Sabtu, 10 Mei 2014

Nagasari




Senang sekali sekarang tiap Sabtu ada kegiatan cooking class. Uniknya cooking class kami jarak jauh. Kami tinggal di daerah yang berbeda beda. Berkomunikasi dan saling sharing lewat whatsapp. Sebelum hari Sabtu resepnya udah dishare supaya kami bisa menyiapkan bahan bahannya. Nah eksekusinya biasanya diadakan pada Sabtu pagi. Masing masing melaksanakan tugas di rumahnya dengan panduan dari si empunya resep. Setelah selesai foto hasil akhirnya disetor. Seru yaaaa...

Kali ini giliran membuat kue tradisional nagasari. Aku senang karena walaupun postingan jajanan tradisionalku sudah banyak belum pernah sekalipun bikin nagasari. Pernah sih sekali bikin nagasari hunkwe. Beda beda tipis. Kalau nagasari tepung beras ini dikukus kembali untuk mematangkannya. Resepnya dishare mbak Atyk Murtiningsih...asli enak. Pas manisnya, gurih santannya dan wangi daun pisang karena bungkusnya pake daun pisang. Perfect!! Gimana nggak, beliau ini pengalamannya banyak sekali. Sudah malang melintang di dunia bakul kue. Bisa dibilang suhunya bakulan kue. Aku share resepnya ya...

Bahan :
- 100 gr tepung beras
- 100 gr santan kental
- 300 santan encer
- 120 gr gula pasir
- 1/4 sdt garam
- 1/2 sdt vanili bubuk
- 3 buah pisang raja, potong bulat atau serong
- 2 lembar daun pandan
- daun pisang muda untuk membungkus

Cara membuat :
  1. Larutlan tepung beras dengan santan kental. Aduk rata dan sisihkan.
  2. Panaskan santan encer, gula, garam, vanili dan daun pandan sampai mendidih. 
  3. Masukan larutan tepung ke dalam larutan santan encer. Aduk rata. Masak kembali dan didihkan sampai setengah matang. Angkat.
  4. Ambil daun pisang, beri 1 sendok makan adonan tepung. Tambahkan pisang lalu tutup dengan satu sendok makan adonan lagi. Lipat seperti amplop sambil dipadatkan. lakukan hingga adonan habis.
  5. Panaskan kukusan hingga air mendidih. Masukkan nagasari dalam dandang dan kukus dengan api sedang selama 20 menit. Angkat, dinginkan.
  6. Siap disajikan. Hasil jadi sekitar 10 buah.

20 komentar:

nasa mulia mengatakan...

Salam Hesti, sudah lama tidak menjamah nagasari...harapnya kalau ke makassar minggu depan..boleh cari nagasari.

Sabariah Achmad Lanna mengatakan...

Mb Hesti...pengen ikutan cooking classx dunk...... *Ngarep.Com

Anonim mengatakan...

di campur maizena jg enak..jdx kenyal...idah - sengkang

Anonim mengatakan...

Mba Hesti, dimasak lg sampai setengah matang itu sampai gimana ?

Ari

vanissa yulia irfan mengatakan...

Wahhh ini jajanan masa kecilku waktu di garut mba hesti.. Bikin ahh..

andrianykh mengatakan...

santan 300 ml?

Netty M Leo mengatakan...

Hayuu Hesti... Sabtu ini kita kuking apa lagi.. Kasih kita resep yg unik bin aneh boleeee.. Hehehehe... Sering intip blogmu tapi baru kali ini ikutan komen...

Hesti HH. mengatakan...

Salam sis Nasa. Wah akan berkunjung ke Makassar kah? bolehlah mampir ke Sorowako ^^

Hesti HH. mengatakan...

Ayo mbak, bisa kok tapi mampir Sorowako dulu yaaa

Hesti HH. mengatakan...

Wah makasih masukanta nah, insyaAllah lain kali bikin kucoba....

Hesti HH. mengatakan...

Maksudnya matang sampai meletup letup tapi prosesnya belum selesai (makanya sama empunya resep dibilang setengah matang) sampai selesai dikukus. Maaf membingungkan...

Hesti HH. mengatakan...

Yuuuukkk...ditunggu hasilnyaaaaa

Hesti HH. mengatakan...

Iya...maaf lupa tulis ml nya. Makasih ralatnyaaaa

Hesti HH. mengatakan...

Haaaiiiii kak Net...tengkiu dah mampir lek...
Saya untuk sementara ikut resepnya mbak Atyk deh supaya bikin bikin yang baru jugaka' hehehe

Sabariah Achmad Lanna mengatakan...

Hihihii...kirain jarak jauh via whatssapp bs :D *TutupMuka

nila wati mengatakan...

Salam kenal mbak Hesti..saya salah satu penggemar blognya mba Hesti...ada beberapa resep dari blog ini yang saya sudah praktekkan..maknyuss..makasih mbak..sukses selalu yaa.

Hesti HH. mengatakan...

Salam kenal mbak Nila, senang mbak kalo manfaat, makasih yaaaa

Anonim mengatakan...

assalamualaikum mb hesti...hari ini aku bikin nagasari nyontek resepnya mbak,enaaakk bgt,sukaaa pokoknyaa

Anonim mengatakan...

assalamualaikum mb hesti...hari ini aku bikin nagasari nyontek resepnya mbak,enaaakk bgt,sukaaa pokoknyaa,makasih ya mb,sukses teus buat mb hesti

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumslam, alhamdulillah mba makasih yaaaa

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails