api
- 300 ml air
- 3 sendok makan minyak untuk menumis
- minyak untuk menggoreng

Bahan halus:

- 5 butir kemiri, digoreng
- 8 butir bawang merah
- 5 siung bawang putih
- 2 cm kunyit, dibakar
- 2 cm jahe 



Cara membuat:
  1. Lumuri ikan dengan 1 sendok teh garam dan 1 sendok teh air jeruk nipis. Diamkan 15 menit.
  2. Goreng ikan dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang sampai matang dan kecokelatan.
  3. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, serai, dan daun jeruk sampai harum.
  4. Masukkan bawang merah, cabai merah keriting, dan cabai rawit. Aduk sampai layu. Masukkan wortel.
  5. Tuang air. Masak sampai mendidih dan sedikit mengental. Masukkan  garam, merica bubuk, dan gula pasir. Aduk rata.
  6. Tambahkan cuka dan air jeruk nipis. Aduk rata.
  7. Masukkan ikan. Aduk rata. Masak di atas api kecil sambil disiram-siram sampai meresap. Masukkan ketimun dan daun bawang. Aduk rata sampai semua terbalut bumbu. Biarkan 3 menit lalu matikan api.
  8. Pesmol ikan siap dihidangkan.


Kamis, 03 Januari 2013

Kue Sakura



Sebenarnya dah lama penasaran sama resep ini. Kue favorit waktu aku kecil. Mama dulu sering bikin, tapi ketika aku tanya resepnya katanya udah kececer ke mana nggak tau. Beberapa masih ada dalam buku resep tapi sebagian yang berupa kertas kertas yang disisipkan ke dalam buku ada yang hilang. Kalau nggak salah resep mama pakai air coca cola tuk cairannya. Jadi betul betul rasa karamelnya asli ditambah lagi dengan karamel dari gula.

Rujak Kecap










Dalam rangka meramaikan IDFB Challenge #8 yang kali ini bertema 'Rujak' aku setor yang simple aja. Soalnya mau nyetor yang khas Makassar kayaknya nggak ada tuh rujak khas Makassar. Rujak yang ada biasa aja kayak umumnya rujak Indonesia pakai bumbu gula merah. Jadi aku pakai bumbu kecap aja kesukaanku. Simpel dan murah meriah ^^ Buahnya aku pakai buah khas Sorowako 'buah dengen'...asem asem syeger. Buah ini banyak tumbuh di pinggir danau. Nah waktu masih kecil kalau habis pulang berenang langsung singgah mungutin dengen dan sampai di rumah langsung dibikin rujak kecap. Shhhhh...ngencess deh...


Kali ini nggak pakai resep karena bahannya cuman gula pasir, kecap manis dan potongan cabe rawit. Di bawah ini penampakan pohon buah dengen...






Selasa, 01 Januari 2013

Chocolate Custard Muffins...the Best Chocolate Muffin Ever!!




Hari ini bete di rumah nggak ada camilan. Males keluar keluar juga...akhirnya aku cek bahan yang ada di rumah dan mulai cari resep di google yang bisa dipraktekkan cepat. Nggak pake lama...

Sambel Goreng Printil



Postingan pertama di tahun 2013. Tak terasa udah 3 tahun aku ngeblog. Semoga di tahun ini semangat ngeblog nggak pudar dan resep resepnya tetap cihuuui ^^

Dulu dah pernah bikin sambal goreng printil yang versi pakai tambahan hati sapi, kali ini aku ganti dengan udang. Nggak kalah enak. Berikut resepnya...

Related Posts with Thumbnails