Senin, 09 Januari 2012

Kope' Langi'



Kope' Langi'

Kope' Langi'

Jajan tradisional ini resepnya sangat simpel tapi ngga tau kenapa, saat ini sudah jarang dibuat orang. Memang ini bukan tipe kue yang dibikin untuk dijual...melainkan hanya dibikin tuk konsumsi pribadi saja. Nah karena aku pecinta jajanan tradisional Makassar, maka kali ini aku aku coba bikin kue ini. Mirip mirip dengan cara bikin klepon. Bahannya tepung ketan ditambah garam secukupnya, dituangi air sedikit demi sedikit sampe bisa dipulung. Lalu dibentuk bulat dan ditekan bagian tengahnya *seperti membuat bubur gempol*. Nah setelah itu dimasukkan ke air mendidih sampai mengapung. Angkat lalu taburi parutan kelapa dan siram denga kinca gula merah...nah simpel kan???


Memang kue Indonesia simpel-simpel...bahannya cuman itu itu aja dibolak balik. Ketan diisi gula merah direbus lalu pas masak ditaburi kelapa parut, itu onde-onde. Ketan dicampur kelapa, digoreng lalu dibesta gula merah namanya gemblong. Bola bola ketan dimasak dalam larutan gula merah dan santan namanya katri mandi. Daaannn...masiiiiih banyak lagi kue kue lain yang pada dsarnya berbahan sama, cuman cara pengolahannya yang berbeda. Ini karena kita kreatif?? atau justru nggak kreatif ya?? *bingung* pikir sendiri aja...hehe

Sesuai tema, kue ini aku ikutkan Indonesian Food Party bulan ini. Jangan bosan ya Mbak Tata & mBak Momon...^^


2 komentar:

tatabonita (y-rahmasari) mengatakan...

Ini boleh mbak diikutin IFP, tinggal pasang logonya aja :D. Kereeennnn pisan, jajanan traditional Indonesia memang indah2 :D

Hesti HH. mengatakan...

Ternyata boleh lebih dari satu ya Tata?? ntar aku masukin deh...tapi tunggu2 dekat deadline, siapa tau aku bikin yg lain lagi *makanan khas*...

Btw makasiiih ya Tata, udah ngajakin aku ikutan...senang lihat FoodBlogger Indo yang kreatif...pintar masak/bikin kue sekalian pintar photo juga...

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails