Selasa, 17 Januari 2012

Salad Roll

Salad Roll

Akhirnya jadi juga aku bikin salad roll ini. Aku terinspirasi dari
resep teh Nicke. Nuhun teteh...! tapi tuk kulit dan isiannya aku bikin agak beda. Berhubung aku bikin bukan tuk cemilan tapi untuk bekal anak-anak jadi porsi isiannya harus agak banyak. Aku pake isian yang biasa aku pake tuk sandwich. Ada suwiran ayam, jamur, dan mayonaise. Karena nggak ada selada keriting buat hiasan jadi aku pake lettuce. Aku masukin aja sekalian ke dalam salad rollnya. Jadi setelah kulit aku alasin lettuce kemudian isi dan digulung. Cantik juga ternyata.

Tuk isian ayamnya aku pake resep ini. Cuman aku tambahin mayonaisenya dan sedikit susu kental manis biar lebih mantep. Sedangkan kulitnya aku pake resep lumpia basahku. Pengalamanku hasilnya bagus, tipis dan lentur. Mungkin karena aku juga pake crepe maker. Berikut resepnya.

Bahan kulit (campur semua, buat dadar):
- 100 gr tepung terigu
- 50 gr tepung beras
- 1 sdm susu bubuk full cream
- 1 butir telur
- 350-375 ml air (semakin banyak airnya semakin tipis kulitnya)
- 1/2 sdt garam
- 1-2 sdm minyak goreng

Salad ayam :
- ayam (rebus, suwir-suwir)
- jamur kancing segar, potong tipis
- bawang putih, cincang
- bawang bombay, cincang
- susu cair
- pala
- garam
- merica

Pelengkap salad ayam :
- mayonaise
- sedikit susu kental manis
- bawang bombay cincang halus

Cara membuat :
  1. Salad ayam : tumis bawang putih dan bawang bombay dengan sedikit minyak sampai wangi. Masukkan suwiran ayam lalu masukkan susu cair sampai ayamnya terendam. Bumbui garam, merica dan sedikit pala. Setelah air agak menyusut, tambahkan jamur kancing segar. Masak sampai airnya kering. Sisihkan.
  2. Buat adonan mayo. Campurkan mayonaise, sedikit sekali susu kental manis, bawang bombay cincang. Masukkan suwiran ayam dan jamur. Aduk rata.
  3. Penyelesaian : siapkan kulit dadar. Beri daun lettuce yang sudah diremas sedikit agar tidak kaku (lentur). Isi dengan isian ayam. Gulung seperti dadar.
  4. Siap disajikan dengan saus sambal.

2 komentar:

nickeJJ mengatakan...

Jyaaaaahhh....cakep cakep !!
setiap orang pasti ada modifikasinya...de' kecohan resepku kalo aku liat komposisinya..yummy loo...

ini pas banget !! makasih looo

Hesti HH. mengatakan...

Hehe...makasih teteh. Siapa dulu dong inspiratornya...

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails