Sabtu, 10 Mei 2014

Sate Lilit Bali





Bahagia sekali lihat anak anak dan hubby lahap sekali makannya. Hari ini aku bikin sate lilit perdana dan ternyata mereka semua langsung jatuh cinta. Memang rasanya asli enak...lembut kenyal dan kaya bumbu. Resep asli dari mbak Ira "Cooking Tackle". Mbak Ira menggunakan ayam sedangkan aku menggunakan ikan karena hubby nggak makan ayam. Aku modif sedikit resepnya karena kebetulan ikannya ada 300 gr jadi sekalian dihabiskan saja. Cabenya juga dikurangi takut kepedesan buat anak-anak.


Bahan :
- 300 gr daging ikan tenggiri cincang
- 20 batang sereh, buang kulit bagian luarnya
- 50 gr kelapa parut (kelapa agak muda)
- 1 batang sereh, geprek
- 2 lembar daun salam
- 3 lembar daun jeruk purut, sobek
- 3 sdm minyak untuk menumis bumbu

Bumbu (haluskan) :
- 2 buah cabe merah besar
- 5 butir bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 1 butir kemiri
- 1 cm kunyit, iris tipis
- 1 cm kencur
- 1 ruas lengkuas, iris tipis
- 1/3 sdt terasi
- 3 lembar daun jeruk purut, iris halus
- 1 sdt garam
- 1 sdt gula merah

Cara membuat :
  1. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, daun salam, daun jeruk dan sereh hingga wangi. Aduk sampai warnanya berubah sedikit lebih gelap. Angkat. Dinginkan
  2. Dalam wadah, campur ikan, kelapa parut dan bumbu halus. Aduk hingga rata. 
  3. Siapkan batang sereh, ambil segumpal adonan dan bungkuskan ke permukaan sereh membentuk sate pentul. Letakkan dalam wadah yang dioles sedikit minyak. Selesaikan semua adonan sampai habis.
  4. Panaskan bara/kompor/wajan anti lengket. Panggang ikan sambil dioles sedikit minyak sampai matang sekitar 5 menit masing masing sisi. Usahakan tidak terlalu lama memanggang supaya sate tidak kering. Daging ikan cepat matangnya sehingga hanya membutuhkan waktu sebentar saja.
  5. Angkat. Siap disajikan dengan sambal matah.



33 komentar:

Rima Rahman mengatakan...

1 resep ini jadinya 20 biji ya mbk?
jd pngn coba mbak,buat variasi menua anak2,,thank's for sharing resepnya mbak ;}

Monica Rampo mengatakan...

Hai Mba Hesti...
he he he...wah sehati lagi mba...aku jg kemaren buat sate ini dan posting di blog juga..dan sama mba perdana buat sate lilit sendiri . Hanya aku pake resep dari ibuku..tadinya aku mau tambah bahan-bahan lain kayak daun-daunan, terasi dan gula merah serta asam jawa..hanya ketika tanya ibuku ternyata dia bilang kalau orang bali ga pakai..ya sudah karena perdana aku cobain aja resep ibu..dulu sih aku beberapa kali makan sate lilit jadi masih ingat rasanya..tapi baru skrg mau coba buat sendiri. Dan enak bgt ya mba kalau makan sate ini dengan sambal matahnya..lain kali pingin buat lagi dengan tambahan bumbu2 lain.
Hmmm seperti biasa..aku suka sekali dengan foto-foto mba Hesti..bagus-bagus...

Monic

Lina IbunyaAzRaf mengatakan...

Keren bgt deh gmbr yg terakhir mba... itu bckgroundnya pk apa mba...?

Anonim mengatakan...

Mbak Hesti keren deh.... baik blogg nya, fotonya, resepnya juga oke padahal ga perlu pake kaldu bubuk yaa Mbak? Engga kyk temen mbak yg si DD itu, klo masak mesti pake kaldu bubuk, kalo dikomen mslh kaldu bubuk dihapus. hehehe....maunya dikomen yg baik2 saja. Temen2 kantor kasih julukan "Emak Kaldu Bubuk' tuh. *Ina*

andrianykh mengatakan...

ih... mbak anonim ini tdk tau cara bertutur sapa yg baik agar org tdk tersinggung.. emang gampang ngomong coba tunjukkan sj kemampuanmu jgn hanya bikin dosa sj... kalau kamu dijuliki tukang gosiiip haha... ada2 sj sifat manusia.. maaf mbak hesti curcol di blognya.... soalnya byk org taunya bicara byk tp dia sendiri tdk punya kemampuan..

Sabariah Achmad Lanna mengatakan...

@Mb Ina*Anonim... Ğ baik lhooo...mngadu domba org,lgian kan diresep dtulis.."Kaldu bubuk opsional" yg artix blh pke kl SUKA..blh dskip kl GAK SUKA...hrusx kita2 ini bersyukur krn ad mereka2 yg sdh berbaik hati mw sharing resep2 mereka u/ kita contek.. ^_^

Hesti HH. mengatakan...

Iya mbak, udah lumayan gede gede....selamat bikin yaaaa

Hesti HH. mengatakan...

Halo mbak Monic, iya beneeeer asli enak. Oh baru tau kalo nggak pake terasi dan daun daunan soalnya resep yg beredar rata rata sama. Kalau resep ini aku ambil dari temen yang memang dah lama di Bali.

Makasih dah mampir ya mbak...

Hesti HH. mengatakan...

Sama aja mbak, semua backgroundnya. Pake kayu yang dicat hitam...cuman ngambil fotonya pake bokeh yang besar biar blurnya maksimal

Hesti HH. mengatakan...

Iya mbak, selera orang kan beda beda...jadi disesuaikan saja.

Hesti HH. mengatakan...

Iya mbak....sabar yaaaaa

Lina IbunyaAzRaf mengatakan...

Oooo gt y mba... jd aku nih ceritanya c lg belajar njepret... hehehe... walau modal kamera saku ajah...

:D

Makasih ya mba...

dyananda mengatakan...

Halo mbak, lapor nih, td siang saya bikin sate lilitnya, ngeplek nyontek resep mbak hesti, kecuali daging tenggirinya yg cuma 250gr, jadi 16tusuk. Rasanya, ya ampuuun, baru ini makan sate lilit enaaaaaak bener. Anak saya 2th sekali makan 3tusuk, seneng bgt liat anak maem lahap. Makasih resepnya mbak, makin cintahh sama mbak hesti :*

Hesti HH. mengatakan...

Hihi iya mbak,,,

Hesti HH. mengatakan...

Alhamdulillahhhh...toss ya mbak kita satu selera. Biasanya aku gak suka yang bumbunya tlalu banyak,,,tp untuk sate ini emang maknyus siiihhh...hehehe

Winneyify mengatakan...

Salam kenal mba hesti. sy suka ngintip blognya,, inspiratif banget buat pemula kyk sy..hehe
my tanya klo pake cabenya sesuai resep ga akan terlalu pedes kan yah mba? pengen bikin buat anak sy yg msh 1.5th.. trus klo ikannya diganti bs ga? pake ikan apa ya yg kira2 teksturny sama/lbh lembut?
wini

Mitha Indria mengatakan...

Duh mba..seperti orang tidak berpendidikan saja ya..tidak tahu attitude memberikan komentar.tidak usah menjelekkan oranglain lihat dlu diri mba...seberapa hebat si....biasanya orang yg suka menjelekkan orang lain jauh lebih buruk drpd orang yang dikomentarinya...

Mitha Indria mengatakan...

Duh mba..seperti orang tidak berpendidikan saja ya..tidak tahu attitude memberikan komentar.tidak usah menjelekkan oranglain lihat dlu diri mba...seberapa hebat si....biasanya orang yg suka menjelekkan orang lain jauh lebih buruk drpd orang yang dikomentarinya...

Hesti HH. mengatakan...

Salam kenal mbak Wini,

Kalau mau aroma wangi cabe tapi nggak pedes jangan dilepas tangkainya mbak. InsyaAllah gak pedes. Atau sekalian dipisah aja yg buat anaknya diskip cabenya. Ikan kakap bisa mbak...

Febryani Chourmain mengatakan...

mba hesti. maksud jangan dilepas tangkai gimana ya? kan kita mau halusin cabenha yah. atau buang biji cabenya ya mba. soalnya anak saya umur 2th tidak suka pedas sih

Hesti HH. mengatakan...

Eeeehhh maaf mbak lagi error, kirain jawab komen sup ikan batam >,<
Kadang kalo komen lagi banyak banget gak scroll ke atas lagi langsung aja jawab. tnyata ada yg salah komen niy. maaf ya mbak.

kalo menurutku sama sekali gak berasa pedesnya. Anakku yang kedua nggak suka pedes, dia makan banyak krn katanya gak pedes. Iya memang dibuang dulu bijinya. Dan cabe besarnya yang bulat gede itu lho mbak bukan yg keriting.

Febryani Chourmain mengatakan...

oke mba hesti. terima kasih infonya yah. tinggal beli serai dan kelapa.hihihi.

Hesti HH. mengatakan...

Sukses ya mbak, ditunggu kabarnyaaaa

Rochmania Sukmawati mengatakan...

mbak hesti, aq mau nyontek resepnya buat lomba masterchef dikantor hehe... kl dagingnya dicincang aja kira2 bisa ga y? soalnya pas lomba ga ada daging giling maupun blender :( thanks. rahma

Desta Farm mengatakan...

ada resep sambal matahnya mbak??

Hesti HH. mengatakan...

Silahkan mbak, bisa kok dicincang karena daging ikan lembut seratnya halus gak seperti daging.
Good luck ya...semoga juara. Ditunggu kabarnyaaaa

Hesti HH. mengatakan...

Saya cuma pake cabe rawit ijo, merah, bawang, bunga kecombrang, garam, minyak panas, dan air jeruk secukupnya. Kalau mau bisa ditambah terasi sedikit

Hesti HH. mengatakan...

Lupa mbak, ada serehnya juga dikit diiris halus dan dicincang halus

cikgu omar mengatakan...

Sallam,

Ingin tanya, siapa yang bikin photoshoot untuk masakan yang enak ini. Photo art direction nye bagus sekali.

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam Cikgu Omar,

Terima kasih, saya sendiri yang mengambil gambar semua postingan di blog ini.

Anonim mengatakan...

Mbak, sy pengunjung br takjub liat resep2 dan foto2nya.. smoga cepet eksekusi salah satu resepnya, krn bingung mana yang mau dicobain dulu.. top bt Mbak Hesti.. -Fen Surabaya-

Hesti HH. mengatakan...

Waaaaaa makasih mba Fen sampe GeEr niy *hidung kembang kempis* hihi. Iya mba jgn lupa kalo udah praktek ditunggu testimoninya yaaaaa

Anonim mengatakan...

Salam mba hesti.. untuk daging ikan tengiri boleh diganti ikan lain g ya? Soalnya di tempat saya rada ribet cari ikan tengiri.. :)

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails