Senin, 12 Mei 2014

Sop Ikan Batam


Hari ini pingin bikin yang segar buat buka puasa. Aku tertarik mencoba resep sop ikan Batam. Lihat bumbu bumbunya mirip dengan ikan kuah asam menado...cuma yang ini pake kemiri. Karena tidak mengandung santan maka bumbu kemirinya aku kurangi...takut nanti rasanya seperti sayur asem ^^

Tuk resep silahkan lihat di blognya Bang Dedy Dentist Chef ya. Aku menggunakan ikan kerapu dan nggak pake seafood udang dan cumi. Rasanya enak tapi aku masih lebih suka  ikan kuah asam. Kuah asam lebih seger karena menggunakan banyak jeruk nipis dan daun kemangi. Mungkin rasa sopku kurang otentik karena aku gak pake sawi asin dan kecap ikan (lagi nggak punya) ya jadi rasanya kurang mantap. Tapi  lumayan buat variasi menu olahan ikan.



Beberapa bumbu aku langsung ambil di halaman, kebetulan lagi pada berbuah cabe dan tomatnya. Seger seger...




12 komentar:

vanissa yulia irfan mengatakan...

Waahhh tomatnya cakep mba hesti.. Tomat ijo gitu enaknya dibikin sambel cibiuk.. Hhhmmmm..

Inggrid mengatakan...

Aduuhhh,,,bu Hesti, saya gemas liat hasil kebunnya. Saya jg gemar menanam bumbu dapur n buah-buahan, tapi sayang lahanku terbatas krn saya tinggalnya d ruko. Gimana caranya spy cabe dak ϑì serang hama ya?

Hesti HH. mengatakan...

Alhamdulillah mbak, punya sendiri niy ^^ kalo dari namanya sambel cibiuk dari sunda ya?? enrat browsing deh, makasih yaaa

Hesti HH. mengatakan...

Iya nih mbak...sama beberapa pohon ada juga diserang hama...warnanya putih gitu...kata teman cara yang aman tanpa pestisida disemprot pake deterjen kayak "Rinso" yang dicampur air. tp belum pernah aku coba juga >,<

Bany Fatimah mengatakan...

Waa.. mb hesti cabe rawitnya udah berbuah ya, segeerr. Punyaku baru keluar bunga nih. Rempong kalo ga nanem sendiri rawit gituan buat lalap, di bakul2 sayur keliling suka ga bawa jadi mesti ke pasar, males. Sip siip

Maya mengatakan...

Mbak Hesti, salam kenal. Saya salah satu pembaca setia blog Mbak. Hampir tiap hari mampir ke sini. Maaf, saya tunggu2 postingan terbarunya koq lama ya Mbak.. Hehe.. udah nggak sabar soalnya.
-Maya, Bekasi-

tata | bonitafood mengatakan...

Mbak Hestiiiii..... Agak jeles di Sulawesi banyak ikan yah.... Gampang dicari seger2 pula.... Lah disini susaaaah, kalo mau harus jauh ke pasar besar kota malang atau pasar gadang, udah gitu jenisnya gak banyak dan seger2 amat hiks. Kebayang segernya sop ini. Betewe itu tomat costoluto genovese kah? Punyaku benihnya gak tumbuh hiks...

Hesti HH. mengatakan...

Iya mbaaaa....bikin juga yaaaaa

Hesti HH. mengatakan...

Salam kenal mbak Maya,

Tenang mbak...kadang aku lagi bertapa tunggu ilham makanya lama....kwkwkwkwkwkw

Hesti HH. mengatakan...

Haiiiiiiiii mba Tata *peluk peluk kangeen* kemana aja baru muncuuullll....
Saya gak tau nama tomatnya mbak, di sini banyaknya tomat beginian sih ^^

Anonim mengatakan...

Wajib kecap ikan sm sawi asin biar sippp mbak

Hesti HH. mengatakan...

Ooohhhh gitu ya, sayangnya di sini gak ada sawi asin >,<

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails