Thursday 29 May 2014

Kolaborasi Fondant dan Seni Lukis...


Ini cuman iseng iseng aja sebenarnya. Adikku minta dibuatkan kue JCC untuk ultah istrinya. Minta dihias fondan supaya bisa dilukis atasnya. Dia memang dulu hobbynya menggambar dan melukis. Jadi supaya spesial pingin bikin sesuatu buat istrinya dari tangannya sendiri. Sebenarnya dulu hobbyku ya juga sama dengan dia tapi aku sudah nggak menggambar wajah lagi. Sekarang cukuplah menghias kue saja yak ^^

Nah...karena ilmuku yang sedikit, aku gak tau kalo fondant dan JCC is a big no no. JCC yang basah moist kalau ditutup fondant nggak akan cocok. Fondan akan basah bahkan bisa meleleh. Dan itulah yang terjadi kemarin. Hiyaaaaa...kenapa fondannya jadi basah ya. Semakin lama didiamkan semakin lembek, bahkan samping sampingnya mulai meleleh. Gimana lukisnya kalau gini. Akhirnya aku taruh di bawah AC dan kipas angin supaya bisa kering. Sementara adikku mulai melukis di atas potongan fondant yang lain. Rencananya kalau dah jadi ditempel ke permukaan kue.

Melukis dengan warna terbatas juga merupakan tantangan tersendiri. Tidak ada warna putih sehingga tidak bisa menciptakan warna yang soft. Lama kelamaan setelah diwarnai lho kok wajahnya kelihatan garang dan keras ya. Mungkin karena warnanya terlalu kuat. Untuk putih adikku pake krim kental. Nah krim kental ini juga basenyakan liquid jadi ya gitu deh....hihi amburadul sana sini. Walaupun hasil fotonya gak terlalu mirip...tapi cukuplah untuk membuat istrinya senang. Namanya juga usaha. Kuenya juga setelah beberapa jam sudah mulai mengering. Aku hias fondan simpel aja. Hasilnya seperti di bawah...




Tuk next time kayaknya harus mencoba mewarnai dengan cat bubuk atau lustre dust. Mungkin hasilnya bisa maksimal


6 comments:

Nisa-mom said...

mba Hesti ini bakat nya banyak ya mba.. cantik loh lukisan nya... aku pasti gemeteran deh klo nggambar di atas fondan ...

Deasy Maslianita said...

Sy malah belom berani ngelukis fondant mba...takut meluber..hehehe...klo pake pewarna bubuk jg perlu kesabaran ngelukisnya xixixi....selalu suka dg potonya mba hesti...

Hesti HH. said...

AIiiih gak terbalik mbak, aku cuman bisa bikin kue, kalo mbak Fitri selain bikin kue bisa jahit juga...hehe, Ini adek yg lukis dakunya cuma buat kuenya aja. Aku jg pasti gemeteran krn dah lama nggak ngelukis lagi ^^

Hesti HH. said...

Ini adek yg lukis mbak, saya cuman bikin fondan simpel aja...makasih yaaaa

Unknown said...

Mohon infonya ibu2 sekalian .pewarna untuk melukis di atas fondan apa ya namanya.terima kasih

Hesti HH. said...

Saya juga kurang mengerti pak, ini cuman pakai pewarna makanan merk wilton, harusnya ada yg khusus buat fondan dalam bentuk bubuk mungkin

Post a Comment

Coconut Custard Buns & Plaited Coconut Bread

Assalamualaikum. Selamat Hari Raya Qurban teman teman, semoga amal ibadah dan qurban kita diterima oleh Allah Subhanahu Wata'ala. ...