Monday 26 May 2014

Puding Tape Panggang



Puding ini penampakannya mirip mirip prol tape ya...ternyata sodara sodara beda rasanya. Teksturnya juga beda. Karena menggunakan banyak cairan hasilnya lebih lembut. Aroma tapenya mild aja nggak sekuat aroma tape pada prol tape. Prol tape juga lebih padat. Mirip mirip puding roti juga rasanya. Enak deh pokoknya. Resepnya dapat dari kakanda Mbak Eka Atyk Murtiningsih. Resep aslinya ngga tau darimana beliau dah lupa karena udah banyak beredar di internet. Untuk yang punya resep asli makasih ya, semoga resepnya barokah ^^

Berikut resep mbak Atyk yaaa...

Bahan :
- 250 gr tape singkong
- 220 gr gula pasir
- 625 ml santan
- 10 sdm terigu (agak munjung)
- 3 butir telur
- 100 gr margarin, lelehkan
- 3 sdm susu bubuk
- 1/2 sdt vanili bubuk
 

Olesan :
- 2 kuning telur kocok untuk olesan
- keju cheddar parut
- kismis

Cara membuat :
  1. Remas remas singkong dan gula pasir hingga lembut. Masukan telur dan margarin, aduk rata menggunakan whisk.
  2. Masukan terigu, susu dan vanili. Aduk hingga rata. Kemudian menyusul masukkan santan. Aduk sampai tercampur rata.
  3. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah dioles dan dialasi kertas roti.
  4. Panggang dengan panas oven 180C selama 30 menit atau permukaan sudah set. Keluarkan. Olesi kuning telur dan taburi kismis dan keju parut.
  5. Panggang lagi sampai matang sekitar 15 menit.

41 comments:

Netty M Leo said...

Nyam nyam nyaaammm.... Tadinya mampir sini mau nyari resep puding atau cake yg berbahan roti tawar (mau ngabisin stok sisa di kulkas), liat postingan ini eeehhh jadi nyangkut... Hihihihi... Pudding tape bakarku kok agak padat gitu, mgkn terigunya kebanyakan kali yaaa... Lebih enak kalo agak lunak..

Nasa Mulia said...

Salam mbak, tengok gambar macam sedap ya.

Unknown said...

mbak hesti ini produktif sekali...demen deh liatin blognya,
bener2 menginspirasi, ga masakpun udah puas liat postingan2 disini ^^

Anonymous said...

Tampak enak pudingnya. Cantik lg. Aku coba ya mba.. Btw, resep2nya udah banyak kucoba terutama roti2nya. Enakk.. Sukses terus ya mb Hesti (namanya sama ma kakakku :D)).
Wiwied

Anonymous said...

Hi kak hesti..mau coba resep ini ah..menurut kakak enakan mana ama prol tape soalnya aku udh sering buat prol tape tp ga pake santan,kalo ini agak legit ya kak...makasih.ina

Murlina Fitri said...

waahh...kebayang harum dan legitnya ini mbak..blognya selalu menjadi inspirasi mbak..

Hesti HH. said...

Itu kayaknya beda di jumlah terigunya kak. Kalau terigunya sendoknya munjung sekali sendoknya jadinya pasti lebih padat daripada yang sendoknya rata/peres. Mungkin sebaiknya ditukar ke gram biar gak salah salah ^^

Hesti HH. said...

Teerima kasih sis....memang sedaaaap

Hesti HH. said...

Hihihi, makasih mba Vera udah bikin hatiku berbunga bungaaaa

Hesti HH. said...

Makasiiiihhh...salam buat mbak Hesti yaaa ^^

Hesti HH. said...

Enakan yang ini menurutku karena lebih lembut.

Hesti HH. said...

Makasiiih, semoga udah dicoba resep resepnyaaaa

Anonymous said...

Mbak hesti makasih atas resepnya.. Saya sudah buat, rasanya wueenaak pake banget.. Heehee... Tp teksturnya lembeeek.. Saya sampai panggang 1,5 jam tetep aja lembek.. Apa saya nggak pas nakar terigunya yaaa ? Lain waktu pasti saya coba lagi (penasaran).. Heehee Sehat selalu ya mbak biar tetep bisa share resep yang lainnya... Salam, Novi.

mila said...

ini manggangnya pake api bawah aja ato atas bawah ya mbak?

Hesti HH. said...

Alhamdulillah mbak. Makasih doanya. Kalau nggak suka yg lembek takaran tepungnya pake sendok makan dimunjungin mba...

Hesti HH. said...

Api bawah mbak...

Unknown said...

mba kalo terigunya di tukar ke gram jadinya brp gram mba?

Hesti HH. said...

Sekitar 150 gr mbak

Unknown said...

Mbak Hesty, waktu itu saya coba resep ini tp b'hubung saya gak punya tape, ada nya ubi ungu halus di kulkas, udah aja saya lanjutkan eksekusinya. Ubi ungu nya saya blender sama si santan dan si gula, baru saya campur dengaan bahan yg lain. Hasilnya unik menurut saya, lembut bangettt tp masih berasa serat nya si ubi ungu, enakk. Stelah coba 2 potong, sy simpan 1jam dikulkas baru dimakan bersama. Rasanya seperti... Klu ga salah bingka. Lembut tp padat. Mksh udah bagi resep nya mbak, suami dan anak2 doyan..

Ayu said...

Mba hesti salam kenal
Ini santannya yg kental atau encer mba??

Makasih

Hesti HH. said...

@Novalind Johan : lebih seru lagi rasanya kalau pakai tape mbak, ditunggu hasil versi tapenya yaaa

@Ayu : Salam kenal mbak, santannya yang sedeng aja mbak. Gak terlalu kental gak juga encer banget

Ayu said...

Mba hesti
Aku udh buat pudinh tape panggangnya td siang,tp aku pakein kulit pie
Jadi judule pie tape panggang hihihi

Yumyum yummii

Hesti HH. said...

Waaaaa kreatiiiiffff...gimana reviewnya mbak kalo ditambah kulit pie ^^

Ayu said...

Yg pasti makin enak mbaa,,crustnya renyah trus tapenya empuk dan lembut jd seimbang dehh hehehehe

Hesti HH. said...

Waaaah jadi pengen buat juga....kebayang judulnya pie puding tape ^^
Makasih sharingnya yaaaaa

Ayu said...

Iya mba buat gih trus di posting di blog pasti penampilannya bagusan punya mba hesti dr pd punya saya hehehehe

Hesti HH. said...

Iya niy, mbak Ayu berhasil bikin saya penasaran....semoga kesampaian bikinnyaaaa

Anonymous said...

mb hesti ni dapat loyang uk brapa yaa
trims sblmnya

Hesti HH. said...

Loyang 20-22 cm mba, semakin lebar loyangnya semakin tips hasilnya

Ayu said...

Haii mba hesti,,
Kalau tape di ganti jd ubi bisa gak ya?kira2 kalau di ganti ubi ukuran tepung dan santannya beda gk?
Aku pengen coba di mix sama ubi ungu,biar nanti jd marble gitu mbaa hihihi *ngayal

Btw mba hesti ada email gk?aku minta alamat email doong..atau japri deh ke aku ke ayualvaro1@gmail.com ^-^

Hesti HH. said...

Dicoba aja dulu mba, saya gak bisa kasih review karena belum pernah coba sendiri...takutnya salah hehe

Unknown said...

Mbak Hestii... tadi malam resep ini sudah saya coba.... yummmiiieeeee..... enaakkkk banget....... pokoknya top.... makasi sudah share resepnya ya mbak...

Hesti HH. said...

Alhamdulillah...makasiiihhh yaaaa

Unknown said...

Salam mbak Hesti... kemarin sy sudah coba buat puding ini.... rasanya... ya ampuuuuuunnnnn.... enaaaaaaaaakkkkkkk banget... makasi untuk resep-resep mbak yang luar biasa... sy jg sudah coba banyak sekali rsep2 mbak... semuanya enak n anti gagal... semoga Tuhan memberkati mbak dg kssehatan sehingga bisa terus berbagi talenta dengan para pemula seperti saya...

Hesti HH. said...

Alhamdulillaaaah mba, senangnyaaaaaa. makasih ya mba sudah info ke saya. Semoga cocok dengan resepnya, dan maksih tuk doanya *hug*

Lys Ty said...

Salam kenal mba Hesti :) aku sudah coba resep Puding Tape Panggang ini beberapa kali, enak dan bikin ketagihan hihi .... Kemarin aku bikin lagi dan aku share di blog, sudah aku kasih linkback juga kesini, thanks ya mba udah sharing resepnya :)

Hesti HH. said...

Alhamdulillah, makasih mba. Senang kalau puas.

Unknown said...

Hai mb Hesti,sudah saya ulik resep ini,sukses mb.hihi.ssya gak doyan tape. Cuma melampiaskan rasa penasaran aja.mudah2an besok saudara suka.mau buat oleh2 orang di rumah.makasih mb

Hesti HH. said...

Amiiiinnn makasih mba udah dipraktekkan yaaaa

Anonymous said...

Assalamualaikum Mba Hesti.. Baru aja saya coba resepnya.. Baru mateng.. Manggangnya api bawah kurleb 1 jam. Blm dicobain nunggu dingin, hihihi.. Penampilannya agak beda ma punya mba Hesti, agak kecoklatan karena keju cheddar di KL ntah kenapa mencair kaya keju mozarella.. Gk sabar nunggu dingin.... Pengen ngerasain... Hahahaha.. Makasih Mba sharing resepnyaa.. #fitria

Hesti HH. said...

Waalaikumsalam, makasih juga semoga suka dgn hasilnya yaaa

Post a Comment

Coconut Custard Buns & Plaited Coconut Bread

Assalamualaikum. Selamat Hari Raya Qurban teman teman, semoga amal ibadah dan qurban kita diterima oleh Allah Subhanahu Wata'ala. ...