Monday 22 August 2011

Chocolate Mint Thumbprint Cookies


Baru kali pertama aku bikin kukis ini. Terinspirasi dari blognya Pham Fatale yang bentuk kukisnya aku suka. Tapi resepnya aku ambil dari Joy of Baking. Yang lucu...seharusnya resep ini bukan thumprint namanya karena sama sekali gak pake jempol ngebentuknya. Kalo pake caranya Pham menggunakan melon baller atau kerokan buah yang bulat kecil itu. Hasilnya memang cantik dan rapi. Justru keunikan kue ini dari bentuk pinggirannya yang berbentuk crack atau pecah-pecah gitu.

Sebenarnya awalnya mau bikin blueberry thumbprint. Tapi karena ribet takut belepotan selainya kalo disusun di toples gak jadi deh. Bisa juga sih diberi selai kalo mau dihidangkan...tapi kan repot kalo dikeluarin lagi dari toples setiap ada tamu...hihi



Ternyata setelah dibikin hasilnya agak mengecewakan. Adonan kukisnya nggak manis...memang aslinya resep Joy of Baking ini untuk isian selai yang manis. Lha aku main modifikasi aja...tnyata gak matching. Malah anak-anakku suka batch terakhir yang aku isi selai blueberry.

Jadi walaupun nggak terlalu berhasil tetap aku tulis resepnya Joy of baking ya. Tapi aku merekomendasikan isiannya selai aja. Atau kalo mau tetap dikasih cokelat, takaran gulanya harus ditambah. Begituuu...


Bahan :
- 113 gram unsalted butter (aku pake yang salted)
- 50 gr gula pasir halus
- 1 butir telur
- 1/2 sdt vanila bubuk
- 130 gr terigu all purpose (aku nggak punya jadi pake terigu dicampur 1/2 sdt baking soda dan 1/2 sdt baking powder)
- 1/8 sdt garam

Topping :
- dark cokelat
- mint cokelat

cat : terigunya aku tambahkan sampai bisa dipulung karena kelembekan. Adonan aku beri sedikit pewarna hijau.

Cara membuat :
  1. Kocok mentega, vanili dan gula sampai agak mengembang. Tambahkan telur, kocok sampai rata. Tambahkan sedikit pewarna hijau.
  2. Masukkan tepung, baking soda dan baking powder. Aduk sampai bisa dipulung.
  3. Bentuk bulat-bulat lalu letakkan di talam. Beri jarak.
  4. Panggang dengan suhu oven 250 F atau 150 C selama 7 menit.
  5. Keluarkan. Tekan tengah kue dengan melon baller. Selesaikan sampai habis.
  6. Masukkan kembali dalam oven. Lanjutkan memanggang sampai matang dan garing sekitar 10-15 menit.
  7. Angkat, dinginkan.
  8. Lelehkan dark cokelat dan mint cokelat secara terpisah. Semprotkan/sendokkan sedikit cokelat leleh ke tengah kukis. Beri cokelat mint tengahnya. Tarik garis sedikit di bagian mint cokelatnya hingga terbentuk hati. Dinginkan. Simpan dalam wadah kedap udara.

9 comments:

Anonymous said...

Mbak hesti.... mantaps masakannya.... main-main juga ya di blog kami
http://bundatwinskitchen.wordpress.com/

Hesti HH. said...

Haiii sayyyy...pa kabarnya Yessi???
Iya segera aku melesat ke sana ya...

Anonymous said...

mbak hesti,mau nanya di pulung itu diapain ya??

Hesti HH. said...

Dipulung itu dibulat bulatin menggunakan 2 telapak tangan mbak. maksudnya di situ sampai bisa dipulung yaitu adonan udah nggak lengket di tangan sehingga gampang bulat bulatinnya.

Dian said...

Assalamualaikum,
mbak, mint cokelatnya merk apa ya? Talam itu apa sama dengan loyang? Itu talamnya nggak diolesin margarin dulu mbak?

Hesti HH. said...

Waalaikumsalam,

Mercolade mbak. iya talam = loyang
Ngga perlu dioles karen ini kue mentega. Karena banyak mengandung lemak in sha Allah nggak lengket, soalnya saya dari dulu juga begitu mbak, nggak pernah dioles dan nggak masalah.

Unknown said...

mbak hesti resepnya ok ok banget, saya banyak ngopi untuk tak jadikan koleksi, makasi mbak ya.....

Hesti HH. said...

Makasih mbak, Silahkan dicopy, semoga bermanfaat yaaaa

Rina said...

Assalamu'alaikum Tante Hesti.. beberapa hari lalu aku sudah coba resep ini. tapii.. aku ada sedikit kendala sama coklat mint nya. Aku juga pakai merk mercolade utk coklat mint, tp setelah di-tim teksturnya berubah lagi jd mengeras, aku coba panaskan lagi, mencair tp beberapa detik kemudia mengeras lagi, jadinya nggak bisa ditotolin ke dark coklat nya (utk dark coklat aku pakai merk collata). Kira-kira itu kenapa ya Tante? Dan harus diapakan supaya bisa bikin gambar hati seperti yg tante bikin? Terima kasih :)

Post a Comment

Coconut Custard Buns & Plaited Coconut Bread

Assalamualaikum. Selamat Hari Raya Qurban teman teman, semoga amal ibadah dan qurban kita diterima oleh Allah Subhanahu Wata'ala. ...