Friday 30 May 2014

Vanilla Cupcake



Kalau diperhatikan kayaknya aku jarang sekali posting cupcake. Perasaan yang dibikin cake melulu ya...padahal banyak yang sering nanyain. Sebenarnya kalau untuk aku, cake jenis apa saja bisa dibikin cupcake...karena perbedaan cake dan cupcake hanya pada ukurannya saja. Yang satu besar yang satu ditaruh dalam kemasan paper cup. Tapi tetap saja untuk variasi aku carikan resep yang kira kira layak dan enak tuk dicoba.

Kali ini mampir di blognya Cup Cake Project. Dari nama blognya saja bisa kita tahu kalau yang punya blog mempunyai ketertarikan khusus dengan cupcake sehingga sering bereksperimen dan pastinya selalu mencari resep cupcake terbaik. Nah kalau melihat comennya yang 500an...kayaknya wajib dicoba ini. Apakah hasilnya memang seperti reviewnya yang wooowwww....

Aku senang karena dengan resep ini aku bisa memberdayakan vanila bean, krim kental, dan creamcheese yang sudah mendekati masa expired. Hasilnya memang lembut...wangi vanila karena aku juga menggunakan vanilla sugar. Memang bentuknya gak ngedome ya mungkin karena aku kurangi takaran baking powdernya. Ciri khas kue luar yang menggunakan bahan pengembang seperti baking powder dan baking soda adalah menghasilkan tekstur cake yang sedikit beremah. Tapi yang ini remahannya halus. Tetap saja menurutku kue ini enak dan lembut apalagi dengan frosting cheesenya.






Bahan :
- 225 gr gula kastor
- 1 buah vanilla bean
- 175 gr tepung terigu protein rendah
- 1 1/2 sdt baking powder (saya pake 1 sdt)
- 1/2 sdt soda kue
- 1/2 sdt garam
- 60 gr salted butter
- 2 butir telur
- 75 gr full-fat sour cream (aku ganti yogurt)
- 60 ml minyak canola
- 1 sdm vanilla extract (aku pake vanila bubuk)
- 160 ml susu cair

Cara membuat :
  1. Panaskan oven 175C atau 350F.. Siapkan loyang cupcake yang diisi paper cup.
  2. Dalam mangkuk, campur gula dan isi vanila (vanilla dikeluarkan dengan mengeruk bagian dalamnya yang berwarna kehitaman). Tekan tekan vanila supaya tidak bergumpal. Sisihkan.
  3. Dalam wadah yang lain, campur tepung,  aking powder, soda kue dan garam. tambahkan gula vanila tadi. Aduk rata.
  4. Tambahkan butter, kocok sebentar sekitar 3 menit dengan mixer kecepatan sedang. Adonan tidak kental malah terhambur seperti pasir. Jangan kawatir.
  5. Di wadah yang lain campur telur, sour cream (aku : yogurt), minyak dan vanili. Aduk rata.
  6. Tuang ke adonan tepung lalu mixer kecepatan sedang asal tercampur saja.
  7. Tambahkan susu cair. Mixer kecepatan rendah asal rata saja. Adonan akan encer.
  8. Isi paper cup lebih dari 1/2 tinggi wadahnya. Panggang selama 14 menit. Atau sampai kue tidak melengket lagi di tusuk sate. Kue akan berwarna putih dengan bintik bintik vanila (jangan menunggu sampai kue berwarna keemasan). Kalau masih kurang matang tambahkan waktu memanggang 2 menit lagi.
  9. Setelah matang angkat dan dinginkan.
  10. Hias dengan frosting cheese. Aku bikin dari cream cheese + krim kental + gula (pebandingan sesuaikan saja)

43 comments:

Anonymous said...

mana tombol "LIKE", sa mw pencet banyak kali...

Anonymous said...

Mbak... Aq mentari...
Mbak klo minyak canola di ganti minyak sayur biasa bisa?
N yogurt di ganti buttermilk bisa juga kah mbak?? Karena di tempat sy adax yogurt berasa buah2n mbak... Dan vanilla bean... Saya juga gak punya mbak.... Ngliat gambarx mbak... Cupcake ini pasti enak ya mbak... :) tolong pencerahanx ya mbak...

Unknown said...

Mb..kl ğ ad Vanilla bean ad bhn alternatif lain ğ?

Unknown said...

Selamat siang mba hesti,,

senang banget liat resep ini,, pengen langsung coba berhubung besok ponakan ultah

tapi saya punya banyak pertanyaan mba..
1. minyak canola itu apa ya mba?
2. jika tidak ada vanilla bean apa bisa diganti vanila bubuk?
3. Gula kastrol itu gula bubuk kah maksudnya mba?
4. apa ada resep toping lain yg tanpa krim kental dan cream cheese mba, karna dikota saya tidak ada yg jual..
5. paper cupnya cantik, mba hesti bli dimana?

waduh maaf ya mba pertanyaannya banyak banget,, mohon maaf jika merepotkan,, tapi saya pengangum setia blognya mba hesti loh..

ditunggu jawabanya ya mba..
terima kasih

Hesti HH. said...

hahaha...makasiiiih likenya

Hesti HH. said...

Salam kenal mba Mentari,

Boleh mbak pake minyak sayur yang baunya netral. Boleh mbak diganti buttermilk. GApi apke yogurt rasa buah juga gak papa yang baunya gak tlalu dominan seperti peach bisa tuh,mgkn agak beda di tekstur dikit tp insyaAllah ngembang karena ada bahan pengembangnya.KAlau vanila pakai yang bubuk gak papa mbak. Ditunggu hasil laporannya yaaa

Hesti HH. said...

KAlau saya pakai bubuk aja mbak, kalau non muslim mungkin bisa pake essens vanila atau vanilla extract (mengandung alkohol)

Hesti HH. said...

1. Minyak canola itu minyak dari bunga canola mbak. Kalau gak ada boleh pake minyak sayur yg baunya netral.
2. Boleh pake bubuknya mbak...
3. Gula pasir mbak tapi butirannya lebih kecil sehingga ketika diaduk/dikocok mudah larut. Kalau nggak ada nisa pakai gula pasir lalu diblender mbak. Gulanya ditimbang dulu baru diblender ya.
4. Boleh pake whippy bubuk. Boleh juga pake buttercream (dari butter+gula halus)
5. Saya beli online mbak di FB "Cece Momento"

Unknown said...

Terimakasih mba Hesti atas jawabannya..
tapi ada satu pertanyaan lagi nich..
tepung yg digunakan memank yg protein rendah kah mba?

makasih atas jawabanya mba..

Unknown said...

mbak hesti,,rima malah naksir paper cupnya ^^
adonannya langsung dituang ke papernya ya mbak?rima baca disalah satu komen FBnya papernya g bisa ikut dibake.. I always loooove your pict

Unknown said...

assalamualaikum dan selamat siang mba hesti,,,

mba kmren saya dah buat vanilla cupcakenya..
baru sadar ternyata diresep mba hesti telurnya lupa dimasukin pada tahap apa.. saya juga baru sadar setelah selesai mencapur bahan minyak kedalam adonan, ko masih ada telur yg belum digerakkan.. alhasil saya kocok terpisah dan dicampur keadonan lagi.. jadi kmrn hasilx agak kurang maksimal..
tapi rasanya enak ko,, saya pake topping buttercream dan ditambahkan oreo bubuk diatasnya.. karena tdak punya cream cheese,,

terimakasih mba hesti..
assalamualaikum

maya said...

yaampunnnnnn cantik bangeeeeeeeet ^^
beli linernya dimana, tante?

Anonymous said...

Salam mbak hesti nih sy herni dr medan. Seblmnya sy ucapkan makasih y mbak bt postingan resep2 dr mbak slama nih. Berkat mbak sy mulai jualan kue n cake via bbm aj sih mbak... Tpi lumayan mbak hslny bs bt jajan n hbsin wktu luang sy ... Yg plg puas mbak cust bnyk yg muji kue2 sy mrk blg enakkk bngt lol mbak. Thanks bngt y mbak hesti ^^

Salam:
Herni - medan

Hesti HH. said...

Iya memang resepnya begitu mbak. Tepung protein rendah, selain untuk kukis juga untuk cake yang butuh pengadukan lama. Pori pori cake lebih halus.

Hesti HH. said...

Beli di FB ini mbak di Cece Momento Favor. Adonannya di papper cup biasa yg agak tinggi mbak. Kalau dah matang aku pindah ke cup cantik ini untuk keperluan photography...ehehehe

Hesti HH. said...

Waalaikumsalam,

Eh maaf banget ya mbak kelupaan. Tapi udah aku revisi. Maaf kuenya jd kurang maksimal >,< semoga gak kapok cobain resepku yaaa

Hesti HH. said...

Coba buka FBnya Cece Momento Favor habis itu nanti masuk ke webnya

Hesti HH. said...

Halo MBak Herniiii...dah lama gak komen niy ^^

Alhamdulillah kalo resepnya cocok sama lidah pelanggan. Saya ikut senang mbak bisa jadi rezeki buat orang lain *peluuk*

Lisna Hamka said...

Mba,gulanya dibagi-bagi ya? Soalnya saya baca cara membuatnya di no. 2,3,dan 5 ada gula semua,heee...Mohon bantuannya...Trims mba...:) Kuenya cantik bangeeeeetttt....:)

Hesti HH. said...

Maaf mbak saya yang salah tulis, keranjingan gula niy *tutup muka* tapi udah kurevisi ^^

Clara said...

Salam kenal, mbak yoghurtny itu merek apa y? Soalny susah bgt nemuin barang" gt di kota saya, tq

Anonymous said...

Mba ...lydia. Bikin pertama, takarannya sama semua. Tp koq pahit ya. Jd aq bikin kedua kali. Sodanya jd seperempat, kata suami tdk pahit. Nah, susahnya itu di panggang. Kan gak boleh keemasan tuh...blum bisa dpt wkt yg pas...matang tp tdk coklat muda keemasan. Pas tusuk lidi gak nempel tp bgtu kluar oven yg tdnya buncit menjulang jd rata tinggi cupcake. Salahnya dimana ya mba? Pls info

Hesti HH. said...

Merk Yummi mbak.

Hesti HH. said...

Halo Lydia,

Bisa jadi sodanya kurang halus mbak, sebaiknya diayak dulu dan dicampur ke tepung supaya rata. Kalau turun lagi artinya memang kurang set mbak/kurang matang, Mungkin butuh waktu sekitar 5 menitan lagi. Atau soda kuenya memang kurang.

Tapi kue ini mmng gak tinggi mrnjulang kayak muffin atau cupcake lain. Adonannya banyak menggunakan cairan. Sengaja dibuat seperti ini supaya di atasnya bisa dikasih buttercream. Mbak lihat di foto...punyaku jg rata gak menjulang tinggi.

Anonymous said...

Iya sih...punya mba rata juga. Mba...tengahnya itu setelah dingin emg basah basah gtu? Atau aq kurang matang ya...:(?

Anonymous said...

mba Hesti, cupcakenya cantik, fotonya juga...mau nanya..gimana caranya biar cake nya ga renggang dr cupnya ?

Hesti HH. said...

Harusnya nggak basah mbak, kalao lembab emang iya karena pake yogurt mbak ^^
Yang penting dah ditusuk dan keluarnya bersih artinya dah matang mbak

Hesti HH. said...

Kocoknya jangan kelamaan mbak...dan harus matang sempurna

Unknown said...

Mbak cupcake nya cantik bgt jd sayang mau di makan hehehe....

Ayu S said...

Halo mbak Hesti apa kabar? Mbak boleh di Share gak cara bikin cream cheese frosting nya sekalian takarannya juga mbak hehe... Soalnya takut salah mbak klo takaran ala2 saya kan cream cheese nya mahal mbak hahaha(ketahuan deh klo pelit).... Gak papa ya mbak kan baru belajar biar gak mubazir...
Makasih ya mbak Hesti berkenan menjawab....

Hesti HH. said...

@Giselle D : makasiiiiih mbak ^^

@Ayu : Alhamdulillah baiiiik mbak Ayu...tentang frostingnya sebenarnya itu tergantung selera mbak. kalau yang suka ngeju banget bisa pake 1:1. Tapi kalau aku biasanya sih 1:2 antara creamcheese dan krim kentalnya. Atau kalau mau yg light boleh 1:3. Gula secukupnya aja mbak sesuai selera. Saya nambahin dikit gula halus mbak.

Unknown said...

Asslm..
Mba mau nanya itu mawar kecil2 pink nya pake spuit merk apa dan kode brp yah.. thanks

Hesti HH. said...

Waalaikumsalam,

Yg mawar kecil itu saya bentuk pake fondan mbak ^^

Anonymous said...

Masyaallah mba Hesti cantik nian tuh cup cake. Aku sudah nyoba resep ini. enak lembut jadinya, tapi kalau punya mba Hesti cakenya ga mumbung, kalau aku koq jadinya menjulang ya?
Aku juga bikin cheese buttercream 1:2 tapi koq ga bisa sehalus penampakan punya mba Hesti ya? Jadinya bergerindil gitu kalao pake spuit ga bisa mulus (nuraini)

Hesti HH. said...

Alhamdulillah, makasih mbaaa. Mungkin gak mumbung krn saya kurangi baking powdernya mba dan yogurtnya agak encer^^

Kalau bikin buttercream yg pake creamcheese jgn lupa tuk keluarin creamcheesenya sekitar 2-3 jam sebelum digunakan sambil dilunakkan dengan garpu karena nanti bergerindil

Anonymous said...

mba hesti, mungkin karena aku pake cream cheese punya yummy yah jadinya ga bisa halus. :)
oiya mba, aku dah nyobain resep ini 2x. yang pertama seperti cara mba telur, yoghurt dan minyak diaduk, koq jadinya bantat ya.. trus aku nyoba yang ke2, telurnya aku mixer dulu, jadinya ngembang. atau ada step ku yang salah ya mba? (nur)

Hesti HH. said...

Semua merk creamcheese insyaAllah bisa halus mba asalkan dibiarkan di suhu ruang dulu sampai lembut. Kalau pakai metode ngaduk semuanya asal nyampur aja mba jangan kelamaan. Karena udara yang sudah terkumpul di dalam adonan bisa keluar lagi sehingga kue jadi bantat. Ngga masalah pakai cara yang lain asalkan tetep sukses mba ^^

Tanti said...

Assalamualaikum mba hesti,

Selalu pengen nyoba resepnya. Apalagi cupcakenya cantik pisan 😉

Mbak, kalo butternya diganti margarine, akan berpengaruh-kah?

Hesti HH. said...

Waalaikumsalam, alhamdulillah makasih mba...
Kalau butter diganti margarin nggak terlalu berpengaruh di tekstur tapi di rasa dan wanginya mba...

dea siti hasna said...

Mba kalo oven ya berapa derajat ya? Apinya atas atau bawah?

Hesti HH. said...

Itu ada di atas mbak. Sekitar 175C mba. Api bawah saja

Anonymous said...

Hai mba Hesti sy monica... mo nanya, itu ukuran cup nya brp ya ? Trus resep di atas jadinya brp banyak mba ? Makasih sebelumnya

Hesti HH. said...

Cupnya pake cangkir teh standar mba, bukan mug ya. InsyaAllah sama ukuannya. Kalau jadinya saya udah lupa karena dah lama. Tapi kayaknya sekitar 15 karena cup kertasnya lumayan besar.

Post a Comment

Coconut Custard Buns & Plaited Coconut Bread

Assalamualaikum. Selamat Hari Raya Qurban teman teman, semoga amal ibadah dan qurban kita diterima oleh Allah Subhanahu Wata'ala. ...