Jumat, 27 Januari 2012

Ayam Panggang

Ayam Panggang

Ayam Panggang

Ini adalah salah satu resep favorit menu lebaran di rumah mama. Ayamnya lebih enak menggunakan ayam kampung, tapi kalo ngga ada bisa juga pake ayam ras. Bumbunya gurih karena santannya diperas menggunakan air kelapa...mantep deh pokoknya. Kalo mama biasanya 1 ekor ayam cuman dibagi 4. Tapi supaya anak anakku gampang makannya aku potong ukuran sedang aja.

Bahan :
- 1 ekor ayam, potong sesuai selera
- 5 lembar daun jeruk purut
- 3 batang sereh, digeprek
- 3 jari lengkuas, digeprek
- 1 sdm air asam
- 1 sdt gula pasir
- 500 ml santan dari 1 butir kelapa (diperas menggunakan air kelapa)

Bumbu halus :
- 100 gr bawang merah
- 200 gr cabe merah besar
- 5 siung bawang putih
- 2 ruas jahe
- 2 ruas kunyit
- 1 sdm ketumbar
- 4 biji kemiri
- 1/4 sdt merica
- garam secukupnya

Cara membuat :
  1. Setelah ayam dibersihkan dan dicuci bersih, masak bersama santan dan bumbu halus. Tambahkan garam, gula dan air asam.
  2. Masak sambil sesekali diaduk sampai airnya kuahnya berminyak dan airnya menyusut.
  3. Panggang di atas bara api/oven sampai ayam berbau wangi khas bakaran (jangan sampai hitam).
  4. Ayam siap disajikan hangat bersama sambal.

15 komentar:

tatabonita (y-rahmasari) mengatakan...

Lapaaarrrrrrrrrr.............. Pulang beli ayam bakar ah hehehe :D

Hesti HH. mengatakan...

Hihi,di sana mah asyik Mbak...apa aja adaaaaa...

Anonim mengatakan...

mbak kok warnanya bisa coklat ya..
padahal ngak pake gula merah

Dina Siahaan mengatakan...

Mbak Hesti, mau nanya dong.. bumbu halusnya ditumis dulu ga ya sebelum dimasukin sama2 santannya? Rencana besok pengen eksekusi resep ayam panggannya nih.. :)

Hesti HH. mengatakan...

iya mbak, kalau lama dimasak kompornya bumbunya jadi mengkaramelisasi...

Hesti HH. mengatakan...

LAngsung aja mbak gak ditumis. Tapi kalau mau ditumis dulu boleh juga...

Anonim mengatakan...

Mba hesti yg baik..resep ayam panggangnya sudah sy praktekan dan hasilnya sangat memuaskan... enaaak..terima kasih byk sharing resepnya yang selalu sepenuh hati dan jujur. Thumbs up for this blog n ur true generosity ^^

Tatiana~

Hesti HH. mengatakan...

Alhamdulillaaaah mbak, ikut senang dengarnya....makasih ya dah feedback ke aku ^^

Ina Tiara mengatakan...

mbak...'penampakan' sebelum dibakar juga merah gitu ya? airnya bener2 menyusut tinggal dikit? diriku bikin...rasanya enak....tapi kok penampakannya gak cantik merah gitu ya...--"

Ina Tiara mengatakan...

mb hes...1 ekor ayam yg diresep kira2 brp kilo ya? biikin tp kok penampakan ayam saya gak semerah cantik punya mbak hes ya?

Ina Tiara mengatakan...

mbak hesti....kmrn bikin kok gak merah cantik kayak di poto ya ayamnya? rasanya siih enaaaazk

Hesti HH. mengatakan...

Maaf ya mba Ina baru bales. Saya habis berobat dari Makassar.
Apa cabe merahnya dikurangi kah mba atau ditambah kecap/gula merah. Saya jg bingung karena resepnya kan sama yaaa...

Ina Tiara mengatakan...

mbak hesti sakit? besok2 tak coba lagi ya mbak....

Hesti HH. mengatakan...

Iya mba saya kena rematik, disuruh ngga boleh kerja berat berat. Smg percobaan berikutnya berhasil ya mba...

Ina Tiara mengatakan...

udah coba mbak hesti....enaaaak....merah cantik....kmrn malas sangrai kemirinya...jadinya agak langu deeeh....

waaaah....gak boleh angkat2 dll ya mbak...semoga cepatsembuh dan semakin sabar yaaaa

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails