Friday 27 January 2012

Black Forest Roll





Black Forest

Black Forest

Hampir kelewat deh...hampir mubazir. Aku dah lama beli whip cream Anchor tuk persediaan aja kalo kalo dibutuhkan. Karena di sini barang-barang kayak gitu nggak selalu ada...jadi pas ada langsung beli walaupun pakenya juga nggak tau kapan. NAh kemarin aku cek kadaluarsanya...waaaa udah gak sampe seminggu lagi. Panik...segera cari resep mudah tuk menghabiskan krim kentalnya.

Akhirnya dapat ide tuk bikin black forest roll. Aku lihat di Dailydelicious...wah menggoda sekali penampakannya. Cuman spongenya penampakannya kelihatan agak kering atau berpori ya jadi aku pake resepku dapet dari tetanggaku yang baik hati Tante Fifi. Black Forestnya terkenal ueeenak dan laris dipesan. Resep aslinya menggunakan rum bakar tapi aku skip aja. Ternyata nggak mengurangi rasa enaknya. Betul deh!!! 2 jempol. Yang bikin enak karena kita nggak keblenger sama krimnya. Fillingnya pake ganache cokelat dan cherry. Nah luarnya aja yang dibalur whip cream tipis dan serutan cokelat. Ternyata perpaduan cokelat dan cherry tuk fillingnya membuat rasanya istimewa. Bakal jadi resep andalan niy.

Tapi proses pembuatannya ada sedikit kecelakaan. Kue ini jenisnya sangat lembut. Karena aku ingin kue yang moist, air cherry kaleng aku oleskan agak tebal. Beneraaaan enak rasanya tapi ternyata gulungnya jadi susah karena kue agak basah. JAdi bentuknya nggak karuan. Dibilang bulat enggak, dibilang segitiga juga enggak. Pokoknya cepat cepat aku masukin kulkas biar ganachenya mengeras.

Mungkin lain kali setelah digulung aja baru diolesin sirup cherrynya. Karena menurutku citarasa air cherry itu yang khas dan membuat kuenya jadi tambah lezat dibanding simpel syrup biasa.


Black Forest

Resep aslinya untuk hasil jadi 3 loyang kotak ukuran 20 cm. Tapi karena aku bikin cake roll jadi aku bagi dua aja adonannya menggunakan 1 buah loyang ukuran 28 cm. Untuk filling aku modifikasi dari Dailydelicious.

Bahan :

- 4 kuning telur, 3 telur utuh
- 110 gr gula pasir
- 1 sdt emulsifier (aku pake 1/2 sdt SP)
- 1/2 sdt vanili bubuk
- 25 gr cokelat bubuk (aku pake merk Bendico)
- 15 gr susu bubuk full cream
- 35 gr tepung terigu protein sedang
- 1 sdm susu kental manis
- 1 sdt cokelat pasta (aku skip)
- 1 sdt rum bakar (aku skip)
- 75 gr salted butter, lelehkan

Filling ganache :
- 100 ml krim kental
- 100 gr cokelat dark
- 30 gr butter
- sweet dark cherry

Hiasan :
- 150 gr krim kental
- 1 sdm susu kental manis
- dark cokelat, diserut
- cherry merah

Cara membuat :

  1. cake : kocok telur, gula, emulsifier dan vanili hingga kental berpita. Kecilkan kecepatan mixer paling minimal. Turunkan bahan tepung, cokelat bubuk, susu yang sudah diayak sambil dikocok rata. Terakhir masukkan mentega cair dan susu kental manis. Kocok asal rata. Tuang ke dalam loyang ukuran 28 cm yang dialas kertas roti dan panggang dalam oven api 375F atau 190 C.
  2. Filling ganache :
  3. Panaskan krim kental asal panas (jangan sampai mendidih). Angkat, segera masukkan potongan dark cokelat. Aduk hingga cokelat meleleh. Masukkan butter, aduk hingga licin. Biarkan dingin.
  4. Hiasan : kocok krim kental dengan 1 sdm susu kental manis sampai mengembang. Simpan di kulkas.
  5. Penyelesaian : Setelah dingin, letakkan cake di atas kertas roti. Oles dengan ganache lalu tata cherry di atasnya. Gulung perlahan dan rapatkan gulungan. Simpan di kulkas sampai gulungan mengeras dan set. Olesi dengan air dark cherry. Biarkan sebentar agar meresap. Poles dengan whip cream lalu beri serutan dark cokelat. Hias dengan cherry merah. Dinginkan di kulkas.
  6. Siap disajikan dalam keadaan dingin.



57 comments:

ibudirafisa said...

mbak.. gimana cara bikin serutan coklat bisa memanjng gitu..?

Hesti HH. said...

Itu cokelatnya ditidurin, diserut pake pisau dari atas, tipis tipis aja mbak (kayak dikerik gitu) kalo tebal kan jadinya selebar dan sepanjang cokelat yang diserut. Kalo tipis gak sampai lebar dia udah jatuh sendiri...gitu mbak semoga kebayang.

Sebenarnya aku dulu suka buat step by step bikin apa aja. Tapi berhubung kameranya jamuran karena sering dibawa ke dapur...kamera baru ini disayaaaaang banget. Pokoknya gak boleh sentuh dapur, hihihi

Sashy said...

Mbak Hesti kalo resp black forest cake nya dipake buat bikin cake blackforest biasa yg ukuran 20 x 20 bisa yah ? berarti resep yg diatas dikali 2 gitu mbak ? tx

Hesti HH. said...

Bisa mbak, kali dua aja. Emang aslinya untuk black forest biasa. Resep ini aslinya untuk 3 lapis ukuran loyang 20x20cm. Cuman aslinya dalamnya gak pake ganache...semuanya full whip cream.

Sashy said...

Makasi ya Mba Hesti, nanti aku mau nyobain resep blackforestnya buat kue ultah kakak, semoga berhasil. oh ya kmaren sempet nyoba bikin puding kentang dan soes jepangnya mba Hesti, dan berhasil ...seneng banget deh, makasi banyak ya mba untuk update resep-resepnya ..

Hesti HH. said...

Kudoakan semoga berhasil ya...
Aiiiih senangnya kalo resepnya sukses dan enak. Jadi tammbah semangat update postingan. Makasiiih juga ya udah mau cobain resepku...

Palupi KN said...

salam kenal mbak hesti... Aku sering nyontek resep diblog mbak tanpa permisi, hihiii...
Blackforest roll ini udh pernah aku praktekkan, hmmm..lembutnya...
Izin share ke blog ku boleh kan mbak?

Hesti HH. said...

Salam kenal juga Mbak Palupi...

Oaalahh mbak, gak papa kok. Malahan aku seneng. Emang sengaja taruh di blog tuk sharing resep mbak. Silahkan dishare di blognya mbak...

Anna said...

hai mba hesti, aku salah satu penggemar blog mba & serrring banget nyontenk resep mba. Kebanyakan berhasil loh. hehehe..
sempat bikin blackforest roll ini dan habis tanpa sisa kurang dari 5 jam! hehe rencananya aku mau bikin lagi. kali ini 2 loyang :) thanks ya mba Hesti udah share resep yang mudah & enak2. skr resep blackforest roll ini jg jadi andalan ku.

Hesti HH. said...

Halo juga mbak Anna,

Syukurlah kalo suka sama resepnya. Makasih juga ya udah kabarin hasilnya. Semoga bikinnya sukses terus ^^

Anonymous said...

Assalamu'alaikum ,, Salam Kenal Mba.. Suka deh ama blognya,, aku newbie soal baking nih,, aku mau tanya cherry kalengan y ada merk apa y ada tanda halalnya?? mohon bantuanya nya yah mba

-Lina-

Anonymous said...

mba hesti klo krim kental bisa diganti susu murni biasa gak?? akhir2 ini krim kental lagi susah dicari

Hesti HH. said...

waalaikumsalam...

Kayaknya belum pernah nemu cherry kaleng yg ada label halalnya mbak. Tapi mbak baca aja ingredientsnya. Kalo komposisinya cuman cherry dan air gula (nggak ada alkohol dan rum) insyaAllah aman. Tapi kalau ragu ragu sebaiknya nggak usah dipakai.

Hesti HH. said...

Kalo krim kental yang buat ganache bisa diganti susu cair tapi dikuragi jumlahnya dikit karena takut keenceran. Sedangkan untuk krimnya nggak bisa diganti susu cair karena kalau dikocok susu cair nggak bisa ngembang. Kalau mau diganti sama whip krim non dairy aja mbak...

Anonymous said...

Halooo Bu Hesti, wah saya happy banget, bingung mau bikin kue HUT anak yg jenis BF, eh main2 akhirnya "nyangkut" lama di blog ini hehehe, langsung jatuh cinta lho xixixixi...btw kalau Otang saya cuman muat 1 loyang, 2 adonan sisanya ngantri apa ga apa Mba? ada trik khusus mungkin? Matur nuwun

Hesti HH. said...

Bikin ini mbak, lumayan simpel kok. Setahuku ada teman yang jualan kue rainbow...kalo naik dua loyang dioven sisanya ditaruh di kulkas dulu. InsyaAllah hasilnya tetap bagus.

makasih ya udah mampir dan ninggalin komen ^^

Anonymous said...

O, begitu ya caranya :D oke nanti pasti saya coba Bu. Di rumah krn sy pakai hand mikser (tanpa stand), ada teman yg bilang kl mengocok telur dan gula dulu sampai kental baru nanti sp masuk. Kl bu Hesti pakai mikser spt apa dan biasanya apa juga spt itu/langsung sj campur & kocok semua? terimakasih banyak Bu Hesti.

Hesti HH. said...

Kalau saya sekarang pake Bosch mbak. Ngocoknya lebih singkat. Tapi dulu juga pake mixer Philip tanpa stand soalnya kalo pake standnya kadang gulanya ada yang nggak larut di dasar bowl mixernya. Bisa pake cara dua duanya itu mbak. Kalau aku sih kebiasaan langsung masuk semua...

Unknown said...

Mba hesti, aku udah bikin cake BF pake resep ini yg aku double in.rasanya enaaaak. Tp Άϑά yg mau kutanyain mba...
Cake ku sih ngembang tp kenapa setelah mateng dan kukeluarin dr rak kenapa cake ku langsung turun alias menciut ya mba? Apaa kurung ditepung atau Άϑά disalah dipengocokan ya mba?
Trus aku selalu bermasalah pas di cara pendinginan cake setelah matang.aku pernah dinginin di rak kawat,tp cake ku jadinya bergaris2.aku dinginin dipiring dan pernah kudiamin didalam loyangnya aja ampe dingin eh cake ϞƔª malah basah bagian bawahnya krn bkeringat.
Tolong pencerahannya dong mba biar bisa bikin cake yg cantik. Sblmnya makasih ya mba...

Hesti HH. said...

Memang resep aslinya begitu mbak dan memang kuenya agak mengkeret dikit. Kalau mengoles loyang di bagian bawahnya aja nggak usah di sisi sisinya jadi setelah matang bagian pinggir nggak mengkeret masuk (licin akibat olesan). nanti tinggal di bantu pake pisau tajam ngelepasinnya. Kalau mbak mau coba ditambah tepung untuk lihat hasilnya bagaimana ke kue bisa juga...ditunggu kabarnya ya ^^

Kalau masalah proses pendinginan memang cuman ada 2 cara itu. pakai rak pendingin nggak masalah untuk tipe kue yang mau dioles whip atau krim. nanti kan bekas garisnya ketutupan. kalau nggak suka pake cara kedua. Taruh aja di loyang lebar yang dah dialas kertas roti. nanti lembabnya tinggal di kertas roti kok. Lagian kue nggak terlalu basah karena sisi sisinya nggak ketutup jadi tetap release steam kan?

ellen said...

mbak, untuk rasa enakan yg roll ini ato blackforest post an th 2010?

ellen said...

mbak untu rasa enakan blackforest roll ini ato blackforest resep mbak th 2010? kl saya mau buat size loyang 24 gimana ukuran bahan2 nya? makasih

Hesti HH. said...

@Ellen, rasa sama sama enak, tapi yang ini lebih light karena nggak terlalu banyak kuning telurnya. Kalau mau bikin di loyang 24 mungkin sebaiknya bikin 2 resep mbak tapi hasilnya akan tipis. karena untuk 2x adonan di atas sebenarnya jadinya 3 loyang ukuran 20cm.

Anonymous said...

Halo Mba.. saya langsung jatuh cinta melihat kue BF roll hasil mba ini.. tapi maaf tambah baca tambah bingung ini.. Sebenernya resep yg tertulis diatas apa masih original untuk 3 lapis ukuran 20cm , atau mba udah ringkas menjadi hanya untuk bikin 1 roll saja? Terima kasih..
Ary

Hesti HH. said...

Yang di atas itu sdh separuh resep mbak aku pake untuk hasil jadi satu loyang...

Anonymous said...

assalamu'alaykum...salam kenal mba..maaf mba resep diatas 4kuling telur 3telur utuh itu artinya 7kuning+3 putih yah?sy jg sering buka blog mba...klw cari resep kue searching di om google "ketik jns kue spasi blog mba" hehe.. bbrp resep dah dicoba...trima kasih yah mba sharing ilmunya...(astri)

Anonymous said...

Mba hesti, krim kentalnya biasa pakai merk apa ya?

Hesti HH. said...

@Astri : waalaikumsalam, bener mbak 7 kuning 3 putih. makasih jg dah mau cobain resepnya yaaa..

@anonim : pake merk anchor mbak

Anonymous said...

Mba hesti,itu krim kental utk hiasannya 150 gr atau 150 ml ? Beda atau sama aja mba? Makasih ya mba. (Vivi)

Nurhasanah said...

Mbak hesty...ngegulungnya nunggu dingin yah. aku tuh trauma sm gulung menggulung, gagal terus..hiks

Hesti HH. said...

@anonim : sama saja soalnya saya pernah timbang sama sih ^^

@Nurhasanah ; iya mbak karena kalau panas krimnya meleleh. Kala mau mudah begitu keluar oven alas permukaannya dengan serbet bersih lalu gulung bersama. Setelah dingin, olesi krim dan gulung kembali lalu padatkan.

Anonymous said...

haii...mbak hesti,
aq penggemar setia blok mbak hesti loh, sudah banyak resep yg ku coba dan berhasil??? tp aq selalu gagal membuat bolu gulung, yang ingin saya tanyakan,
1. kenapa yah roll cake BF ini pas di gulung bentuk nya gak kokoh, n basah gitu...udah pake srbet basah tapi tetep lengket dan gak karuan bentuk nya....
2. aku maw nanya ni oven nya pake api atas bawah, or bawah aja....
maaf yah mbak bnyak nanya hihi al nya aq bingung ne knpa slalu gagal buat bolu gulung...tks mbak

Hesti HH. said...

hai mbak...aku coba jawab yaaa...
1. Kalau lengket dan basah mungkin cakenya belum matang sempurna mbak. Kadang memang panas oven beda beda mbak jadi kita yang harus tau pasnya dimana. Apalagi warna kue ini gelap jadi susah tau matangnya. Tapi setahuku waktu panggangnya nggak lebih dari 15 menit mbak. Untuk menggulung, kalau serbet basah (harusnya nggak basah sekali lho ya) susah gulungnya pake serbet kering yg bersih aja mbak. Kalau susah juga bisa minta bantuan siapa gitu untuk gulung kue bersama. Kalau dilakukan sendiri, usahakan sewaktu akan menggulung, ujung kue(yg jauh dari kita itu) mentok ke dinding atau apa aja biar gulungnya nggak lari/goyang mbak.

2. Untuk panas aku pake bawah aja mbak.

ratu said...

mbak mo tanya nich itu beli bosch yg model gmn yach cz mo beli jg ...modelnya yg kayak duduk warna merah yg ngocoknya gantung ato yg kyk panci itu yg pisaunya bisa diganti itu y mbak...aku liat hrganya berksar 5....jt apa itu mbak thx

Febry said...

mba hesti. aku pengen bikin blackforest ini untuk ultah anakku bulan depan nih.

mau tanya kalo untuk loyang kotak size 26cm, untuk hitungan bahan dari resep diatas dikali 2. lalu tambah 70%. bener ga mba?

trus untuk filling ganache itu. dark cherry nya langsung ditata aja yah? kalo mau dicombine dengan vla dark cherry bisa ga ya mba?

dan kalau Mau buat Choco coating sebagai luarnya bahannya berapa gram ya mba?


Hesti HH. said...

Resep di atas untuk loyang 26 cm mbak. Udah aku kurangi dari resep aslinya. Jadi kalau mau pake loyang 26 bisa aja cuman jadinya agak tebelan dikit mbak. Mbak mau bikin roll atau bersusun 3? kalau susun tiga lapis tinggal dikali 3 aja mbak.

Tentang filling ganachenya kalau aku setelah ditiriskan langsung aku tata. Airnya buat olesan kue. Tapi kalau nggak mau hasil yg basah airnya bisa dimasak bersama maizena hingga kental nanti dituang di atas ganache lalu digulung. Kalau mamaku sih begitu bikinnya tapi gak pake ganache...whipped cream aja. Jadi warnanya kontras.

Kalau untuk coating tergantung tebal tipis yg mbak inginkan. Kalau aku biasanya 250 dark cokelat + 200 ml krim kental.

Febry said...

wahh iya juga ya pake takaran resep diatas aja ya mba. paling jadi tebelan dikit hasilnya. sip deh. aku mau buat yg susun 3 mba.

mba. ini tiap lapis kuenya perlu dibasahi dengan simple syrup? atau air dark cherry yg dimasak dgn gula?

maaf ya mba kalo banyak tanya2. penasaran banget pengen bikin cake ini. kayaknya enak banget

Febry said...

1 lagi mba. berhubung aku pakai oven listrik sico kan ga gitu besar ya . max muat 2loyang atas bawah. tapi takud yang loyang atas nanti cepat gosong atasnya.

apakah lebih baik saya kocok semua bahan lalu dibagi 3loyang dengan loyang lain akan antri atau kocok per lapisan saja. jadi selagi manggang 1lapis..sambil bikin lapisan kedua.

Hesti HH. said...

KAlau saranku mbak mending bikin satu demi satu mbak...
KAlau resep aslinya 2x resep di atas dituang di 3 loyang 20 atau 18 cm langsung dipanggang semua di oven. Tapi karena ovenku besar matangnya tetap bagus dan rata karena space sisi kiri kanan oven lumayan besar ruk sirkulasi panas yg merata.

Anonym said...

Mba Hesti kalo ga ada SP, gantinya pake BP atau tambah kuning telur. Kira2 brp untuk resep blackforest ini. Trima kasih

Hesti HH. said...

BIsa pakai BP mba tapi hasilnya lebih beremah. Kalau mau bisa ditambah kuning telur. Perbandingannya 2 kuning tuk satu telur utuh...tapi saya sendiri belum pernah coba mba

OUHIBOUKI KITCHEN said...

Hi mbak hesti. ...ukurannya boleh ga 30x30 atau 26x26 ?

Hesti HH. said...

Bisa aja mbak tapi jadi lebih tipis atau lebih tebal

Anonymous said...

mba Hesti, kalo untuk loyang 24x24 resepnya jadi bagaimana mbak?

Hesti HH. said...

PAkai aja 1 resep di atas mba tp jadinya agak tebal

Unknown said...

Mba salam kenal yaa...blognya bagus bgt 😊kmren aku bkin BF ini 3 susun dg loyang bulat 18cm..enak sekali kuenya...rasanya kyk BF di bakery hihi..senang deh bru nemu resep yg cocok...tks for sharing the recipe ya mba

Hesti HH. said...

Salam kenal mba Rosa....alhamdulillah mbaaaa senang dengarnyaaa. Makasih ya dah feedback ke saya ^^

stellouise said...

halo mbak hesti, saya mau tanya kalo pengocokan kental berpita maksudnya gimana ya mbak? makasihh kira2 pengocokannya berapa lama? :) trims mbak hesti

stellouise said...

maaf mbak hesti mau tanya juga, itu pemanggangan nya berapa lama ya mbak di suhu 190C

Unknown said...

Bunda Hesty bisa gk resep BF ini dikukus
Trims utk jwbnya

Hesti HH. said...

@Stellouise : kalau kental berjejak yaitu adonan mengembang, ketika mixernya diangkat, adonan jatuh perlahan seperti pita berputar dan meninggalkan jejak. Kalau jatuhnya cepat artinya belum ngembang berjejak mba.

@Mamae Sesa : saya belum pernah coba mba jd ngga bisa kasih masukan

stellouise said...

kalau lama pemanggangan berapa lama kira2 mbak? utk loyang 20x20x4cm, berarti mirip kayak jambul petruk gt ya mbak? makasiii ya mba hesti mohon dibalas :)

Hesti HH. said...

sekitar 15-17menit mba tergatung tebal tipis kue dan besar loyang. Iya jambul petruk mba

Fatmavhey said...

Mba mau nanya donk. Cara ngeblurkan gambarnya gmn yah? suka liat postingan mba yg menarik. Mksh.

Hesti HH. said...

Memang sudah settingan kameranya mba

Rany said...

Ass mba hesti,, mw tanya, krim kental itu yg kaya gimana ya?? Sama ga kaya krim kental manis? Yg ditaroh dikaleng seperti skm?

Hesti HH. said...

Saya kurang tau mba di sini adanya yg krim kotak merk Anchor dan tawar

Post a Comment

Coconut Custard Buns & Plaited Coconut Bread

Assalamualaikum. Selamat Hari Raya Qurban teman teman, semoga amal ibadah dan qurban kita diterima oleh Allah Subhanahu Wata'ala. ...