Friday 2 May 2014

Braided Nutella Star Bread

 


Udah lama aku bookmarked resep roti ini. Sepertinya ada dua bulan. Habis itu lihat lagi Vivian Pang Kitchen posting juga di blognya. Diikuti beberapa teman FB...ngileeer tapi belum juga dapat moodnya. Tapi hari ini, karena udah dapat Nutellanya segera aku bikin. Harus. Kalau ditunda lagi bakalan keterusan dan jadi malas beneran ^^

Sebelum aku bikin aku baca baca dulu reviewnya. Setelah itu aku mengambil kesimpulan kalau jenis roti yang menonjolkan tekstur dan karakter serta motif seperti roti kepang ini sebaiknya menggunakan terigu protein sedang. Kenapa demikian?? Roti berbahan dasar tepung protein tinggi cenderung menghasilkan adonan yang lebih liat dan elastis, sehingga susah untuk digiling tipis. Selain itu hasilnya akan mengembang maksimal, sehingga pada saat pemanggangan motifnya akan kurang terlihat. Selai juga tidak boleh terlalu tebal karena ketika dipotong akan belepotan. Nah berbekal tips inilah aku membuat mengikuti resep dari "Handimania" yang dilengkapi dengan step by stepnya. Hanya aku tambahkan sedikit air karena menurutku adonan sedikit kering. Aslinya roti ini tidak melewati fermentasi kedua. Setelah dibentuk langsung dipangggang. Mungkin sengaja tidak membiarkan roti terlalu besar supaya motifnya cantik. Tapi aku fermentasikan sebentar saja supaya selain cantik rotinya juga tetep lembut.

Bahan :
- 450 gr terigu protein sedang + 50 gr untuk taburan
- 180 ml susu cair (aku pakai 225 ml)
- 70 gr gula pasir
- 1 1/2 sdt ragi instan
- 2 kuning telur (putihnya bisa untuk olesan)
- 30 gr butter
- 1/3 sdt garam
- 200 gr selai cokelat (aku pakai Nutella)

Cara membuat :
  1. Panaskan susu asal hangat sekitar 30C (jangan terlalu panas karena raginya akan mati). Angkat. Masukkan ragi, asuk rata dan diamkan 15 menit.
  2. Campur semua bahan kering, aduk rata. Turunkan mentega, kuning telur dan susu cair. Mixer atau uleni sampai kalis. Tutup dengan clingwrap dan diamkan hingga mengembang 2x lipat sekitar 45 menit.
  3. Kempeskan adonan. Bagi adonan 4 bagian sama banyak (kalau perlu timbang).
  4. Giling tipis adonan hingga membentuk lingkaran berdiameter sekitar 30cm. Pindahkan adonan ke dalam loyang yang dialas kertas roti atau dioles margarin (aku pake silpat). Selanjutnya bisa dilihat proses pembuatannya di sini.
  5. Setelah jadi, diamkan adonan sekitar 15-20 menit. Oles susu evaporated lalu panggang dengan api 190C atau 360 F selama sekitar 20 menit atau dasar dan permukaan sudah kelihatan kecokelatan.



Hubby langsung habis 2 potong...anak anak juga masing masing 1 potong. Satu potong itu terdiri dari satu dempet lho, lumayan besar hasilnya dengan diameter 30 cm.



41 comments:

Faeez said...

Hesti, saya juga dah bookmark roti ini dari seorang lagi blogger, tapi belum sempat lagi membuatnya. Sekarang, rasanya mahu saja buat hujung minggu ini!

Unknown said...

Wow! Very pretty braided bread. Your kids enjoy it very much. Thanks for the mentioned. Have nice weekend ahead!

Nisa-mom said...

cantiiiiik banget roti nya mba.... masuk list to do nih...

Nasa Mulia said...

hasil yang cantik dan tentunya sedap jugak...

dapuribulalawira said...

Salam kenal mbak Hesty, saya baru kemaren lihat roti ini di blognya vivian, disana jg ada comment mbak hesty, maka langsung saya meluncur ke blognya mbak. Kalo lihat di blog mbak lebih akurat kayanya he ···he.
Oya mbak ···itu ngoles rotinya pake putih telur atau susu evaporated ya? Terima kasih mbak :-D

Unknown said...

Mbaa hestiiiii..aku mau jd anak angkatmuuuuu..tiap hari makan enak terus,hahaha..
Ngiler liat rotinyaaaaa..

Feli said...

Halo, mbak. boleh tanya mbak Hesti kalau foto pakai kamera apa yaa? aduh kok bagus2 semua fotonya.
terimakasih ^^

Ika said...

Salam mbak hesti, bikin ngiler mbak fotonya, dah saya mskin k list yg wajib d bikin, oia mbak mo tanya klo adonan rotinya pake yg punya mbak hesti bs ga ya??
Salam dr ika qatar

Hesti HH. said...

Ayo sis...ditunggu segera hasil buatan sis Faeez ^^

Hesti HH. said...

Thank you so much Vivian !

Hesti HH. said...

Makasiiiiih mbak ^^

Hesti HH. said...

Terima kasih sis ^^

Hesti HH. said...

Karena kehabisan evaporated saya pake susu cair yg dikasih kuning telur dikit mbak. Biasanya saya pakai kuning telur tapi untuk roti ini saya mmng tdk ingin permukaannya kuning ^^

Hesti HH. said...

Hayuuuuuuk sini mbak ^^ hihi

Hesti HH. said...

Makasih mbak, saya pakai Canon EOS 60D lensa 50mm

Hesti HH. said...

Makasih mbak, bisa aja mbak cuman resepku biasanya ngembangnya mumbul/menul menul mbak, takutnya motifnya gak kelihatan. Selain itu menggilingnya akan lebih susah karena tepung bergluten tinggi lebih liat/elastis

andrianykh said...

jd rotinya nanti susun 4 lapis kan.. krn ada 4 adonan.. trus ditumpuk sambil diberi selai.. bgt ya..

Hesti HH. said...

Betuuuul kanda...adonan terakhir yg tdk dioles...

ary said...

Salam kenal Mbak Hesti... saya kemarin sudah coba bikin model roti ini tapi menggunakan resep roti kentang yg saya rubah komposisi terigunya. Trimz sudah berbagi banyak resep bagus di blog nya... Keep writing ya mbak..supaya si pemula ini bisa belajar banyak ttg baking dr mbak...

Anonymous said...

Mbak mau nanya tentang Nutella boleh yaa. Mbak Nutella itu halal gak ya, soalnya aku cari di kemasan tidak ada logo halal nya. Padahal aku pengen banget nyobain karena banyak yang bilang enaaknya pake bangedd

Hesti HH. said...

Salam kenal juga...

Makasih mbak dah nyobain resepnya, semoga cocok ya. Makasih banyak doanya semoga saya tetap semangat ngeblog ^^

Hesti HH. said...

Halal mbak, ada logonya kok, semacam MUInya Australia gitu lambangnya. Mbak punya nggak ada labelnya kah?

Anonymous said...

Aneh banget deh mbak yang aku beli tidak ada logo halal-nya baik yg kemasan kecil maupun besar,sampe bolak balik aku cariin di botolnya. Aku belinya di superin** 2 minggu lalu.

Isna Sutanto said...

assalamualaikum wr wb.

mba hesti, saya udah berkali2 lihat braded star bread ini di blog2 lain tapi setelah mba hesti bikin jadi semakin penasaran dan akhirnya ikutan bikin juga. malah saking sukanya anak2 sama roti ini saya sudah dua kali bikin roti ini. thanks to share yaa.... peluk dari jauh :)

Hesti HH. said...

Waalaikumsalam, alhamdulillah mbak Isna, sama dong anak anakku dan hubby juga sukaaaaa...senang kalo resepnya bisa dicobain *muaaaachh*

Eci said...

mba hesti butternya pake merk apa? kalo ga ada butter bisa diganti margarin ga?
thanks.

Hesti HH. said...

Saya pake blue triangle mba, kalo nggak ada boleh pake margarin.

jambu said...

mantab bgt nie bikin laper heheh makasih ya mbk salam hangat saya peluang usaha 2014 tanpa modal

eka_budimartini said...

Mba hesti,
Salam kenal, aku eka..
Sebelum nya hanya jadi silent reader aja di blog mu, tapi makin dibaca malah makin "menggugah" untuk ikutan praktekin resep2nya, sebelumnya Alhamdulillah aku sukses praktekin resep roti tawar zebra nya, naah klo roti yg ini, bagaimana cara bentuk roti nya ya mba? Bisa jadi cakep kek gitu mbaa?
Dan satu lagi, bagaimana cara bikin watermark kek di foto2 mba hesti ya?
Makasih sebelum nya udah kenan menjawab pertanyaan ku :)

Hesti HH. said...

@Jambu : makasih sudah berkunjung...

@Eka : Salam kenal mbak...alhamdulillah kalau bisa jadi inspirasi tuk baking ^^
Kalau step by step cara buat roti di atas bisa diklik di link di atas mbak...
Kalau bikin watermark saya buat di photoscape. Down loadnya gratis kok.

peni said...

Assalamuallaikum mbak hesti...mau nanya neh,kalo nutella diganti DCC bisa nggak? Sy punya DCC bnyk,sayang kalo gak dipake hehe...Trus gmana caranya kalo pake DCC mbak?
Makasih mbak.
Wassalam.

peni said...

Assalamuallaikum mbak hesti,aq udah bikin pake dcc,tapi kueku bantat mbak hiks...Apa karna ragi ku ya mbak,waktu difermentasi gak ngembang mbak...Ato ada sebab lain mbak? Untung cm 1/2 resep,dan berakhir di tong sampah hiks hiks...Wassalam.

Hesti HH. said...

@Peni : waalaikumsalam, maaf mba saya nggak tau teksturnya di roti. Mungkin bisa kalau dilelehkan dulu setelah itu dioles. Tapi dcc biasanya cepat kering sih...

Iya mbak maaf yaaaa rotinya gagal. Biasanya kalau dari awal udah gak ngembang mgkn krn ragi sudah tdk aktif atau airnya kepanasan sehingga raginya mati.

peni said...

Assalamuallaikum mbak,saya lagi neh...hr minggu kmrn sy udah bikin lagi mbak,alhamdulillah sukses,raginya lgs sy campur di bahan kering,trus pake air biasa bukan susu hehe...Makasih ya mbak hesti cantik.
Wassalam.

Hesti HH. said...

Waalaikumsalam, alhamdulillah mbak bisa sukses...tengkiu yaaa

Giekitchen said...

Mbak kasih by step pembentukan roti jd cantik kayak gtu dong

Hesti HH. said...

Ini udah banyak di internet mba silahkan diklik link di atas. lengkap mbaaa

Anonymous said...

Saya sudah coba bbrp kali mb....emang enak bangett...toppingnya suka saya ganti2...heheehe

Hesti HH. said...

Alhamdulillah....mantaaap mbaaa

atta said...

Wuihhh....rotinya bikin laper jadi pengen bikin niy.Tapi kalo bikin roti kayak gini harus pake mixer heavy duty ya mb?Sedangkan yang saya punya cm mixer biasa.Kalo Mb Hesti pake mixer merk apa?

Hesti HH. said...

Ngga harus mba. Saya juga dulu pakai handmixer. Tapi tetep harus dibantu uleni tangan. Kalau kelamaan mixernya jadi panas ^^

Post a Comment

Coconut Custard Buns & Plaited Coconut Bread

Assalamualaikum. Selamat Hari Raya Qurban teman teman, semoga amal ibadah dan qurban kita diterima oleh Allah Subhanahu Wata'ala. ...