Senin, 09 Januari 2012

Bayao Pannyu (Telur Penyu)


Dalam rangka meramaikan Indonesian Food Party bulan ini, aku membuat salah satu jajanan khas dari Makassar. Mirip mirip dengan resep yang kemarin, resep ini juga simpel tapi tetap enak khas jajan tradisional. Disebut bayao pannyu (bahasa Makassar) atau telur penyu karena memang bentuknya mirip sekali dengan telur penyu. Tidak lonjong melainkan bulat-bulat seperti bola pingpong. Cara membuatnya sangat mudah. Cukup siapkan tepung ketan dan sedikit garam. Aduk rata lalu tuang air sedikit demi sedikit sampai adonan dapat dipulung. Ambil adonan secukupnya, isi dengan bahan cangkuning atau enten kelapa (isian dadar gulung) lalu tutup/padatkan dan bentuk seperti telur penyu. Masukkan dalam air yang sedang mendidih. Tunggu sampai mengapung...tiriskan lalu baluri dengan tepung beras yang sudah disangrai. Mudah kaaan??? Aku nggak tulis resep lagi, karena kayaknya teman-teman juga sudah pada tau gimana bikin adonannya. Mirip seperti membuat klepon.


Bayao Pannyu (Telur Penyu)




8 komentar:

tatabonita (y-rahmasari) mengatakan...

Ini juga mbak, IFP dengan senang hati menerimanya sebagai entry :D

Hesti HH. mengatakan...

Okey...makasiiiih Tata...

Melani W mengatakan...

Hi mbak Hesti...
Penampakan kuenya cantik, hehe. Jadi pengen bikin juga. Saya sangat suka kue yang isinya kelapa parut ^_^

Hesti HH. mengatakan...

MAkasiiih Melani tuk kunjungannya dan komen manisnya...

bunbun mengatakan...

menul menul.. ^^

rasanya apakah mirip2 mochi, mbak?
dengan isi yang berbeda...

banyak banget yaaa makanan khas Makassar ternyata. dan sepertinya enak2.. hehe. belajarnya dari mbak hesti semua.. :D

Hesti HH. mengatakan...

Haiii Bunbun...

Iya rasanya mirip mochi, tapi lebih mirip kue koci or bugis sih...

Malahan di listku masih ada sekitar 15 jajanan trad. Makassar yg mau kucoba. Masalahnya ada beberapa resepnya yang memerlukan bahan khusus, alat khusus ataupun ketrampilan khusus yang belum pernah aku coba...jadi bertapa dulu baru nyobain resepnya...hhahaha

Anonim mengatakan...

salam kenal mba hesti..mo tanya klo luarx itu di kasi tepung apa ya..?
makasih sblumx...

~ririn~

Hesti HH. mengatakan...

Salam kenal mbak,

Luarnya ada tertulis di atas mbak, dibalur tepung beras atau tepung ketan yang sudah disangrai...

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails